Google Adsense, Tips Mudah Diterima & Monetize-nya

Ada apa dengan blog? Sebenarnya apa sih blog itu? Kalau ada yang mengatakan blog hanya tempat untuk menulis segala curhatan atau keluh kesah atau seperti diary, mungkin benar juga. Tapi tahu nggak kalau sekarang blog tidak hanya sebagai tempat untuk menulis curhatan aja lho. Sejak dunia digital semakin berkembang, ditambah teknologi informasi semakin canggih, tentunya blog menjadi salah satu sumber informasi yang sengaja dibangun para blogger dengan berbagai artikel didalamnya. Namun tentunya ada yang menarik, mengapa para blogger serius dengan blognya, ternyata ada uang di balik blog yang diseriusnya. Dan Google Adsense manjadi salah satu jawabannya. Maka tidak salah kalau di bawah ini disampaikan tentang  “Google Adsense, Tips Mudah Diterima & Monetize-nya”.

Tentu semua sudah paham tentang arti dan maksud dibangunnya sebuah blog. Blog itu sendiri merupakan sebuah website yang berupa platform online tempat dimana para blogger atau penulis meng-upload konten berbentuk tulisan (artikel), foto, atau bahkan video.

Google Adsense, Tips Mudah Diterima & Monetize-nya
Ilustrasi

Oke, kali ini kita tidak akan membahas cara membangun blog termasuk mengisi artikel didalamnya, karena pembahasan kali ini lebih fokus pada bagaimana bisa segera diterima oleh Google Adsense.  Jadi info awal tentang artikel dan blog tidak akan dibahas lagi.

Cara Mendaftar Google Adsense dengan Mudah

Berbicara tentang monetize sebuah blog, banyak sekali pilihan yang bisa menjadi sumber penghasilan bagi seorang blogger, namun Google Adsense masih menjadi tujuan utama para blogger.  Google Adsense sendiri adalah program periklanan dari Google yang membolehkan user untuk menjadi partnernya.

Baca juga: Rahasia SEO Moms, Trik Sukses Emak-emak Ngeblog.

Mengapa banyak para Blogger lebih memilih Google Adsense untuk memonetize blognya? Hal ini disebabkan terdapat 5 keuntungan yang didapatkannya, antara lain:

  1. Keuntungan utama menggunakan Google AdSense adalah bayaran yang ditawarkan. Tambahan iklan AdSense yang terpasang di website Anda akan membuat website lebih menghasilkan.
  2. Iklan yang muncul sesuai dengan isi konten website Anda.
  3. Google AdSense juga menawarkan iklan yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat dengan mudah mengatur ukuran, bentuk, dan latar belakang maupun border iklan.
  4. Banyak sekali referensi dan berbagai tips dan trik terkait dengan AdSense yang tersebar di internet.
  5. Google AdSense menyediakan statistik dan analisis lengkap pengunjung dan penghasilan website. 

Cara membuat Google AdSense sangat mudah karena hanya perlu email dan website yang sudah aktif. Terdapat empat tahapan yang perlu Anda lakukan, yaitu

  1. Membuat akun AdSense.
  2. Mengaktifkan akun AdSense. 
  3. Membuat iklan AdSense. 
  4. Menambahkan iklan AdSense ke dalam website.

Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

Ahaa…. Sebenarnya diantara isi artikel tersebut, maka esensi artkel terdapat pada tips mudah diterima Google Adsense, apalagi untuk Anda semua yang selalu ditolak. 

Tips di bawah ini semoga bisa membantu Anda untuk segera diterima Google Adsense, antara lain:

1. Pastikanlah Navigasi  Mudah Digunakan & Jelas

Ada apa dengan navigasi? Oke navigasi layaknya Anda berlayar dalam sebuah kapal, maka navigasi menjadi hal penting di dalam website. Dengan adanya navigasi akan memberikan kenyaman pada pengunjung. 

Semakin mudah dan jelas navigasi suatu website, maka semakin baik pula pengalaman pengguna yang diberikan. Navigasi juga bisa menjadi faktor efektivitas pengguna ketika berinteraksi dengan website Anda.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda pertimbangkan berkaitan dengan navigasi, yaitu keterbacaan, penataan, dan fungsi. 

Dalam blog firmanrahman.com ini yang menggunakan template GutenMag dari Goomsite.net, maka cara mudah yang bisa dilakukan, adalah:

Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

Begitu juga dengan navigasi, salah satu yang “SANGAT PENTING” dan menjadi perhatian adalah navigasi about us, disclaimer, privacy policy, caranya:

Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

  • Isi terlebih dahulu kelengkapan blog about us, disclaimer, dll melalui menu pages.
Terdapat 5 navigasi yang menjadi keharusan dan prasyarat agar diterima Google Adsense, antara lain:
Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

  • Setelah selesai, baru kembali ke menu lay out dan isi sesuai dengan url labelnya.
Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

2. Buat Konten Menarik dan Unik

Konten! Menjadi hal utama dalam sebuah blog, maka sebagus dan semenarik apa pun tampilan website, jika tidak punya konten yang unik dan menarik, sulit untuk mendatangkan trafik.

Anda bisa mendatangkan pengunjung setia menggunakan konten yang original dan berkualitas. Jika pengunjung sudah menyukai konten yang sudah Anda buat, biasanya mereka akan menceritakan atau menyarankan website Anda ketika orang lain sedang mencari informasi berhubungan dengan website. Tentu saja ini akan membantu untuk terus mengembangkan konten dan website Anda.

Dan berhati-hatilah ketika menggunakan referensi dari media lain. Baik artikel maupun video. Bisa jadi website Anda terdeteksi sebagai website plagiat atau bahkan spam.

3. Gunakan Google AdSense Saja

Terdapat beberapa layanan iklan selain Google AdSense. Namun, akan lebih baik jika tidak menggunakan yang lainnya sebelum AdSense menyetujui permintaan pengaktifan akun Anda.

4. Sudah Mempunyai 10-15 Artikel Aktif

Artikel menjadi hal yang sangat penting atau terdapat konten aktif di blog. Paling tidak berjumlah 10-15 artikel. Bagaimana Anda mengenali sebuah website jika tidak ada artikelnya? Tentu akan sulit.

Artikel-artikel yang Anda tambahkan di website akan menjadi pengenal Google untuk menggolongkan jenis konten yang cocok untuk website. Selain itu, artikel yang berkualitas tentunya akan menjadi indikator positif untuk Google menilai website Anda.

5. Pastikan Ada 100 Pengunjung Setiap Hari

Dari cerita beberapa teman dan beberapa referensi lain, setidaknya Anda sudah harus mempunyai setidaknya 100 pengunjung aktif setiap hari. Namun, angka tersebut masih tentatif. Meskipun Anda hanya mempunyai kurang dari 100 pengunjung aktif setiap hari, bisa jadi, Google menyetujui permintaan pengaktifan akun AdSense yang Anda ajukan.

Untuk bisa mendatangkan pengunjug maka buatlah blog yang high quality, artinya hanya blog dengan konten berkualitas baik dari sisi image, video dan artikel serta memiliki score page bagus, load time bagus dan juga optimasi yang bagus. Atau bisa dikatakan SEO On Page dan SEO Off Page-nya juga bagus.

Berikut terdapat tips lama dalam SEO yang mungkin saja bisa digunakan, sebagai berikut:

Tips Termudah Agar Diterima Google AdSense

Semoga informasi dan tips tentang “Google Adsense, Tips Mudah Diterima & Monetize-nya” bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda sekalian.


Posting Komentar

0 Komentar