Angkringan, Ide Bisnis Anak Muda, Sedikit Modal, Cuan Pun Dapat

Apa kabar 2024? Tentu banyak hal yang harus dilakukan. Bagi anak muda tentunya dengan semangat, tekad dan yakin, menjadikan tahun 2023 sebagai pelajaran yang luar biasa dan tahun 2024 menjadi harapan baru. Tentu semua harus berjalan, hantaman resesi, inflasi dan semuanya tetap harus dihadapi. Bagi anak muda, tidak ada yang tidak mungkin, mungkin banyak yang masih bertanya, bisnis apa yang bisa dilakukan dengan kondisi seperti ini? Dengan melihat kondisi yang tidak tahu arahnya seperti saat ini, bisnis kuliner modal kecil sepertinya bisa menjadi solusi, salah satunya dengan membuka bisnis angkringan, ide bisnis anak muda, sedikit modal, cuan pun dapat.

Beda dahulu, beda sekarang. Saat ini, meskipun Anda merasa tidak punya uang atau dengan modal yang cekak, yang katanya semuanya serba susah, banyak usaha yang tutup, bahkan daya beli yang katanya turun, nyatanya masih bisa lho Anda untuk memulai usaha.

Angkringan, Ide Bisnis Anak Muda, Sedikit Modal, Cuan Pun Dapat
Ilustrasi

Membuka angkringan bisa menjadi jalan ninja Anda untuk memulai usaha, Anda bisa membuka usaha, tidak perlu khawatir dengan makanan yang akan dijual, ternyata masih banyak orang yang mau mensuplai sajian makanan atau sate-satean di angkringan Anda.

Membuka Bisnis Angkringan, Ide Bisnis Anak Muda Modal Kecil yang Bisa Dijalankan

Sebenarnya bila dilihat kondisi yang terjadi saat ini, sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 sampai dengan meredanya wabah tersebut, telah merubah pola pikir dan juga gaya hidup masyarakat, termasuk dalam pola pembelian atas kebutuhan.

Banyak diantaranya yang berusaha untuk bisa membuka usaha, bisa mendapatkan pendapatan, yang penting agar dapur masih bisa ngebul, atau bagi anak muda, yang penting bisa ngopi dan jajan dengan harga murah sambil nongkrong bersama teman, menjadikan kebutuhan untuk menikmati hidupnya bisa terpenuhi.

Disinilah yang membuat kondisi dan pola konsumsi masyarakat menjadi tersegmen, dan menjadikan penurunan tingkat dan rangking daya beli masyarakat terutama dalam pola konsumsi. 

Baca juga: Benarkah Daya Beli Turun, Menyebabkan Pemilik Bisnis Menutup Usahanya?

Beberapa bahkan tempat nongkrong dan café yang membuat sajian menu dengan harga yang sedikit di atas rata-rata mulai  menutup gerainya, dan hal ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan modal kecil dan harga produknya bisa dijual murah.

Membuka angkringan menjadi kunci bagi Anda anak muda yang ingin belajar bisnis. Banyak tips yang bisa disampaikan disini, meskipun sebenarnya sudah banyak tips sukses yang beredar di website bisnis dan media sosial.

Sekedar mengingatkan, agar angkringan yang Anda buka bisa sukses, antara lain:

1. Memilih lokasi angkringan yang sesuai dengan target pasar.

Tentu masalah lokasi juga sangat bergantung pada daerah atau kota yang akan Anda gunakan untuk berbisnis angkringan. Mengapa? Pemilihan lokasi tentu akan sangat mempengaruhi pola pembelian calon konsumen, selain itu yang harus diperhatikan adalah kota atau daerah, misalnya daerah yang memiliki banyak kampus negeri atau swasta tentu berbeda dengan daerah yang hanya kota kecil saja.

Ini yang harus Anda pertimbangkan. Begitu pula saat susah mendapatkan lahan untuk membuka angkringan, apakah lokasinya pas atau dekat dengan pemukiman, kampus atau perkantoran, itu semua sangat mempengaruhi suksesnya bisnis angkringan Anda.

2. Tentukan konsep angkringan yang akan dibuka

Bgai Anda anak muda, tentu konsepnya bisa menggunakan konsep sederhana, apalagi kalau target pasar Anda hanya teman-teman dan anak muda yang ingin nongkrong dengan sajian sederhana.

Jangan sampai salah target pasar. Karena salah target pasar bisa membuat Anda kehilangan keuntungan.

3. Persiapan peralatan untuk angkringan.

Saat ini sangat mudah membuka bisnis angkringan, bahkan sejak meredanya wabah pandemi, banyak orang yang memiliki modal sengaja menyewakan gerobak pada anak-anak muda untuk berdagang atau berjualan angkringan.

Termasuk berbagai peralatan angkringan, dan menghitungnya pun bisa harian, mingguan atau bulanan.

4. Persiapan menu

Untuk beberapa sajian angkringan, Anda tidak perlu bingung bila modal Anda terbatas, Anda bisa membeli dengan jual putus, yang pertama Anda bisa membeli makanan atau sate-satean secukupnya sehingga tidak khawatir bila ada yang tidak laku terjual.

Kalau bisa, usahakan buatlah menu spesial yang bisa menjadi daya tarik tersendiri di angkringan yang Anda buka.

5. Jaga kebersihan angkringan

Hal utama yang menjadi daya tarik selain keramahan, enaknya sajian makanan, adalah kebersihan. Dengan angkringan yang bersih, tidak berbau akan membuat angkringan yang Anda kelola menjadi favorit.

6. Jangan lupa promosi

Saat ini sangat mudah melakukan promoasi, cara paling mudah adalah dengan menggunakan media sosial. Anda tinggal membuat akun media sosial, seperti instagram agar bisa menjadi pengumuman pada calon konsumen angkringan Anda.

Dukungan Pemerintah Daerah Pada Bisnis Angkringan Bisa Menjadi Pendorong Anak Muda Untuk Berani Berbisnis

Semenjak awal tahun 2023, banyak sekali anak muda yang membuka angkringan, salah satu alasan yang dikemukakan adalah sulitnya melamar pekerjaan dan juga untuk mengisi waktu kosong.

Ada yang menarik dengan angkringan ini, seperti di salah satu kota di Jawa Timur ini, kalau biasanya banyak anak muda yang khawatir usaha angkringannya digusur karena berada di pinggir jalan, namun berbeda dengan Pemerintah Kota Probolinggo ini yang memberikan tempat tersendiri, agar angkringan yang dirintis oleh anak muda ini tetap bisa beroperasi.

Salah satunya dengan menyediakan tempat rencana relokasi para pedagang angkringan yang semula berada di Jalan Suroyo, karena sesuai dengan Surat Edaran No.000.1.10.2/759/425.301/2023 per tanggal 1 Oktober 2023 Jalan Suroyo akan disterilkan dari pedaganga kaki lima hingga angkringan dan difokuskan sebagai area perkantoran dan pemerintahan.

Membuka Bisnis Angkringan, Ide Bisnis Anak Muda Modal Kecil yang Bisa Dijalankan
Surat Edaran No.000.1.10.2/759/425.301/2023 (Gambar: Instagram.com/probolinggokita/)

Namun ada hal positif pada penjual angkringan, sebagai dukungan atas pengusaha angkringan, menurut Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Pariwisata para pedagang angkringan yang semula berjualan di trotoar Jalan Suroyo di relokasi pada lima lokasi, seperti di Pujasera Alun-alun Kota Probolinggo di sebelah utara, di Pasar Mangunharjo, depan TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan), Jalan Prajurit Siman dan Jalan Tjut Nyak Dien.

Dukungan Pemerintah Daerah Pada Bisnis Angkringan Bisa Menjadi Pendorong Anak Muda Untuk Berani Berbisnis
Angkringan setelah direlokasi (Gambar: Instagram.com/probolinggoimpressive)

Jadi, untuk Anda anak muda, tetap semangat, tetap yakin dan optimis. Semoga informasi dan catatan di atas tentang “angkringan, ide bisnis anak muda, sedikit modal, cuan pun dapat” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuka bisnis angkringan.

Share

0 Response to "Angkringan, Ide Bisnis Anak Muda, Sedikit Modal, Cuan Pun Dapat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel