Pedagang vs Pebisnis, Apa Bedanya?

Bulan Januari 2024 baru saja lewat beberapa hari yang lalu, bagaimana kabar Anda? Sudah punya pencapaian apa di satu bulan awal 2024 kemarin? Atau masih bingung menentukan rencana? Wajar, hidup memang butuh perencanaan dan pemikiran yang matang, namun terlalu banyak rencana tanpa eksekusi juga kurang tepat, bisa-bisa tidak ada hasil yang didapat, sedangkan waktu sudah berjalan dengan cepat. Sedikit informasi menjadi “Pedagang vs pebisnis. Apa bedanya?”, semoga bisa menginspirasi Anda yang masih bingung ingin menekuni bidang apa di tahun 2024 ini.

beda-pedagang-vs-pebisnis
Ilustrasi (Gambar: zekadigital.com)

Membahas bisnis memang selalu menarik, sangat banyak hal yang bisa dibahas, khususnya saat ingin mencari peluang baru atau menentukan langkah pertama saat ingin jualan, entah barang atau jasa. Bahkan tidak hanya itu, hanya sekedar mengetahui makna dan konsep berbisnis pun bisa menjadi bahasan menarik.

Menjadi Pebisnis Sukses dengan Membedakan Konsep Pedagang dan Pebisnis

Untuk bisa sukses, memang banyak hal yang harus dilakukan, dan itu semua diawali dari sebuah mindset, yaitu mindset sukses. Begitu pula saat ingin lepas dari dunia monoton, masuk kerja jam 8 dan pulang pukul 5 sore, itu semua juga harus dipersiapkan.

Hal mendasar saat ingin berwirausaha adalah bisa menjual barang, dan ini pula yang membedakan antara konsep pedagang dan pebisnis, meskipun keduanya memiliki tujuan akhir ‘sama-sama menjual barang’.

Dan disinilah yang harus dipahami, ternyata setiap profesi memiliki perannya masing-masing, begitu pula dengan berdagang atau berbisnis.

Masih ingat dengan sebuah pendapat dari orang sukses, yang mengatakan:

Jadilah seorang pebisnis, jangan hanya sekedar menjadi pedagang.”

Dari hal ini tentu ada makna tersirat yang membedakan dua profesi ini, karena di mata orang awam atau kebanyakan orang, memang kebanyakan sama-sama masih menyamakan makna dua profesi ini, meskipun sama-sama menjual suatu produk.

Baca juga: Penasaran Ingin Memulai Bisnis? Ini Dia Caranya...

Tidak dapat dipungkiri, orang-orang masih sering kurang tepat bahkan keliru dalam memahami, bahwa bisnis itu dagang atau dagang adalah bagian dari bisnis. Tentu saja kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Karena ketidakpahaman inilah, dalam memahami makna dari dagang dan bisnis, menjadikan orang yang ingin berbisnis malah terjebak dengan kegiatan yang hanya berdagang saja.

Mengutip sedikit tulisan dari Andrian Permana dalam zekadigital.com terdapat dua titik berat yang berbeda antara berdagang dan berbisnis, antara lain:

Berdagang memiliki titik berat pada hasil atau keuntungan yang instan dan bisa langsung dirasakan, sedangkan berbisnis lebih menitikberatkan pada hasil jangka panjang yang lebih besar.”

pebisnis-sukses
(Sumber: zekadigital.com)

Hal ini juga didukung oleh coach.didi (instagram.com/coach.didi_), terdapat perbedaan mendasar antara seorang pedagang dan pebisnis, antara lain:

  • Pada pedagang:
    • Hanya sekedar berjualan dan mengikuti trend saja.
    • Barang dagangan yang dijual selalu lengkap, meskipun stock menumpuk.
    • Yang sering terjadi, agar bisa laku maka ‘banting harga” atau bisa disebut “asal laku” menjadi andalan agar produk bisa laku terjual.
    • Hanya sekedar melayani pembeli yang datang.
  • Pebisnis:
    • Fokus produk sesuai target market yang dituju.
    • Melakukan pengelolaan stock barang, sehingga modal tidak tertahan.
    • Berani menjual lebih mahal, karena memiliki value yang lebih.
    • Mengelola database konsumen.

Dari sini bisa terlihat bahwa seorang pedagang adalah seseorang yang hanya melakukan pembelian, menerima kemudian menyimpan barang dengan maksud untuk dijual kepada orang lain yang masih berwujud barang yang asli, sedangkan pebisnis merupakan orang yang memiliki kemampuan dalam melihat dan menilai kesempatan bisnis yang ada, kemudian mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan dengan tujuan untuk bisa mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat sehingga bisa mencapai sukses yang diinginkan.

Ini yang membedakan antara seorang pedagang dan pebisnis, semua itu tergantung pilihan masing-masing, untuk itu pindah kuadran dari seorang pedagang menjadi seorang pebisnis diperlukan perubahan mindset dan pola untuk bekerja.

Pada dasarnya baik seorang pedagang atau pun pebisnis, ternyata memiliki daya tarik yang bagus dalam menjalankan sebuah bisnis. Menguasai dua keahlian tersebut akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda dan bisa menjadi nilai lebih untuk Anda.

Memilih profesi sebagai pedagang di awal bisnis bisa menjadi langkah awal sebagai seorang pebisnis. Semoga informasi tentang ”Menjadi pedagang vs pebisnis. Apa bedanya?” ini bermanfaat, dan bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memulai bisnis yang diinginkan.

Share

0 Response to "Pedagang vs Pebisnis, Apa Bedanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel