Akselerasi Bisnis Kecil dengan ASUS ExpertBook B5

Bisnis is bisnis… Siapa yang bilang bisnis itu menakutkan? Bisnis itu sebenarnya seperti perjalanan, belum bisa dinikmati kalau belum pernah melakukan atau terjun langsung. Begitu pula dengan keputusan untuk resign atau keluar dari sebuah pekerjaan, apalagi pekerjaan tersebut adalah sebuah pekerjaan impian, tentu banyak yang menyayangkan, tetapi keinginan untuk memulai sebuah era baru atau harapan baru pasti menjadi sebuah keyakinan bahwa apa yang bisa dilakukan pasti bisa sukses. Dan hal tersebut sama dengan keputusan untuk memulai bisnis, apalagi usaha baru.

Menapaki dunia bisnis sekitar tahun 2014 apalagi bagi pemula seperti Saya memang agak harap-harap cemas, apalagi tidak ada mentor bisnis dan hanya berbekal keyakinan. Memang hidup itu sebuah pilihan, Saya yakin memilih bisnis memang tidak semudah membalik tangan. Dan benar juga dari beberapa bisnis yang dibuka hanya satu bisnis yang bisa dikembangkan. Dua bisnis yang terhitung masih baru pun harus saya tutup karena tidak memberikan kontribusi untuk hidup apalagi dalam rangka pengembangan bisnis.

Terdapat satu bisnis yang saat itu menjadi pilihan, yaitu bisnis kuliner. Tidak ada yang tahu mengapa bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan. Terdapat dua hal yang Saya lakukan dan tim lakukan terkait bisnis kuliner, yaitu:

  • Jadilah yang pertama, baik dari ide, bentuk atau pun jenis kuliner yang berbeda. Atau,
  • Jadilah yang benar-benar berkualitas.

Dari yang awalnya hanya bisnis yang disepelekan karena dimulai di pinggir jalan, bisnis yang sepele tersebut, akhirnya mulai dilakukan dengan serius dan dikembangkan dengan planning dan perencanaan yang matang. Dan benar saja, bisnis kami yang hanya menjual makanan sepele dan hanya sekedar makanan murah sangat booming, dan berkembang menjadi penyedia makanan di acara-acara penting, seperti instansi pemerintah dan swasta, bahkan bisa menjadi penyedia makanan untuk acara pernikahan.

Akselerasi Bisnis Kecil dengan ASUS ExpertBook B5
Ilustrasi

Saat itu memang sangat mudah untuk menjual berbagai produk yang kami miliki, apalagi dengan konsep “Jadilah yang pertama” membuat masyarakat sebagai calon konsumen atau pun yang sudah menjadi konsumen kami menjadi tahu dan selalu ingin menikmati berbagai sajian kuliner kami. Hanya dengan berbekal informasi dan marketing dari mulut ke mulut, bisnis kuliner kami bisa berkembang melebihi harapan kami pada awalnya.

Namun, semua kesenangan bisnis dan hasil menyenangkan seperti foto di atas sudah berlalu sejak datangnya wabah pandemi Covid-19.


Saat Badai Wabah Pandemi Covid-19 Datang

Dan… Siapa yang mengira datangnya wabah pandemi Covid-19 seperti layaknya sakit jantung yang menyerang tubuh, siapa pun bisa terkena imbas, bahkan bisnis kami yang sudah bisa masuk di berbagai kalangan juga terkena imbasnya. Kalau dalam dunia bisnis efek wabah pandemi Covid-19 ini adalah sebuah force majeure, yaitu sesuatu yang terjadi di luar kuasa kita.

Atau kalau masih ingat dengan siklus hidup suatu produk “PLC” (Product Life Cycle). Maka disinilah bisnis yang kita jalani dipaksa dalam turun secara drastis. Dan benar saja, sejak merebaknya wabah ini, semua bisnis mengalami penurunan dan yang paling tragis adalah banyak bisnis yang tutup. Dan pada awal pandemi karena keluarnya kebijakan pemerintah agar tidak terjadi penyebaran secara masif, usaha kuliner kami, termasuk restoran dan tempat nongkrong yang kami miliki harus tutup selama 3 (tiga) bulan. Bayangkan tiga bulan harus tutup, tentu saja tanpa adanya pemasukan. Bahkan rencana ekspansi untuk pengembangan cabang harus pupus.

Sebagai seseorang yang baru mulai bergelut dalam dunia bisnis tentunya hal ini menjadi sebuah pukulan telak, bayangkan saja  bisnis harus ‘mandeg’, semua order dari berbagai instansi dan acara-acara khusus dibatalkan, dan tidak hanya bisnis, beberapa karyawan juga khawatir akan terkena pemberhentian kerja karena efek pandemi ini.

Tentu saja semua harus dicari solusinya, dalam keyakinan kami pasti ada cara untuk bisa menghidupkan kembali bisnis yang hampir setengah mati dan berdarah-darah ini. Terdapat alasan mengapa bisnis harus tetap berjalan:

  • Karena bisnis tidak hanya berhubungan dengan Saya, aku atau kita saja, namun banyak orang yang berhubungan dengan kita, karena kita menganut hidup harus bermanfaat. Untuk itulah mengapa kita harus bertahan.
  • Terdapat banyak bisnis yang berhubungan dengan bisnis kita, entah itu supplier, pedagang kecil di pasar, karyawan bahkan kita sebagai owner.


Solusi Bisnis Menghadapi Pandemi dan Meningkatkan Kehidupan Bisnis Pasca Pandemi

Tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha. Kata-kata ini seolah menjadi penyemangat bagi siapa pun yang mengalami keterpurukan. Sama halnya dengan kami saat itu, 3 (tiga) bulan sejak diumumkannya pandemi sekitar bulan Maret, April dan Mei 2020 kami harus menutup sementara gerai kuliner utama kami, dan tentu saja masa tersebut seperti masa meditasi, karena kami tidak tahu harus melakukan apa lagi di saat seperti itu.

Tentu saja sebagai seorang yang bergerak di bisnis, kita tidak bisa diam dan merenungi nasib, kami harus mencari solusi agar bisnis tetap bisa jalan dan terdapat orang-orang yang bekerja dengan kami yang menggantungkan harapan untuk bisa makan.

Hanya satu pilihan yang harus dilakukan, yaitu memilih untuk bangkit atau menutup semua usaha tersebut. Dan hanya satu kata “ACTION” sebagai gebrakan awal memulai bisnis saat pandemi berlangsung.

Solusi Bisnis Menghadapi Pandemi dan Meningkatkan Kehidupan Bisnis Pasca Pandemi

Di saat itulah, kami mencari informasi dan referensi agar bisnis bisa berjalan, terdapat ide dan solusi yang bisa dilakukan saat itu, yaitu:

Melakukan kolaborasi dan akselerasi antara bisnis offline dan bisnis online”

Mengapa harus melakukan kolaborasi dan akselerasi antara bisnis offline dan online? Karena sejak merebaknya wabah pandemi ini masyarakat sudah semakin sadar akan pentingnya kesehatan, hal ini ditandai dengan :

  • Pola pembelian secara offline lebih banyak dilakukan secara take away.
  • Para pengunjung yang makan ditempat menurun hingga 70%.
  • Konsumen lebih banyak menggunakan jasa ojol (ojek online) dengan menggunakan aplikasi.

Dari berbagai informasi, fakta dan kenyataan di lapangan maka kami sadari bahwa era sudah berubah. Masa saat ini adalah masa new normal yang membuat masyarakat semakin sadar akan arti pentingnya kesehatan. Hal ini membuat kami berpikir bahwa harus ada perubahan dalam konsep produk dan bisnis, begitu pula dalam sistem, pemasaran, teknologi yang digunakan termasuk masuk dalam dunia digital. 

Dan pada akhirnya kami membuat produk yang bisa dipesan melalui media sosial dan untuk sementara melalui WA (whatsapp), dengan membagi 3 jenis produk, yaitu:

  • Produk yang bisa dibeli langsung di gerai kuliner kami (Pola pembelian sama dengan biasa yang dilakukan).
  • Produk yang bisa dipesan 2 hari sebelum pengiriman, bisa dalam bentuk rice box, besek atau sesuai permintaan konsumen.
Akselerasi Bisnis Kecil dengan ASUS ExpertBook B5
  • Produk dalam bentuk traditional frozen food.

Akselerasi Bisnis Kecil dengan ASUS ExpertBook B5

Siapa yang mengira di era digital dan masa pandemi bisa membuat kami berpikir praktis dengan menghasilkan produk yang bisa dibawa pulang dan dikirm tanpa khawatir datang ke lokasi gerai kuliner kami.


Kolaborasi dan Akselerasi Bisnis Bersama ASUS ExpertBook B5

Terdapat banyak hal mengapa saat ini harus memaksa diri dan bisnis masuk dalam dunia digital, dan hal ini sangat berbeda sebelum wabah pandemi yang hanya mengandalkan sisi offline saja, antara lain:

  • Perbincangan Ridwan Kamil dengan Bambang Soesatyo  dalam podcast Ngobras yang menyampaikan bahwa terdapat 3 (tiga) sektor bisnis yang akan bertahan yaitu digital, pangan dan kesehatan.

  • Fakta dari berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh signifikan membangun pemasaran online dan digital di tengah pandemi Covid-19. Dalam hal ini para pelaku bisnis harus mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Hal ini tentunya menjadi pilihan yang sangat efektif dimasa pandemi ini.
  • Hasil penelitian dari Suroyono yang berjudul ‘Media sosial sebagai alat promosi yang efektif bagi usaha rintisan di Era Normal Baru”. Dari penelitian ini didapatkan informasi bahwa tingginya penggunaan internet ditambah dengan pemakaian sarana gadget, baik smartphone dan laptop  yang diikuti dengan tingginya penggunaan media sosial menjadi salah satu alasan mengapa pengguanaan media sosial harus dilakukan secara optimal dalam menjalankan bisnis di era new normal. Selain itu, membuktikan bahwa media sosial merupakan alat promosi yang efektif di era new normal jika dipersiapkan dan disajikan dengan baik dan dengan strategi yang tepat.

Memang terlintas terdapat keraguan pada diri kami sebagai pengelola bisnis yang saat ini masih skala kecil, namun impian dan harapan serta keyakinan yang membawa kami memiliki tekad, bahwa sekecil apa pun bisnis harus direncanakan dan dikembangkan dengan baik, termasuk dalam mempertahankan bisnis, mengembalikan produktivitas dan bisnis pasca pandemi.

Terdapat 3 (tiga) hal yang mempengaruhi dan sangat menunjang bisnis kecil kami, antara lain:

Kolaborasi dan Akselerasi Bisnis Bersama ASUS ExpertBook B5

  • Internet. Dalam dunia digital dan semua bisnis semua sudah mengarah pada sistem online, maka internet menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan, apalagi sebagai sarana konektivitis dan komunikasi bisnis.
  • Laptop. Sebagai seorang yang masuk dalam dunia bisnis, peran laptop sangat dibutuhkan meskipun itu hanya bisnis kecil, dengan adanya fitur portabilitas, desain minimalis, usia baterai yang lama, efisensi dan pilihan konektivitas, seperti ASUS ExpertBook B5 menjadi sangat dibutuhkan.
  • Blog. Berbeda dengan yang lain, blog lebih saya pilih karena menjadi elemen penting dalam strategi internet marketing. Blog juga membantu calon konsumen memahami fitur dan kelebihan sebuah bisnis. Di samping itu, blog bisa membantu untuk lebih mudah ditemukan pelanggan sekaligus juga membangun reputasi bisnis. Dan tentu saja nge-blog bisa lebih nyaman apabila dikerjakan dengan adanya laptop bisnis canggih seperti ASUS Experbook B5.

Dengan melihat berbagai kebutuhan bisnis tersebut, dan saat ini tidak hanya fokus dalam mengembangkan bisnis, juga meneruskan hobi blog, maka tidak salah kalau Saya membutuhkan sebuah laptop bisnis yang kuat dan kokoh. Makanya kalau ada pertanyaan masih bisnis kecil saja kok laptopnya pilih yang mahal? Maka Saya menjawab bahwa bisnis adalah sebuah hubungan sustainability dan fokus pada jangka panjang, yang membutuhkan laptop yang kuat, internal komponen yang berkualitas, keyboard yang spesial, adanya fitur proteksi data & sekuriti, dan semua itu ada di ASUS ExpertBook B5.

Jadi… Asus Experbook B5 menjadi jawaban atas semua kebutuhan bisnis tersebut, maka sangat pas kalau di bawah Anda melihat berbagai performance ASUS ExpertBook B5.


ASUS ExpertBook B5 Series, Laptop Bisnis Ultra-Portable dengan Layar ASUS OLED

Masih ingat nggak, orang tua dulu, bahkan para mentor bisnis selalu mengatakan lakukan dari hal kecil, namun meskipun kecil lakukan dengan serius, penuh perencanaan dan perhitungan bisnis yang detail dan lakukan dengan cepat. Hal itulah yang kami lakukan dalam bisnis kecil kami.

Meskipun masih skala bisnis kecil, kami yakin bahwa bisnis yang dilakukan dengan benar akan menjadi besar, maka sejak skala bisnis yang masih kecil ini, kami selalu melakukannya sesuai dengan apa yang harus dilakukan dalam mengelola bisnis.

Kata siapa bisnis kecil tidak butuh laptop bisnis?”

Asus Experbook B5
Asus Experbook B5

Kebutuhan untuk bekerja dimanapun, harus bertemu dengan calon konsumen, melakukan persiapan promosi, menulis blog, untuk itulah kami membutuhkan laptop kuat, aman dan penuh privasi, untuk menjaga:

  • Data-data bisnis, seperti data penjualan, data pembelian, data keuangan, dan data bisnis kami.
  • Data konsumen.
  • Data pribadi.
  • Serta untuk menulis di blog sebagai sarana promosi, membuat desain dan berbagai hal lainnya.

Maka memilih ASUS ExpertBook B5 menjadi pilihan masuk akal dan terbaik, selain itu dengan pilihan ExpertBook B5 menjadikan lebih aman dari resiko data dicuri, seperti rahasia dagang atau pun data pribadi lainnya yang tidak ingin diperlihatkan pada siapa pun, yang sangat mungkin bisa terjadi jika laptop diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

Kebutuhan tersebut di atas sepertinya diaminkan oleh Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, yang mengatakan bahwa, “Dunia bisnis yang semakin dinamis mengharuskan para pebisnis saat ini untuk dapat beradaptasi serta bergerak dengan cepat. ASUS ExpertBook B5 dirancang untuk memenuhi segala ekspektasi dari kebutuhan dunia bisnis tersebut.”

Untuk itulah ASUS ExpertBook B5 Series, Laptop Bisnis Ultra-Portable dengan Layar ASUS OLED sengaja dihadirkan dalam form factor clamshell dan convertible, yang mengusung desain ultra-portable bobot yang sangat ringan, yaitu hanya 1 kilogram, ExpertBook B5 juga telah dilengkapi layar berteknologi ASUS OLED.

Asus Experbook B5
Asus Experbook B5

Penasaran dengan semua tentang ASUS ExpertBook B5 Series? Simak kehebatannya di bawah ini.

Performa ASUS ExpertBook B5

Berbicara tentang sebuah laptop bisnis dengan desain yang sangat portable dan tangguh, didukung oleh performa terbaik di kelasnya dan tidak lupa juga layar ASUS OLED membuat seri laptop ini mampu memberikan visual terbaik sekaligus melindungi kesehatan mata penggunanya dalam jangka waktu panjang.

Satu hal yang perlu diperhatikan daam memilih laptop bisnis untuk mendukung produktivitas adalah performa komputasi yang mumpuni.  Seri laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics untuk urusan pengolahan grafis.

Performa ASUS ExpertBook B5

ExpertBook B5 juga tervalidasi sebagai laptop Intel EVO Platform. Dengan demikian seri laptop ExpertBook B5 tidak hanya memiliki spesifikasi premium di atas kertas saja, tetapi juga telah dipastikan dapat tampil dengan performa gesit meski tidak terhubung ke sumber listrik, memiliki baterai yang sangat panjang, serta sangat responsif untuk berbagai aktivitas.

Untuk RAM, ASUS ExpertBook B5 ini sudah menggunakan RAM 3200Hz DDR4 berkapasitas 16GB. Dan bisa diupgrade hingga kapasitas 48GB. Dengan kapasitas RAM besar tersebut, tentu urusan multitasking bisa berjalan dengan sangat baik. Ditambah lagi, penggunaan jenis penyimpanan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1TB), membuat performa laptop ini semakin gesit

Selain itu, ASUS ExpertBook B5 series juga sudah mendukung teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disks) untuk memaksimalkan potensi storage jika kita memasangkan dua keping SSD sekaligus. Dengan adanya fitur RAID pada ASUS ExpertBook B5, kita bisa memilih apakah ingin memaksimalkan kapasitas dan kecepatan penyimpanan, atau memprioritaskan keamanan data.

Layar OLED Menjadikan Aktivitas Lebih Produktif

ExpertBook B5 merupakan salah satu jajaran laptop bisnis ASUS pertama yang dibekali layar ASUS OLED. Teknologi layar tersebut menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display

Layar OLED Menjadikan Aktivitas Lebih Produktif

ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sehingga mempermudah pengguna ExpertBook B5 untuk melakukan review terhadap konten yang sedang dikerjakan.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata. 

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS OLED, pengguna ExpertBook B5 dapat lebih produktif setiap saat tanpa harus khawatir terhadap kesehatan mata dalam jangka waktu panjang.

Memori ASUS ExpertBook B5

Selain layar yang menjadi keunggulan ASUS ExpertBook B5, namun memori juga patut menjadi perhatian, hal ini menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam memilih laptop bisnis unggulan. 

ASUS ExpertBook B5 ini sudah menggunakan RAM 3200Hz DDR4 berkapasitas 16GB. Dan bisa diupgrade hingga kapasitas 48GB. Dengan kapasitas RAM besar tersebut, tentu urusan multitasking bisa berjalan dengan sangat baik. Ditambah lagi, penggunaan jenis penyimpanan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1TB), membuat performa laptop ini semakin gesit. 

Memori ASUS ExpertBook B5

Storage yang digunakannya tersebut mampu menembus kecepatan hingga sekitar 3500MB per detik. Memungkinkan untuk membuat performa secara keseluruhan menjadi sangat cepat dan tidak menjadi faktor penghambat alias bottleneck bagi CPU-nya yang ngebut.

Konektivitas

Mobilitas bukan hanya berarti memiliki desain ringkas, ringan, dan mudah dibawa bepergian, tetapi juga dilengkapi konektivitas yang lengkap. Seri laptop ExpertBook B5 sendiri telah mengadopsi WiFi 6, protokol WiFi generasi terbaru yang memungkinkan transfer data dapat dilakukan lebih cepat dan stabil. 

Konektivitas  ExpertBook B5

Selain dibekali konektivitas nirkabel yang andal, seri laptop ExpertBook B5 juga dibekali port yang sangat lengkap meski mengusung bodi yang tipis. Port yang tersedia di seri laptop ini di antaranya adalah USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio port, dan gigabit ethernet melalui Micro HDMI. Dua port USB Type-C Thunderbolt 4 juga tersedia di laptop ini. Selain menawarkan kecepatan transfer data tinggi, yaitu hingga 40Gbps, port Thunderbolt 4 di seri laptop ExpertBook B5 juga dapat digunakan untuk pengisian daya serta port display output yang mendukung resolusi hingga 8K.

Baterai

Untuk memastikan penggunanya tetap produktif, ASUS memberikan baterai dengan teknologi terbaik yang dapat memberikan daya ke seri laptop ExpertBook B5 hingga 14 jam dalam satu kali pengisian daya. Kemampuan daya tahan baterai yang panjang tersebut adalah berkat kombinasi hardware modern yang sangat efisien, sehingga memungkinkan seri laptop ExpertBook B5 tetap tampil dengan performa kencang dan memiliki daya tahan baterai sangat panjang.

Seri laptop ExpertBook B5 juga sangat fleksibel. Pengisian dayanya dilakukan melalui port USB Type-C Thunderbolt 4 yang mendukung teknologi USB power delivery menggunakan adapter yang sangat ringkas. 

Adapter tersebut bahkan dapat digunakan untuk mengisi berbagai jenis gadget modern yang ada saat ini. Tidak sampai di situ, seri laptop ExpertBook B5 juga dapat diisi dayanya menggunakan powerbank sehingga daya tahan baterainya bisa diperpanjang hingga seharian.


ASUS ExpertBook B5 Pilihan Dalam Pengembangan Bisnis

Bisnis semakin berubah, apalagi sejak wabah pandemi melanda, praktis semua bisnis mengalami imbas yang luar biasa. “Change” atau mau menerima perubahan menjadi titik tolak kesuksesan berbisnis pasca pandemi. Bisa dikatakan, dunia bisnis menjadi semakin dinamis yang mengharuskan para pebisnis (termasuk pebisnis dalam skala kecil) saat ini untuk dapat dan harus bisa beradaptasi serta bergerak dengan cepat. Dan memilih ASUS ExpertBook B5 yang  dirancang untuk memenuhi segala ekspektasi tersebut adalah “Pilihan yang tepat”.

Desain yang sangat portable dan tangguh, didukung oleh performa terbaik di kelasnya membuat ExpertBook B5 dapat selalu diandalkan oleh para pebisnis profesional. Tidak lupa juga layar ASUS OLED membuat seri laptop ini mampu memberikan visual terbaik sekaligus melindungi kesehatan mata penggunanya dalam jangka waktu panjang.”

ASUS ExpertBook B5 Pilihan Dalam Pengembangan Bisnis
ASUS ExpertBook B5

Portabilitas dan kenyamanan penggunaan merupakan prioritas utama di seri laptop ExpertBook B5. Untuk itulah laptop ini dibekali dengan daya tahan baterai panjang, yaitu hingga 14 jam, serta berbagai fitur canggih lainnya yang membuat aktivitas di luar ruangan semakin efisien. 

Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah dukungan RAID untuk SSD, dibekali NumberPad 2.0 untuk akses mudah ke tombol numpad, hingga dilengkapi teknologi AI noise cancellation agar penggunanya dapat berkomunikasi dengan mudah dan nyaman, kapan pun dan di mana pun.

Sebagai kesimpulan, terdapat 7 fitur unggulan laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 yang membuat Saya dan Anda harus memilih laptop ini, antara ain:

  1. Durabilitas kelas tinggi.
  2. Mendukung mobilitas tinggi.
  3. Dukungan layar ASUS OLED.
  4. Performa komputasi bisa diandalkan.
  5. Fitur pendukung produktivitas yang lengkap.
  6. Tingkat keamanan tinggi.
  7. Layanan garansi khusus.

Adapun spesifikasi ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA), sebagai berikut: 

Main Spec.

ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support

Display

13,3" (16:10) OLED Full-HD (1920x1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.11kg

Colors

Black

Price

Start from Rp22.XXX.XXX

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Semoga informasi tentang ASUS ExpertBook B5 dengan tema “Akselerasi Bisnis Kecil dengan ASUS ExpertBook B5” ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi, serta memotivasi kita semua bahwa kita bisa meraih mimpi dan harapan.

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertBook B5 Writing Competition bersama techijau.com”


Sumber: 

  1. https://techijau.com/lomba-blog-maret-2022-asus-expertbook-b5/
  2. https://bit.ly/B5-Material
  3. https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B5-Flip-B5302F-11th-Gen-Intel/
  4. https://docs.google.com/document/d/1b8VYipfjGpxuhIVtSXqACPaOWq322Nyn/edit
  5. https://techijau.com/fitur-dan-keunggulan-asus-expertbook-b5-series-2022/


Posting Komentar

0 Komentar