Apakah Konsep Monetisasi Blog Sama Dengan Konsep Berbisnis?

Blog dan bisnis atau bisnis dan blog... Banyak pandangan dan pendapat tentang dua hal ini, namun menjadi lebih menarik saat menghubungkan suatu bidang dengan bisnis, yang tujuan akhirnya bisa memberikan manfaat bagi yang mengelolanya. Bagaimana dengan blog? Tentu hal ini bergantung dari sudat pandang blogger yang mengelolanya, apakah blog hanya sebagai tempat curhat, tempat aktualiasasi diri atau fokus pada keuntungan yang didapatkan dari membangun sebuah blog. Untuk itulah, muncul pertanyaan “apakah konsep monetisasi blog sama dengan konsep berbisnis?”.

Tidak dapat dipungkiri banyak sekali alasan mengapa blog menjadi pilihan, ada yang ingin meningkatkan skill menulis, sebagai tempat dokumentasi atas aktivitas yang telah dilakukan pada hari itu, membangun personal branding (biasanya untuk blog pribad), atau sekedar berbagai cerita.

monetisasi-blog
Ilustrasi (Gambar: anonim)

Namun diantara berbagai alasan mengapa memilih blog sebagai jalur menulis terdapat alasan menarik dari sebagian orang yang memilih blog sebagai jalan pilihan hidup atau bahkan lebih memilih full blogger, yaitu alasan menghasilkan uang. Dan hal ini menjadi pertanyaan dari kebanyakan orang, salah satunya dalam mengelola blog, yang menganggap blog sebagai suatu bisnis.

Memahami Konsep Dasar Tentang Berbisnis

Ada apa dengan bisnis? Mengapa memilih berbisnis? Terdapat hal yang harus dipahami yang disebut sebagai konsep dasar, khususnya dalam memilih sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan kita.  Nah, bagaimana dengan bisnis? Dalam hal ini, bisnis yang baik dan nantinya akan sukses tidak akan tercapai bila konsep bisnis tersebut tidak dirancang dengan baik.

Konsep bisnis inilah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memulai suatu usaha, apakah usaha offlline, online bahkan masuk ke dunia digital.

Dalam berbisnis, sebelum memulainya, maka kita sudah harus memiliki ide yang konkret, berupa strategi, sumber daya untuk melaksanakan strategi tersebut, nilai dan pelanggan (pemakai produk kita).

Baca juga: Mengintip Rahasia Sukses Bisnis Mie Gacoan.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara membangun dan memulai bisnis itu?

Bagi pebisnis pemula saat membangun bisnis, tentu seperti masuk ke danau yang tidak tahu kedalamannya, disinilah dibutuhkan wawasan, atau pengetahuan untuk melakukannya, dan dalam hal ini tidak sekedar modal saja.

Bagaimana cara membangun bisnis? Membangun bisnis adalah suatu proses panjang, yang harus dinikmati, dan tidak tahu kapan sukses diraih, untuk itulah banyak yang memilih mundur daripada harus membangun bisnis. Terdapat beberapa tahapan dalam membangun bisnis, antara lain:

  1. Menentukan jenis usaha.
  2. Lakukan riset.
  3. Membuat anggaran.
  4. Mempersiapkan modal.
  5. Menentukan waktu untuk memulai bisnis.
  6. Fokus pada keunikan dari produk bisnis.
  7. Membuat strategi promosi yang tepat.

Benarkah Monetisasi Blog Sama Dengan Berbisnis?

Membicarakan bidang yang sesuai dengan passion memang semakin menarik, apalagi passion tersebut ternyata memberikan peluang dan bisa memberikan cuan untuk kita.

Memang dapat diakui banyak alasan mengapa orang menerjuni dunia blog, mulai dari hanya menyalurkan hobi membaca dan meneruskannya ke menulis, blog sebagai tempat curhat dan juga tempat mengasah kemampuan, juga untuk menunjukkan siapa dirinya (aktualisasi diri). Namun ada yang lebih menarik, yaitu saat mengetahui bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Semakin menarik bukan? Blog bisa menghasilkan uang yang juga disebut dengan monetize atau monetisasi. Nah tentu istilah ini akan membuat Anda semakin tertarik untuk fokus ke dunia blog, yang tentu saja membuat Anda lebih serius.

Bila ada yang mengatakan bahwa monetize blog sama dengan berbisnis, menurut Saya ada benarnya. Karena pada dasarnya langkah untuk membangun blog monetize ternyata sama dengan membangun bisnis, seperti yang disampaikan diatas.

Masih ingat dengan istilah monetize? Istilah ini tentu saja merujuk pada suatu aktivitas yang mengkonversi sebuah aset menjadi uang. Dan tentu saja aset yang digunakan dalam hal ini adalah blog yang Anda miliki.

Namun blog yang bagaimana yang bisa dimonetize?

Pada dasarnya semua blog bisa dimonetise, apakah itu blog gratisan, seperti blogspot, dan juga wordpress.com. 

Mengutip dari sepwal.net, terdapat 7 (tujuh) jenis blog yang mudah dimonetisasi, antara lain:

1. Blog Tutorial.

Saat ini, dengan semakin banyaknya blogger dan banyak yang memahami cara membuat blog monetize, maka blog dengan kata kunci (keyword) cara mengatasi, cara membuat, dan cara-cara lainnya menjadi semakin banyak.

Ditambah lagi situs Wiki-How yang fokus pada tutorial menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang ingin membangun blog jenis ini.

2. Blog Traveling

Sudah sejak lama traveling menjadi favorit, apalagi saat liburan. Dan saat ini dengan semakin mudahnya mengeksplore informasi, blog traveling menjadi semakin diminati.

Dan ini menjadi kesempatan bagi Anda para blogger untuk memonetize blog traveling Anda, apalagi saat ini banyak orang yang membutuhkan informasi tentang tempat tujuan wisata.

3. Blog untuk Para Blogger

Blog ini tentu saja lebih berisi tips dan triks menjadi seorang blogger sukses, mulai dari cara membangun blog, hingga bagaimana blog tersebut bisa menghasilkan.

4. Blog Keuangan

Menjadi kaya selalu menjadi tujuan orang-orang, untuk itulah blog yang membahas tentang keuangan selalu menjadi tujuan.

Bahkan tidak hanya sekedar bagaimana mencatat pengeluaran, namun cara menghasilkan uang dengan rebahan tentu membuat pemilik blog ini selalu laris.

5. Blog Kesehatan

Blog yang menjelaskan kesehatan memang menjadi favorit, namun jangan salah, ada beberapa yang harus Anda perhatikan saat memilih blog ini, apalagi sejak adanya perubahan algoritma beberapa waktu lau.

6. Blog yang Membahas tentang Hewan Peliharaan

Sampai saat ini blog yang membahas tentang hewan peliharaan masih menjadi tujuan para pecinta hewan. Anda bisa memilih fokus pada satu jenis hewan, misalnya kucing, anjing, kelinci, burung dan hewan lainnya.

Banyak sekali yang bisa dibahas, mulai dari cara memiih makanan, cara merawat, dan banyak ide lainnya.

7. Blog Otomotif

Topik otomotif masih banyak dicari sampai saat ini. Anda bisa membahas banyak hal, bila motor, Anda bisa membahas bagaimana cara merawat motor, harga motor, hingga info GP.

Cara Monetisasi Blogger

Mengapa menyamakan proses monetisasi blog ini dengan proses binsis? Seperti yang disampaikan di atas, bahwa apa pun yang bisa menghasilkan uang dari asset yang sudah dibangun, maka hal ini termasuk pada konsep bisnis.

Terdapat dua hal yang menjadi kunci sukses blog bisa dimonetize dan menghasilkan. Apa itu?

TRAFIK dan KUALITAS BLOG”

Dalam bisnis, trafik berarti konsumen yang datang untuk membeli, dan kualitas blog berarti produk yang dihasilkan memang benar-benar terbaik.

Mengambil informasi dari sugeng.id, terdapat cara monetisasi blog yang efektif, antara lain:

  1. Pasang Iklan.
  2. Paid Review.
  3. Menjual Produk
  4. Menjual Jasa
  5. Mengikuti Program Afiliasi.
  6. Menyediakan Program Membership.
  7. Menjual Blog.

1. Pasang Iklan

Cara monetisasi yang sangat populer yaitu dengan memasang iklan di blog. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan.
  • Menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog (Direct Advertising).

Program Advertising Networks yang saat ini sangat populer adalah Google Adsense, dalam program ini Anda hanya butuh mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, nantinya Anda akan diberikan kode iklan yang dipasang di blog.

Pada direct advertising, caranya berbeda dengan advertising networks, Anda menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog.

2. Paid Review.

Pada cara ini, pola menghasilkan uang yang dilakukan adalah dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog.

3. Menjual Produk.

Menjual produk sendiri menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari blog, tentu saja uang yang didapatkan adalah hasil dari jualan.

Blog dalam hal ini hanya berfungsi sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang dijual.

4. Menjual Jasa.

Cara menghasilkan uang ini sangat cocok untuk Anda yang memiiki keahlian yang disalurkan melalui internet. Misalnya ahli dalam desain, Anda bisa menyediakan jasa desain.

5. Mengikuti Program Afiliasi.

Program afiliasi adalah program yang membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita bisa mendapatkan komisi dari menjual produk tersebut.

6. Menyediakan Program Membership.

Program membership merupkan metode monetisasi dimana Anda menyediakan konten premium dan konten tersebut hanya bisa diakses oleh pengunjung yang sudah menjadi member dengan menjadi anggota dan membayar sejumlah uang.

7. Menjual Blog.

Di era saat ini ternyata masih banyak orang yang ingin memiliki blog, namun tidak mau repot untuk membuatnya. Salah satu caranya adalah dengan membeli blog yang sudah jadi.

Tips Monetisasi Blog dengan Google Adsense

Jaman semakin berubah dan dengan berbagai perubahannya, begitu pula dalam dunia blog. Untuk monetisasi blog, khususnya dengan Google Adsense, terdapat perubahan mendasar dan mencolok.

Bagaimana dengan beberapa blog yang Saya kelola, dan juga para blogger lainnya? Terus terang pada beberapa bulan lalu sekitar Oktober sampai dengan November 2023, kami sangat terkejut dengan perubahan trafik yang terjadi, blog yang kami kelola mengalami penurunan trafik, yang biasanya trafik bisa mencapai ribuan turun menjadi hanya ratusan.

Baca juga: Menerapkan Konsep 50/30/20 Budgeting Rule Pada Bisnis Kecil.

Banyak pertanyaan yang hinggap di benak kami, ada fenomena apa ini? Dan update apa yang dilakukan Google pada bulan-bulan menjelang akhir tahun 2023 ini?

Ini yang harus diperhatikan para blogger yang masih ingin mencari penghasilan melalui Google Adsense, terdapat perubahan baru pada bulan November, yaitu Google merilis algoritma core update terbarunya, November Core Update 2023.

Bisa jadi karena kebanyakan blog yang dikelola saat itu, kebanyakan blog gado-gado membuat blog kami terkena imbas November Core Update 2023.

Google Core Update 2023 adalah penyesuaian yang dilakukan Google secara berkala untuk meningkatkan cara mesin pencarinya menilai dan mengurutkan situs website. Pembaruan ini bukan tentang menghukum situs tertentu dengan memberikan pinalti, tapi lebih tentang memastikan bahwa pengguna mendapatkan konten yang paling berguna dan relevan. (marketingonline.id)

Selain itu ada yang harus dijadikan pedoman adalah konsep Google E-E-A-T pada blog yang kita kelola, mengutip dari dailyseo.id, maka E-E-A-T atau bisa juga disebut “Double-E-A-T” merupakan singkatan dari Experience (Pengalaman), Expertise (Keahlian), Authoritativeness (Otoritatif), dan Trust (Kepercayaan).

Google menambahkan aspek Experience, artinya Google sangat mempedulikan first-hand experience (pengalaman yang didapat secara langsung) untuk diaplikasikan pada konten.

Google mengatakan (dailyseo.id):

Halaman dengan level E-E-A-T yang tinggi sepenuhnya dapat dipercaya atau dapat sangat dipercaya. Experience merupakan hal penting hampir untuk semua topik. Postingan media sosial dan forum diskusi sering kali menampilkan konten berkualitas tinggi ketika mereka membagikan pengalamannya. Mulai dari menulis komposisi musik hingga memberikan ulasan peralatan rumah tangga, first-hand experience mampu membuat postingan media sosial atau halaman diskusi menjadi sangat berkualitas.”

Sebagai catatan untuk sharing informasi tentang SEO yang disampaikan Neil Patel (ubersuggest), sebagai berikut:

cara-monetisasi-blogger
(Gambar: Blog Neil Patel)

syarat-monetisasi-blogger
(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

(Gambar: Blog Neil Patel)

Semoga informasi tersebut tentang “apakah konsep monetisasi blog sama dengan konsep berbisnis?” ini bermanfaat, dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin memonetisasi blognya. Semoga bermanfaat.

Share

0 Response to "Apakah Konsep Monetisasi Blog Sama Dengan Konsep Berbisnis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel