Kisah Sukses Billy Chandra dengan Bisnis Wrapping

Setiap orang pasti ingin sukses dan ingin berhasil, bahkan banyak yang memiliki cita-cita hanya dengan rebahan bisa mendapatkan uang. Impian tersebut pasti menjadi harapan setiap orang, namun impian tinggal impian apabila semua harapan tersebut tidak diusahakan. Banyak cara untuk bisa kaya atau sukses, termasuk sukses bisnis di usia muda, namun yang perlu diperhatikan adalah dalam setiap sukses seseorang pasti terdapat proses panjang untuk menggapainya, termasuk melihat peluang. Salah satu yang mungkin bisa menjadi inspirasi adalah, kisah sukses Billy Chandra dengan bisnis wrapping-nya.

Kisah Sukses Billy Chandra dengan Bisnis Wrapping
Billy Chandra (Foto: majalahpeluang.com)

Berani dan pintar melihat peluang menjadi salah satu kunci untuk memulai usaha, termasuk didalamnya saat berani untuk memulai menggeluti usaha kreatif. Usaha kreatif merupakan usaha atau bisnis yang berasal dari ide yang dimiliki pendiri bisnis, bahkan yang menarik, usaha kreatif dipandang sebagai usaha yang bisa mendukung kesejahteraan ekonomi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan usaha yang berpondasi pada usaha kreatif bisa membuka lapangan kerja baru dan bisa mengurangi jumlah pengangguran

Kisah Sukses Pengusaha Billy Chandra dengan GGS

Mencari ide bisnis yang sesuai dengan passion dan hobi, sepertinya gampang-gampang susah, apalagi setelah dua tahun ini ancaman wabah pandemi Covid-19 belum sepenuhnya tuntas, dan proses pemulihan ekonomi akibat efek pandemi masih belum menunjukkan sisi yang menggembirakan. Untuk itulah dibutuhkan sebuah ide dan usaha kreatif yang bisa menciptakan inovasi dan peluang usaha. Salah satu bisnis yang kerap dipandang remeh, namun bila ditekuni bisa menjadi bisnis yang menghasilkan pundi-pundi rupiah adalah bisnis bungkus kado atau yang disebut dengan “wrapping”.

Tersebutlah GGS (Grow Gift Shop) sebuah usaha yang berada didekat kampus ITB Bandung yang didirikan Billy Chandra bersama dengan Victor Yoramsa pada 30 Juni 2000. Bisa dikatakan toko kado  tersebut tidak pernah sepi oleh pelanggan, apalagi di saat Natal, Lebaran dan Tahun Baru, meskipun pada masa pandemi omset mengalami penurunan, namun usaha yang dimotori oleh Billy Chandra tersebut masih berjalan dan bertahan.

Baca juga: Kisah Sukses Wuryanano yang Berbisnis Sejak Tahun 1991.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa GGS yang masuk pada bisnis wrapping ini mampu bertahan? Bahkan GGS menjadi top of mind di kalangan anak muda. Jawabannya adalah GGS fokus pada pasar anak muda, selain itu biasanya pengelola bisnis perak pernik hadiah biasanya sudah memiliki komunitas  tersendiri, yang hobi membelikan pernak pernik hadiah bagi kawan-kawannya.

Ide, peluang bisnis dan eksekusi menjadi sebuah kata kunci Billy Chandra untuk membangun bisnis wrapping ini, diawali hanya dari sebuah kata hobi, Billy yang memiliki kesukaan untuk memberikan hadiah dan bingkisan pada teman-temannya, terinspirasi untuk membangun usaha wrapping. Apalagi dulu sebelum memiliki usaha ini, Billy kerap ke toko buku untuk membungkus kado yang akan diberikan pada teman-temannya.

Tips Membuka Bisnis Kreatif ala Billy Chandra

Tidak ada yang tidak mungkin, selama kita mau berusaha. Begitu pula dimasa pandemi, kekhawatiran dalam membuka usaha baru, karena khawatir tidak ada yang membeli menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi Anda yang baru memulai usaha. 

Untuk itu terdapat tips ala Billy Chandra untuk Anda, antara lain:

  1. Pintar-pintarlah melihat peluang dan segera eksekusi ide bisnis yang sudah disiapkan tersebut.
  2. Setelah bisnis sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk mempromosikan kehadiran bisnis yang Anda miliki. Seperti GGS, pada enam bulan pertama GGS menggaungkan kehadirannya melalui radio dan koran setempat, ditambah promosi getok tular dari pelanggan yang datang berkunjung ke GGS. Pada masa ini, Anda bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis yang Anda miliki.
  3. Berhati-hatilah dalam mengembangkan bisnis Anda. Caranya pastikan terlebih dahulu bahwa satu gerai sudah berkembang, baru membuka gerai usaha lainnya. 
  4. Kelolalah bisnis dengan professional dan modern. Salah satunya dengan memperjelas struktur organisasi, GGS saat iru saja sudah mulai menempatkan Manajer Operasional, Manajer Toko dan juga kepala gudang disetiap gerai. Bahkan koneksi antar cabang sudah dilakukan secara computerized.

Menarik bukan kisah sukses Billy Chandra dengan bisnis wrapping-nya? Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk bisa meraih sukses.

Share

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Billy Chandra dengan Bisnis Wrapping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel