Tips Memulai Bisnis ala Wuryanano

Bisnis... Satu kata ini memang membuat penasaran bagi mereka yang belum pernah terjun ke bisnis. Tidak hanya penasaran, bagi mereka yang masih berada di zona nyaman, bisnis seperti momok yang menakutkan. Sama halnya dengan meniti karir yang dijalani, bisnis pun butuh proses panjang, tekad dan kesabaran yang kuar biasa. Mungkin di benak Anda ingin memiliki atau merintis bisnis sendiri tetapi bingung, tidak ada salahnya Anda membaca tips memulai bisnis ala Wuryanano di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis ala Wuryanano
Gambar ilustrasi (Foto: pixabay.com)

Siapakah Wuryanano ini? Beliau adalah seorang pebisnis yang sudah mulai berbisnis sejak tahun 1991, bahkan tidak hanya berbisnis, Wuryanano adalah owner dari Kampus Swastika Prima dan juga sering menjadi pemateri bisnis dan juga telah menekurkan buku bisnis yang bisa menjadi pedoman untuk Anda yang inhin mulai berbisnis.

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Bisnis adalah sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Namun hal ini sangat berbeda bagi mereka yang belum pernah terjuan ke dunia bisnis. Menurut Wuryanano terdapat beberapa sebab mengapa seseorang takut memulai bisnis, antara lain:

  • Kemampuan seseorang dalam mencari modal yang masih kurang.
  • Kurangnya pengalaman seseorang dalam ketrampilan manajemen, ketrampilan teknis, ketrampilan komersial, dan juga kontak dengan industri yang lemah.
  • Kemauan dan kemampuan mendengarkan yang belum optimal.

Untuk itulah, harus diketahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang ditakutkan, agar bisa lebih siap mental dan juga bisa memahami cara-cara menggantikan rasa takut menjadi rasa berani!

Baca juga: Berbisnis sesuai passion, cara sukses bisnis masa kini.

Berani itulah yang membuat seseorang mau memulai berbisnis. Namun, mereka yang baru melangkah dalam berbisnis yang hanya punya keberanian, pada akhirnya banyak yang harus “gulung tikar”, dengan setumpuk utang yang harus dilunasinya.

Mengapa bisa terjadi demikian? Hal ini disebabkan mereka ini sangat termotivasi memulai berbisnis setelah hadir di seminar motivasi-motivasi bisnis yang telah membakar semangat keberanian mereka untuk berbisnis sendiri, tanpa mengetahui bekal apa yang harus dipersiapkan selain hanya bekal berani.

Untuk itu, terdapat tips yang disampaikan Wuryanano selain keberanian, yaitu konsep smarter atau lebih cerdas.

Cara Memulai Bisnis Dari Nol
Wuryanano (Foto: wuryanano.net)

Dengan konsep smarter ini, maka Anda akan diminta untuk menulis bisnis yang Anda pilih secara jelas, khusus, sampai sedetil-detilnya, termasuk berapa omzetnya, jumlah karyawan, perlengkapan bisnis dan berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengukur potensi diri Anda, dan diharapkan potensi tersebut sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Apabila sudah yakin, maka Anda diharapkan serius mendalami segala hal tentang bisnis Anda, dan juga harus realistis untuk mencapainya dengan bertindak.

Selain itu, Anda harus menetapkan batas waktu, kapan bisnis bisa mencapai “break event point” meraih keuntungan dan sebagainya. Mengapa harus menentukan batas waktu? Agar bisa memotivasi Anda untuk semangat dalam mencapainya dengan tepat.

Menurut Wuryannao, saat merencanakan dan menjalankan bisnis agar bisa menjaga pikiran dan hati agar tetap gembira dan senang dengan segala rancangan bisnis Anda tersebut. Jangan pula dirasakan sebagai beban berat, karena bisnis adalah sebuah permainan.

Yang terakhir, berikan penghargaan untuk diri sendiri, apabila bisnis sesuai dengan target dan tujuan, untuk bentuknya Anda sendiri yang bisa menentukan.

Bisnis memang selalu tidak gerlihat logis saat diawal, oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan kekuatan imajinasi dengan cara smarter ini”

Itu dia, sedikit informas dan tips memulai bisnis ala Wuryanano. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

0 Komentar