Apakah Content Writer Masih Dibutuhkan Dalam Promosi Bisnis?

Dunia bisnis dan teknologi semakin berkembang dengan begitu cepat, bahkan ada yang mengatakan ‘saat ini adalah jamannya visual’, sehingga dunia menulis menjadi sedikit ditinggalkan. Dapat diakui, perubahan dalam dunia digital dan perubahan pola dalam menikmati hidup menjadikan content visual menjadi lebih banyak dipilih, contohnya konten yang sedang booming saat ini ‘facebook reels’ misalnya atau tik tok short, bahkan Youtube. Bagaimana dengan profesi penulis atau content writer? Apakah content writer masih dibutuhkan dalam promosi bisnis?

Pada dasarnya semua hal yang ada di dunia ini  ada masanya. Bila Anda berkecimpung dalam dunia bisnis, konsep PLC (Product Life Cycle) ini bisa menjadi contohnya. Begitu pula dalam produk digital, semua ada waktunya, dan begitu pula dengan sifat manusia yang memiliki rasa bosan dan ingin melihat sesuatu yang berbeda.

content-writer
Ilustrasi (Gambar: bloggeron.net)

Nah bagaimana dengan hasil tulisan? Pada dasarnya tulisan sangat erat hubungannya dengan membaca, dan membaca adalah konsep dasar bagi seseorang untuk bisa melakukan sesuatu, maka secara umum dibutuhkan atau tidak, hasil tulisan tersebut pasti masih sangat dibutuhkan. Dan juga pada dasarnya tidak semua menyukai konten yang bersifat visual dalam bentuk video, tetapi masih banyak mereka yang menyukai konten dalam bentuk tulisan, yang bisa dinikmati atau dibaca sesuai selera kapan saja dan dimana saja.

Content Writer adalah Profesi yang Dibutuhkan

Melihat sedikit ulasan di atas, maka semua hal yang berhubungan dengan membaca pasti masih sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, keahlian menulis menjadi salah satu hard skill yang sangat di butuhkan sepanjang masa.

Keraguan akan tergesernya para penulis dengan hadirnya teknologi terbaru seperti ChatGPT atau AI, pada dasarnya hanya memberikan sedikit informasi dalam pengembangan teknologi menulis, karena pada dasarnya tidak ada yang bisa mengalahkan hasil tulisan dari hasil rasa dari manusia itu sendiri.

Untuk itulah, menulis menjadi suatu aktivitas yang masih sangat dibuthkan, terlepas apa pun kondisinya apakah tulisan sepi pembaca atau kurang diminati, namun menulis sebenarnya adalah suatu investasi yang tidak bisa dinikmati sekarang.

Baca juga: Apakah Konsep Monetisasi Blog Sama Dengan Konsep Berbisnis?

Jadi tidak dapat dipungkiri semua hal yang berhubunagn dengan tulisan sampai saat ini akan tetap dibutuhkan, begitu pula dengan profesi yang berhubungan dengan kepenulisan, entah menjadi content writer,  atau writer lainnya, apalagi di era digital seperti saat ini.

Apa sebenarnya content writer itu? 

Mengambil informasi dari bakrie.ac.id, maka content writer sebenarnya adalah suatu profesi yang memiliki fokus untuk menulis konten yang menarik dan juga bisa menghasilkan konten yang berkualitas. Atau bisa dikatakan, suatu profesi yang memiliki tujuan utnuk meningkatkan engagement dan juga interaksi pembaca atas konten yang telah dibuatnya.

Mengapa content writer dibutuhkan? Dan apa hubungannya dengan suatu bisnis?

Dunia bisnis adalah dunia yang sangat cepat mengalami perubahan, begitu banyak yang cepat berubah dalam dunia bisnis. Dan untuk itulah, banyak perusahaan saat ini yang membutuhkan content creator atau dalam hal ini content writer untuk mengenalkan bisnisnya, atau untuk membangun citra suatu produk atau perusahaan.

Content Writer Freelance Sebagai Ujung Tombak Perusahan Dalam Promosi Bisnis

Bagaimana dengan “Content Writer Freelance”?

Pada dasarnya profesi tersebut adalah sama, yang membedakan pada posisi ini, mereka bekerja secara lepas, dan pekerjaan ini sangat populer sejak pandemi Covid-19 sampai meredanya wabah tersebut.

Konsep freelance menjadikan seseorang bisa bekerja dimana saja dan kapan saja, begitu pula dengan seorang content writer atau seorang freelance writer ini.

Dalam hal ini, seorang content writer freelance akan menulis sesuai dengan panduan dari pemberi pekerjaan atau klien, baik dari segi topik, produk yang diulas, hingga bagaimana menggunakan kata kunci yang tepat di dalam konten dalam rangka meningkatkan optimalisasi konten dalam mesin pencari.

Era digital memang membuat informasi sangat mudah didapatkan, hal ini pula yang membuat kehadiran seorang content writer masih terus dibutuhkan, agar konten yang dihasilkan dalam bentuk tulisan  bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Apa saja skil dan kemampuan yang harus dimiliki seorang content writer? Terdapat beberapa skill dan kemampuan yang harus dimiliki, antara lain:

1. SEO

Seorang content writer harus memiliki minimal kemampuan dalam SEO (Search Engine Optimation), hal ini bertujuan agar content tulisan yang dibuatnya bisa masuk di halaman pertama pencarian Google.

Namun tidak hanya berhasil dalam pencarian Google, tulisan yang dibuatnya pun harus SEO-Friendly, dan juga harus jeli dan update dalam perkembangan SEO.

2. Memiliki Kemampuan Menulis

Menjadi seorang penulis adalah pilihan, untuk menjadi seorang penulis yang baik dan benar, maka skill ini harus dipelajari. Menulis itu kelihatan mudah, namun untuk menjadi penulis yang ahli maka harus dipelajari.

3. Mengetahui Target Pembaca

Seorang content writer harus tahu siapa target pembaca tulisannya, dengan mengetahui target pembacanya, maka pesan yang disampaikan dalam tulisan akan tersampaikan dengan baik. Hal ini juga mempengaruhi gaya dan cara penulisan sesuai dengan target yang dituju.

4. Tahu Apa Keinginan Pembaca

Hal ini sama dengan mengetahui permintaan pasar. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pembaca, maka hasil tulisan akan selalu terbaca. Untuk itu, seorang content writer harus selalu update tentang informasi yang ada saat ini.

Dengan selalu meng-update kemampuan dalam menemukan tema, keyword dan judul, maka tulisan akan sellau disukai pembaca.

5. Memiliki Keingintahuan yang Besar

Dengan memiliki keingintahuan aang besar, maka seorang penulis akan berusaha untuk menggali informasi dan mendapatkan data yang bisa dipercaya. Disinilah peran riset menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang content writer.

Apa Bedanya Content Writer dengan Copywriter?

Dua profesi yang sering dianggap sama oleh masyarakat awam, namun memiliki fokus yang bebeda.

Bila content writer hanya fokus pada penulisan konten, namun hal berbeda dengan copywriter yang lebih fokus pada penulisan iklan dan juga publisitas. Dan kedua profesi ini membutuhkan keahlian dan kemampuan dalam menulis.

Apa sebenarnya copywriter itu?

Copywriter merupakan orang-orang yang menulis artikel atau konten untuk kebutuhan komersial, seperti untuk barang atau kebutuhan untuk mengiklankan jasa atau produk.

Baca juga: 2024, Masih Jadi Karyawan atau Pindah Haluan Jadi Entrepreneur?

Nah, disini perbedaannya sangat terlihat dengan fungsi content writer, yang merupakan orang-orang yang bekerja menulis konten untuk sebuah perusahaan atau klien, dengan tujuan untuk memberikan informasi atau untuk meberikan edukasi pada para pembacanya. Dalam fungsinya, content writer bisa mempengaruhi penjualan pada suatu perusahaan. Namun hal ini bukan menjadi tujuan dan tugas utama dari seorang content writer.

Apa perbedaan antara seorang copywriter dan content writer (permatahati)? Ini dia perbedaannya:

Pada Copywriter. Memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Membuat orang untuk melalakukan tindakan seperti melakukan pembelian barang, mengunduh file atau bahkan melakukan donasi.
  • Membuat kalimat ajakan atau bisa disebut dengan call-to-action.
  • Memberikan kalimat sugesti atau proviasi.

Pada Content Writer, memiliki fungsi, sebagai berikut:

  • Memberikan informasi dan juga mengenalkan suatu barang atau jasa.
  • Berhubungan langsung dengan content marketing.
  • Menampilkan beragam keyword tertentu sesuai topik.

Itu dia sedikit informasi tentang “Apakah content writer masih dibutuhkan dalam promosi bisnis?“. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda dalam memahami profesi dalam dunia digital.

Share

0 Response to "Apakah Content Writer Masih Dibutuhkan Dalam Promosi Bisnis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel