Tips Bisnis “Solusi Saat Usaha Harus Tutup Sementara Karena Corona”

Tips Bisnis “Solusi Saat Usaha Harus Tutup Sementara Karena Corona” - Siapa yang menyangka pandemi Covid-19 memberikan efek negatif yang luar biasa, yang berpengaruh pada sendi kehidupan. Semenjak datangnya wabah ini, prakstis terjadi perubahan pola baru bagi masyarakat, khususya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berbagai kebijakan termasuk anjuran, sengaja dikeluarkan pemerintah untuk menjaga kehidupan masyarakat agar tidak tertular wabah penyakit ini. Namun, penyakit tetaplah penyakit, begitu pula dengan masyarakat Indonesia, ada yang sadar akan bahaya penyakit ini, ada yang masih acuh dan ada yang secara proaktif mencegah agar tidak tertular penyakit ini. Namun, apa yang terjadi bila sudah menjaga dan mencegah agar tidak tertular namun tetap terkena wabah virus ini, begitu pula dengan usaha kuliner yang Anda kelola, sudah menjaga agar tempat usaha selalu menjaga prokes (protokol kesehatan) namun masih ada juga karyawan yang tertular.

Bagi seorang pengusaha apalagi yang baru masuk dan memulai bisnis, datangnya wabah ini seolah menjadi ujian yang harus dihadapi. Semua pengusaha, baik kecil atau pun besar merasakan dampak luar biasa. Bisa bertahan di tengah badai ujian ini sungguh sudah luar biasa. Datangnya wabah ini seolah menjadi sebuah tantangan tersendiri dan juga pekerjaan rumah agar bisnis yang sudah dibangun dan dikelola bisa bertahan.

Tips Bisnis “Solusi Saat Usaha Harus Tutup Sementara Karena Corona”;
Foto: business-live.co.uk

Dalam kondisi ini, tentunya semua pengusaha dituntut untuk berpikir kreatif dan berusaha mencari solusi terbaik. Namun, bagaimana bila ceritanya menjadi berbeda, ditengah tuntutan untuk selalu menjaga protokol kesehatan, selalu menjaga jarak, mengenakan masker dan mengurangi jatah tempat duduk khususnya bagi pengusaha café ataupun restoran, ternyata diberikan ujian lain dengan terkenanya karyawan dan tertular virus corona ini. Hal ini menyebabkan restoran dan café harus ditutup untuk sementar waktu dan otomatis akan mengurangi pendapatan lebih parah dari sebelumnya.

Tips Bisnis Sukses Agar Usaha Bertahan karena Harus Tutup Sementara Karena Corona

Bisnis adalah suatu hal yang menarik dan menantang, begitu pula dengan saat ini. Bagi seorang pemilik usaha atau bisnis, menjaga agar bisnis tetap bisa bertahan menjadi hal yang patut disyukuri, apalagi saat ini banyak usaha yang harus tutup akibat wabah pandemi ini.

Dengan kondisi saat ini, seorang pengusaha khususnya pengusaha kuliner harus memutar otak agar bisnis bisa berjalan dan bisa bertahan di tengah pandemi, tentunya banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dan jeli melihat kesempatan agar bisnis yang dibangun bisa bertahan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Tips Bisnis "Membangun Bisnis Saat Pandemi ala Seo Dal Mi".

Namun, apa yang terjadi kalau ternyata terdapat karyawan yang bekerja di perusahaan, café atau restoran kita positif terkena corona, tentunya hal ini menjadi pukulan telak bagi seorang pengusaha. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan saat karyawan terkena corona di tempat kerjanya, antara lain:

  1. Melaporkan karyawan yang terpapar Covid-19.
  2. Biasanya perusahaan atau café dan restoran akan ditutup sementara selama tiga hari. Pada saat stop operasi ini tempat usaha akan dilakukan penyemprotan desinfektan secara rutin, dan seluruh karyawan akan dilakukan rapid test. Yang diharapkan para pekerja yang aktif bekerja bisa betul-betul dalam keadaan sehat.
  3. Pekerja yang terpapar Covd-19 akan dirumahkan selama 14 hari.
  4. Untuk rekan pekerja lainnya yang pernah berinteraksi diharuskan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Tentunya dengan kondisi tersebut, kondisi dimana harus berhenti semantara, akan mengakibatkan pendapatan berkurang atau tidak ada sama sekali. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan beberapa cara dibawah ini, dengan catatan sudah dilakukan rapid test atau swab dan hasil menunjukkan negate.

Apabila tempat usaha sedang disegel untuk sementara waktu dan pemilik dan beberapa karyawan sehat dan hasil pemerikasaan negatif, maka terdapat beberaca cara yang dilakukan (antaranews.com):

  1. Untuk sementara waktu memindahkan usaha ke rumah pemilik dan untuk sementara waktu mengubah konsep usaha menjadi konsep ghost kitchen, dengan menggeser fokus dengan membuat produk yang relevan.
  2. Melakukan promosi yang gencar, bahwa untuk pembelian bisa dilakukan melalui pemesanan atau bisa dilakukan dengan free ongkir.
  3. Memaksimalkan layanan online.
  4. Menumbuhkan empati, misalnya dengan menyematkan bukti cek suhu tubuh koki atau barista di pesanan pembeli sebagai jaminan kesehatan.

Apabila tempat usaha café atau restoran sudah dibuka, maka yang dilakukan adalah dengan memberikan informasi secara gencar, baik melalui media sosial dan menujukkan apa yang dilakukan dalam rangka menjaga kemanan dan kesehatan dan juga menunjukkan bukti cek suhu tubuh koki atau barista di pesanan pembeli sebagai jaminan kesehatan

Itu dia sedikit "Tips Bisnis - Solusi Saat Usaha Harus Tutup Sementara Karena Corona”, semoga bermanfaat dan memberikan masukan, khususanya Anda yang saat ini bergerak dalam bidang kuliner (café dan restoran).


Share

Belum ada Komentar untuk "Tips Bisnis “Solusi Saat Usaha Harus Tutup Sementara Karena Corona”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel