Sukses Memulai Bisnis dengan Membuka Mental Block

Judul artikel bisnis kali ini sepertinya kurang enak didengar, yaitu sukses membuka bisnis dengan membuka mental block. Namun percayalah, membuka bisnis perlu keberanian yang kuat, menghilangkan segala keraguan yang menghadang segala tindakan dan juga yakin bahwa bisa melalui itu semua.

Sukses Memulai Bisnis dengan Membuka Mental Block
Ilustrasi (Foto: carolinahealthspan.com)

Bisa diakui bahwa keinginan membuka usaha memang sering terhalang dengan keraguan dan ketakutan, misalnya bagaimana kalau usaha yang sudah dibuka tidak sukses, bagaimana kalau tidak ada pembelinya, bagaimana kalau hasilnya tidak sebesar gaji saat bekerja kemarin dan masih banyak hal lainnya.

Buka Mental Blocking yang Menghalangi Tekad dan Keberanian

Mental block yang dimaksudkan adalah tidak adanya keberanian untuk memulai usaha, merasa tidak berbakat dan juga merasa bukan keturunan pengusaha, merasa tidak memiliki kemampuan untuk menjadi pengusaha dan berbagai mental block lainnya.

Mental block ini diartikan sebagai pikiran bawah sadar yang sering membelenggu, baik langsung maupun tidak langsung. Contoh yang paling mudah adalah saat Anda memiliki pemikiran bahwa Anda “tidak bisa” melakukan sesuatu yang sedang Anda pikirkan, maka Anda akan mencari pembenaran bahwa Anda memang benar-benar tidak bisa melakukan apa yang Anda pikirkan. Namun bila Anda memiliki pikiran “bisa” melakukan atas apa yang Anda pikirkan, maka seluruh kekuatan yang Anda miliki akan dikerahkan oleh tubuh dan pikiran kita untuk mencapai apa yang anda pikirkan.

Baca juga: Tips memulai bisnis ala Wuryanano.

Bisa dikatakan wajar bila seseorang mengalami mental block, apalagi saat ini berada dalam zona nyaman. Mental block memang tidak dapat dihilangkan secara seketika. Mental block ini terbentuk karena adanya sistem budaya yang masih belum mengajarkan sepenuhnya tentang kewirausahaan dan juga belum terbentuknya infrastruktur sosial yang memungkinkan kewirausahaan tumbuh di Indonesia.

Coba diingat lagi, sejak menjadi seorang pelajar dan mahasiswa kita sudah dijejali dengan pikiran bagaimana agar bisa mendapatkan nilai pelajaran terbaik, bukan dengan belajar yang baik. Mengapa harus nilai yang baik? Karena nilai tersebut akan digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa untuk mencari pekerjaan, dan bukan mengajarkan bagaimana bisa menciptakan pekerjaan.

Maka bisa dipahami, para wirausaha yang tumbuh di Indonesia, sebagian besar adalah golongan yang tidak diterima menjadi karyawan atau pegawai di perusahaan. Bahkan banyak yang drop out kuliah, atau terpaksa harus menjadi seorang wirausaha karena tidak ada pilihan lain yang bisa diraih unuk menggapai kesuksesan selain bekerja secara mandiri.

Bisa disadari bhawa banyak wirausaha sukses yang mengakui tumbuh menjadi wirausaha karena kepepet.

Terdapat tiga hal yang harus dilakukan saat ingin memulai atau membuka usaha, antara lain: 

  1. Buka mental block tentang wirausaha yang selama ini menjadi momok atau ketakutan yang selama ini hinggap di benak Anda.
  2. Mengatasi keraguan dengan melakukan kunjungan dan juga datang langsung ke lokasi usaha.
  3. Siap menghadapi tantangan bisnis.

Itu dia, informasi dan tips sukses membuka bisnis dengan membuka mental block. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar