Tips Melunasi Hutang dengan “Snowball Method”

Hutang… Kata yang satu ini sangat tidak asing, bahkan banyak diantaranya yang menggunakan hutang untuk membantu hidupnya dan juga mengembangkan bisnis. Namun, siapa sangka dengan banyaknya hutang yang diterima, ternyata malah membuat hidupnya menjadi tidak tenang, bahkan membuat beban, sehingga tidak bisa berpikir tenang dalam mengembangkan bisnis. Ada banyak cara dan solusi untuk melunasinya, tips melunasi hutang dengan “snowball method” bisa menjadi referensi untuk melunasi hutang tersebut.

tips-melunasi-hutang-dengan-snowball-method
Ilustrasi (Gambar: emlakkulisi.com)

Membayar hutang, apalagi yang sudak menumpuk tentu bukan hal yang mudah. Sebenarnya ada cara yang paling mudah, yaitu dengan melepas atau menjual asset yang masih dimiliki, seperti rumah, mobil atau tanah. Namun itu semua membutuhkan waktu, dan membutuhkan pertimbangan yang matang, sedangkan hutang tersebut harus segera dibayar.

Snowball Method”, Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Dengan kondisi saat ini, resesi, inflasi, dan juga kondisi bisnis saat ini yang tidak pasti, bahkan banyak yang menyebut daya beli masyarakat turun. Tentu hal ini membuat mereka yang mengambil hutang, dan juga para pebisnis yang menikmati fasilitas hutang mengalami kebingungan untuk melunasi hutang.

Tentu tidak perlu panik, karena semua orang mengalami kondisi yang sama, apalagi untuk Anda para pebisnis pemula yang baru menikmati hutang untuk mengembangkan bisnis, terlanjur memperbesar volume bisnis dan kondisi ekonomi yang tidak mendukung tentu menuntut kita harus tetap tenang.

Yang utama dan harus dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi terhadap semua tagihan utang, baik yang akan jatuh tempo atau masih panjang jangka waktunya. Dari sini perlu direncanakan juga alternatif penyelesaiannya, baik dengan dilakukan sendiri atau pun meminta bantuan pihak lain.

Baca juga: Menerapkan Konsep 50/30/20 Budgeting Rule Pada Bisnis Kecil.

Tentu berharap untuk bisa segera menyelesaikan hutang adalah harapan semua orang yang saat ini sedang terhimpit hutang. 

Hutang adalah hutang, yang harus diselesaikan. Bila Anda tidak sanggup melunasinya dan membayar dengan jumlah yang besar, Anda bisa menerapkan “Snowball Method”.

Apa itu “Snowball Method”? Snowball Method atau disebut juga dengan ‘metode debt snowball’ adalah cara membayar hutang dengan cara membuat daftar hutang dari jumlah hutang yang paling kecil sampai dengan jumlah yang paling besar.

Hal ini pula yang menjadi analogi dari snowball atau bola salju, yaitu seperti bola salju yang menggelinding dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, bola salju yang awalnya kecil lama-kelamaan menjadi besar. Seperti ini yang dilakukan dalam strategi snowball method untuk melunasi hutang, yaitu dari nominal yang paling kecil ke nominal yang paling besar.

Metode debt snowball ini dicetuskan oleh Dave Ramsey, seorang financial planner dari Amerika Serikat.

Menerapkan Snowball Method, Termasuk Untuk Melunasi Hutang Pinjol

Semakin penasaran untuk melunasi hutang, termasuk Anda yang ingin melunasi semua hutang, termasuk hutang pinjol?

Ini dia tips melunasi hutang dengan menggunakan konsep snowball method, antara lain:

  1. Buatlah daftar hutang dari jumlah hutang yang paling kecil sampai dengan jumlahnya yang paling besar.
  2. Lakukan pembayaran hutang secara disiplin, dengan jumlah minimal pada masing-masing hutang, kecuali pada hutang yang terkecil.
  3. Mulailah pelunasan hutang, dari jumlah terkecil terlebih dahulu, atau sebesar mungkin yang Anda bisa.
  4. Ulangi dan lakukan secara terus menerus sampai hutang tersebut lunas.

Mengapa Memilih Melunasi Hutang dengan Snowball Method?

Setiap orang pasti memiliki cara dan pedoman sendiri untuk menjalani hidupnya, begitu pula dalam melunasi hutang.

Namun ada alasan tersendiri mengapa memilih menggunakan snowball method, bila dibandingkan metode lainnya. Ternyata metode debt snowball ini bisa lebih efektif dalam melunasi hutang, manfaatnya tidak hanya hutangnya saja yang lunas, namun secara psikologis, terdapat rasa puas dan bangga setiap kali hutang tersebut dibayar penuh.

Itu dia sedikit informasi tentang tips melunasi hutang dengan “Snowball Method”. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin menyelesaikan hutang, baik hutang pribadi atau pun hutang untuk bisnis Anda.

Share

0 Response to "Tips Melunasi Hutang dengan “Snowball Method”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel