Penasaran Ingin Memulai Bisnis? Ini Dia Caranya...

Melihat kesuksesan dan keberhasilan orang lain atau teman sendiri, tentu membuat Anda penasaran, apalagi sukses dalam berbisnis. Pada dasarnya prinsip dasar untuk sukses itu sama, yang membedakan hanya bidang yang dikerjakannya saja. Penasaran ingin memulai bisnis? Ini dia caranya yang bisa Anda lakukan.

Bagi kebanyakan orang, memulai bisnis memang terlihat sulit, apalagi bagi mereka yang baru memulai atau baru pertama kali terjun dalam dunia bisnis.

memulai-bisnis
Ilustrasi (Gambar: anonim)

Banyak yang mengatakan atau motivator yang mengatakan ‘langsung lakukan, langsung terjuni, nanti sukses akan datang sendiri’. Tapi apa iya seperti itu? Banyak sekali korban atau mereka yang akhirnya menyesal karena mengikuti terjun bisnis tanpa merencanakan dan tanpa persiapan.

Memulai Bisnis Dari Nol Saat Masih Menjadi Karyawan

Pengalaman sendiri, juga sharing informasi dengan berbagai teman yang sudah terjun terlebih dahulu dalam dunia bisnis, membuat kami sadar bahwa memasuki dunia bisnis tidak bisa langsung terjun kemudian konsumen datang sendiri.

Tidak semudah itu kawan... Untuk itulah dalam pembahasan kali ini, kami memberikan saran dan sedikit informasi khususnya untuk Anda yang masih bekerja untuk mempersiapkannya lebih dini. Jangan langsung memutuskan resign, dengan alasan ingin memulai bisnis.

Ingat! Dunia di luar lebih kejam daripada dunia kerja di kantor. Apabila Anda menganggap tempat kerja Anda toxic, tidak enak, membuat Anda tidak nyaman, sementars bertahanlah terlebih dahulu, sambil Anda mempersiapkan bisnis yang ingin Anda bangun.

Hal utama yang harus Anda tanamkan di benak Anda, adalah:

Anda harus memiliki tekad yang kuat, kemauan untuk maju dan mau berproses, siap mengalami jatuh bangun dalam berbisnis.”

Apa iya seperti itu? Semua pebisnis yang sudah lama terjun, semua mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Oleh karena itu, diperlukan wawasan atau pengetahuan untuk melakukannya, tidak hanya sekedar mempersiapkan modal dan hanya modal berani.

Baca juga: 2024, Masih Jadi Karyawan atau Pindah Haluan Jadi Entrepreneur?

Ada hal yang harus dipersiapkan, apalagi ingin memulainya secara sendiri, ditambah bila Anda memulai usaha dari nol atau bahkan tidak pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Cara memulai bisnis meskipun terkesan sangat teoritis namun perlu diketahui langkah demi langkah.

Dalam beberapa referensi atau bisa jadi terjadi pada teman atau saudara Anda, saat kebelet ingin membuka usaha, saat ditanya mengapa ingin memulai bisnis. Jawabannya kebanyakan hanya berdasarkan proyeksi atau bahkan ‘jalanin dulu aja’. Tahukah Anda?

Konsep ‘JALANIN DULU AJA’ itu hanya berlaku untuk hubungan anak muda yang seringnya berakhir dengan air mata. Bukan untuk pebisnis yang mau tajir dan hidup sejahtera”.

Buatlah “busnisness plan’ dan itu tidak sulit, komponen dasar business plan, hanya terdiri atas studi pasar, strategi pemasaran atau promosi, neraca saat ini, laporan laba rugi dan juga analisa arus kas.

Tentu jawaban ‘jalanin dulu aja’ sangat membagongkan, apalagi di era yang sangat ketat, mereka yang sudah lama membangun bisnis saja dengan berbagai strategi yang dilakukannya saja bisa jatuh, apalagi Anda yang baru memulai.

Tidak ada alasan, Anda harus mempersiapkan dengan detail, meskipun saat ini Anda mssih bekerja sebagai seorang karyawan. Terdapat beberapa langkah yang harus dipersiapkan, antara lain:

1. Menentukan jenis usaha.

Langkah awal ini menjadi titik awal dalam memulai bisnis. Bila Anda masih bingung, bisnis apa yang ingin Anda mulai, maka mulai saja dari hobi atau kesukaan Anda, dengan memulai bisnis yang Anda sukai, minimal Anda tahu secara detail bisnis atau pun produk yang akan Anda buka tersebut.

Selain itu, dengan mulai membuka usaha sesuai hobi, maka akan menjadi sangat mudah bila Anda ingin melakukan inovasi, karena Anda sudah memahami secara detail tentang bisnis dan produk tersebut.

2. Riset Bisnis

Riset... Mendengar kata ini, menjadi satu kata yang sangat menakutkan, begitu pula dalam berbisnis. Dengan melakukan riset bisnis, meskipun Anda bergerak sesuai dengan hobi Anda, maka Anda akan mengetahui tentang bisnis yang akan Anda jalankan dan juga bisa mempersiapkan strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis, sehingga tidak sekedar “ASAL JALAN”. 

Riset bisnis juga akan memberikan informasi ‘trend’ apa yang tepat saat ini, hal ini memungkinkan bisnis dan produk Anda tepat sasaran, dan hal ini akan memberikan keuntungan untuk Anda, tidak membuang waktu sehingga bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

3. Membuat anggaran

Kata siapa bisnis tidak butuh anggaran? Pengalaman beberapa waktu lalu saat akan memulai bisnis, berbekal dari dekat dengan berbagai pebisnis, ternyata menentukan anggaran sangat penting.

Disinilah fungsi catatan keuangan, Anda bisa mulai menganggarkan berapa saja yang akan disiapkan utnuk memulai bisnis. Hal ini juga penting agar terdapat keselarasan antara anggaran, modal dan strategi dalam menjalankan bisnis.

4. Modal

Setalah berbagai hal di atas mulai dipersiapkan, maka yang tidak kalah penting adalah ‘modal’. 

Siapa pun orang, bahkan seorang pebisnis, selalu mengatakan bahwa modal itu sangat penting. Dalam menjalankan bisnis, maka mempersiapkan tabungan sebagai modal usaha menjadi hal utama.

Tidak perlu terburu-buru sampai meminjam atau berhutang. Ingat! Bisnis adalah suatu proses yang harus dinikmati. Bahkan Anda yang saat ini masih menjadi karyawan, Anda bisa menikmati bekerja dan juga berbisnis.

Pelan-pelan dan dinikmati, lebih baik daripada ingin mengembangkan bisnis seolah-oleah tampak besar namun berhutang. Dan di akhir bulan harus bingung membayar cicilan.

Selain itu, yang harus dipahami adalah bisnis adalah proses yang sangat dinamis, maka tidak ada kata terlambat, karena tren dalam konsumen itu sangat dinamis dan terus mengalir, banyak inovasi yang dilakukan, sehingga semua itu bisa dilakukan sambil berjalannya bisnis.

5. Membuat strategi promosi yang tepat

Sebelum melakukan promosi, maka hal penting yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengetahui keunikan dari bisnis yang Anda kelola, dan juga produk yang Anda miliki. Dengan mengetahui keunikan dari bisnis Anda, maka Anda akan mudah dalam mempromosikan bisnis dan produk Anda.

Konsumen akan mudah mengingatnya, sehingga pada saat membutuhkan atau ingin sesuatu, maka yang teringat adalah tentang merk atas produk Anda.

Setelah mengetahui keunikan yang Anda miliki, baik bisnis maupun produk Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat strategi promosi yang tepat. Hal ini dilakukan agar para calon konsumen dan konsumen mengetahui tentang produk yang Anda jual.

Karakater yang Harus Dimiliki Saat Memulai Bisnis dari Nol dan Memulai Bisnis Online

Seperti yang disampikan di atas banyak hal yang dilakukan dan dipersiapkan sebelum memulai berbisnis, bisa dikatakan untuk menjadi seorang pebisnis sukses, maka Anda harus memiliki karakter sukses.

Baca juga: Pelajaran Bisnis Di Balik Bangkrutnya Kecap ‘Cap Orang Jual Sate’ di Kota Probolinggo.

Dalam berbisnis, untuk menjadi sukses tidak hanya ditentuksan dari modal saja, namun juga sikap dan watak yang disebut dengan kepemimpinan seorang pebisnis, meskipun Anda pebisnis pemula yang baru memulai berbisnis.

Untuk bisa sukses dalam berbisnis, dalam kondisi apa pun, entah saat ini baru memulai atau masih dilakukan dengan menjadi karyawan, terdapat beberapa karakter untuk bisa meraih sukses, seperti:

  • Jujur.
  • Memiliki komitmen.
  • Pantang menyerah.
  • Disiplin.
  • Berani mengambil keputusan.
  • Memiliki orientasi masa depan.
  • Percaya diri.
  • Memiliki kreativitas tanpa batas.

Itu dia sedikit informasi dan juga tips tentang “Penasaran ingin memulai bisnis? Ini dia caranya”. Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang baru memulai bisnis atau saat ini masih bekerja sebagai karyawan dan ingin memulai berbisnis. Salam semangat dan salam sukses.

Share

0 Response to "Penasaran Ingin Memulai Bisnis? Ini Dia Caranya..."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel