Belajar Bisnis dari Kisah Sukses Bob Sadino

Bob Sadino? Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini, kesuksesannya ditambah dengan gayanya yang nyentrik membuat semua orang di Indonesia tahu siapa Bob Sadino. Untuk Anda yang ingin memulai berbisnis namun masih ragu-ragu, Anda bisa mencari motivasi untuk bisa memiliki tekad yang kuat untuk memulai berbisnis, salah satunya dengan belajar bisnis dari kisah Sukses Bob Sadino.

kisah-sukses-bob-sadino
Bob Sadino (Foto: bussines.co.id)

Siapa Bob Sadino? Bob Sadino, yang memiliki nama lengkap Bambang Mustari Sadino, atau yang sering disapa dengan “Om Bob” ini merupakan seorang pengusaha asli Indonesia yang lahir pada 3 Maret 1933 dan merupakan pengusaha sukses dalam industri peternakan. Selain kesuksesanannya di bidang peternakan, ia ingin menunjukkan bahwa dengan berani memulai berbisnis di bidang peternakan seperti dirinya, ternyata bisa mengantarkan sampai menjadi seorang konglomerat.

Kisah Sukses Pengusaha “Bob Sadino” dalam Membangun Bisnisnya

Banyak yang mengatakan bahwa untuk bisa sukses dalam bisnis dan menjadi kaya harus memiliki bisnis yang besar dan bersifat korporasi, termasuk membangun pabrik. Namun, ternyata pendapat ini dipatahkan oleh seorang Bob Sadino.

Bob Sadino memulai usahanya dari hanya menjual telur ayam kampung secara door to door. Bahkan dengan usaha yang dirintisnya tersebut mampu membawanya untuk memiliki usaha besar dengan level nasional, seperti Kem Chicks, Kem Foods dan juga Kem Farms.

Namun ada kisah menarik dengan kesuksesannya di balik penampilannya yang nyentrik dengan celana pendek yang dipakainya setiap hari.

Ada yang bilang orang tua Om Bob adalah orang kaya yang meninggalkan warisan dengan jumlah yang luar biasa, bahkan Om Bob bisa menggunakan warisannya tersebut untuk menikmati traveling keliling dunia, dan salah satu negara yang menjadi tujuannya adalah Belanda, bahkan Om Bob sampai tinggal di negeri itu selama 9 tahun dan bekerja di Djakarta Iloyd Amsterdam dan Hamburg, Jerman, dan juga bisa menemukan calon istrinya ‘Soelami Soejoed’ di negara itu.

Tahun 1967 sepertinya menjadi awal Om Bob di Indonesia bersama sang istri. Dengan membawa dua mobil kesayangannya, yaitu Mercedes tahun 60-an dari Belanda.

kisah-sukses-pengusaha-bob-sadino
(Foto: Ist/Net dalam harapanrakyat.com)

Satu mobil dijualnya, dan dibelikannya sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan, sedangkan mobil Mercedes yang satunya disimpan dan juga disewakan, dengan Om Bob sendiri yang menjadi sopirnya. Namun ujian yang dialaminya, menjadi awal kisah yang membuat Om Bob harus memulainya dari nol lagi, yaitu saat mobil yang disewakannya mengalami kecelakaan, rusak parah dan membuatnya tidak mampu memperbaikinya karena parahnya kerusakan mobil tersebut. Om Bob pun frustasi.

Baca juga: 2024, Masih Jadi Karyawan atau Pindah Haluan Jadi Entrepreneur?

Disinilah, akhirnya Om Bob mulai bekerja bahkan menjadi kuli batu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, apalagi uang yang didapatkannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Siapa yang mengira, Om Bob akhirnya mengalami depresi, karena tidak tahu lagi harus berbuat apa untuk memperbaiki kehidupannya.

Berkat dukungan dari orang sekitarnya, termasuk teman sekitarnya, saran memelihara ayam dengan tujuan untuk hiburan bagi Om Bob pun  dilakukannya untuk menyembuhkan depresinya.

Akhirnya hal ini menjadi salah satu pintu pembuka kesukesan dengan membuka usaha ayam. Bob Sadino terus memperbaiki usaha ternak ayam yang dimilikinya.

Hingga Om Bob mampu membuka toko swalayan dengan nama “Kem Chicks”, yang menjual beraneka sayuran, buah segar dan segala hasil pertanian.

Tidak hanya Kem Chicks, Kemfood (Kemang Food Industries) pun dibukanya yang merupakan sebuah pabrik yang memproduksi makanan olahan berbahan dasar daging.

Tips Sukses ‘Bob Sadino’

Dari uraian singkat yang disampaikan di atas terdapat beberapa hal yang bisa menjadi contoh, khususnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Tips sukses ala Bob Sadino di bawah ini, semoga bisa menginspirasi Anda untuk memulai sukses, antara lain:

1. Berani untuk memulai dan memiliki tekad besar

Tekad besar dan keinginannya untuk bangkit dari keterpurukan membuat Om Bob bisa meraih sukses, meskipun yang dimulainya saat itu hanya dipandang sebelah mata, yaitu berbisnis ayam petelur.

Masih ingat dengan yang disampaikan Om Bob, saat ditanya, ‘Bisnis apa yang bagus?”

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan, bukan bisnis yang ditanyain terus….”

Siapa yang mengira usaha yang hanya dimulai dari memelihara ayam ini menjadi cikal bakal lahirnya Kem Food dan Kem Chicks, yang masih bertahan hingga saat ini.

2. Berani bermimpi

Mimpi… Siap pun yang memiliki mimpi dan memiliki tekad kuat untuk mewujudkannya akan bisa meraih sukses. Hal ini pula yang menjadikan Om Bob berani untuk memulai dengan mimpi yang ingin dicapainya.

Om Bob selalu berpikir positif, yang menjadi salah satu cara untuk memudahkan langkahnya dalam mewujudkan mimpi besarnya.

3. Tidak takut gagal dan berani mengambil risiko

Menjadi seorang pebisnis harus tidak takut gagal. Dan setiap pebisnis yang mencari untung harus siap dengan konskwensi lain yaitu rugi dan kegagalan.

Kata Om Bob, ”Jadi pengusaha gak boleh cengeng…"

4. Memilih bidang usaha yang ingin ditekuni

Mulailah dari hal kecil dan tekuni sampai menguasai. Ini pula yang dilakukan Om Bob, saat memilih dan menjadikan usaha ayam petelur, meskipun pada awalnya hanya memlihara ayam untuk dijadikan hiburan untuk menyembuhkan dari depresi.

Hal ini menunjukkan bahwa bisnis dengan modal kecil pun bisa dijalankan dan bisa dibesarkan setelah kita menguasai bidang yang ditekuni tersebut.

5. Bekerja keras dan bekerja cerdas

Sepertinya pepatah “bekerja keras dan bekerja cerdas” telah diimplementasikan Om Bob pada bisnisnya. Tanpa bekerja keras dan bekerja cerdas, usaha Om Bob tidak akan bisa mencapai sebesar ini.

Itu dia sedikit catatan, motivasi dan informasi tentang “belajar bisnis dari kisah Sukses Bob Sadino”. Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat dan menjadi penyemangat untuk Anda yang ingin memulai bisnis.

Share

0 Response to "Belajar Bisnis dari Kisah Sukses Bob Sadino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel