Business Owner dan Tugas-tugasnya

Setiap orang yang sudah memiliki usaha yang dimilikinya sendiri, ternyata sudah bisa disebut dengan business owner. Business owner atau yang disebut dengan pemilik bisnis biasanya berawal dari usaha kecil-kecilan bisa dari berdagang atau hanya sekedar sambilan, yang tentu saja pada perkembangannya usaha yang dijalani semakin berkembang. Apalagi sejak merebaknya wabah pandemi, mulai banyak orang yang dahulunya berprofesi sebagai karyawan, tiba-tiba berganti haluan dan membuka usaha, dengan berbagai alasan, entah karena perusahaan tempat bekerjanya tutup atau bisa jadi terkena PHK. Sebagai seseorang yang sudah mulai masuk dalam dunia usaha, tentunya harus diketahui pula apa sebenarnya business owner dan tugas-tugasnya.

Business Owner dan Tugas-tugasnya;
Foto: istockphoto.com by Valeriy_G

Tentunya membangun dan memulai bisnis sendiri tidak semudah yang dibayangkan, bahkan tidak dapat dipungkiri pemilik bisnis atau usaha banyak yang harus terjun sendiri, selain karena ingin tahu bagaimana perkembangan bisnisnya, juga karena keterbatasan modal, bahkan banyak yang bertanya mengatakan mengapa pemilik bisnis harus terjun sendiri? Tentu saja dijawab dengan jujur, karena pada masa awal membangun bisnis masih belum mampu untuk membayar karyawan.

Business Owners dan Segala Pernak Pernik Bisnis

Banyak yang mengatakan  bahwa  apabila bisnis yang dibangun sudah berjalan, tugas business owner hanya tinggal jalan-jalan, atau hanya memantau usaha secara otomatis. Atau ada juga yang mengatakan bahwa tugas business owner adalah membeli aset, menaikkan profit, membuka cabang, membuka bisnis baru, membangun team, memperkokoh organisasi, bertumbuh, membangun legacy, value creation dan problem solving.

Semua tugas business owner yang disebutkan di atas secara teori sangat benar dan tidak hanya sekedar retorika belaka, namun semua hal tersebut harus dilakukan. Namun, apa yang terjadi kalau bisnis yang dibangun masih mengalami keterbatasan, salah satunya adalah keterbatasan dana, apalagi ditambah masa pandemi seperti saat ini, yang semua pemili bisnis mengalami hal yang sama, yaitu harus memikirkan bagaimana caranya bisnis yang dijalaninya bisa dan sanggup bertahan di masa pandemi.

Baca juga: Scale Up Bisnis.

Sehingga tidak kaget kalau banyak sekali para pemilik bisnis yang biasanya hanya datang mengunjungi tempat usahanya, biasanya hanya mengechek usaha, namun saat ini harus turun langsung untuk mengelola bisnis, terlepas dari kondisi pandemi, banyak alasan mengapa pemilik bisnis masih terjun langsung (beecloud.id), antara lain:

  • Karyawan tersebut masih harus diawasi kinerjanya.
  • Pemilik bisnis khawatir, bila usaha diserahkan begitu saja atau ditinggal pergi, karyawan tersebut akan bekerja seenaknya.
  • Tidak ada yang dapat mengambil keputusan bila pemilik bisnisnya tidak ada.

Alasan tersebut benar dan tidak bisa disangkal, meskipun dengan alasan pandemi, namun yang harus diperhatikan adalah sebagai pemilik bisnis Anda harus mulai memikirkan keberlangsungan usaha, mengembangkan usaha dan menemukan peluang atau terobosan baru. Sehingga tidak ada salahnya mulai mendelegasikan tugas tersebut pada karyawan.

Agar business owner bisa melakukan tugas seperti yang disampaikan di atas terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memantau karyawan bila Ada tidak berada di tempat, antara lain:

  • Membuat sistem akuntansi online. Hal ini bisa dilakukan, misalnya  dengan membuat sistem kasir yang bisa online dengan business owner, sehingga pemilik bisnis bisa mengetahui secara up to date total penjualan yang terjadi saat itu.
  • Membangun sikap percaya kepada karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan sering melakukan sharing kepada kayawan termasuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengan menerima ide atau masukan dari para karyawan.,
  • Memberikan reward  kepada karyawan pada mereka yang berprestasi. 
  • Melakukan inspeksi mendadak untuk mengetahui performa dan kinerja para karyawan.

Tentunya semua hal di atas tidak bisa dilakukan secara terburu-buru, karena kapasitas usaha setiap bisnis berbeda-beda, dan Andalah sebagai business owner yang bisa mengetahui kapan mulai bisa dikembangkan dan dilakukan otomatisasi. Semoga sedikit tulisan tentang business owner dan tugas-tugasnya ini bermanfaat dan bisa mejadi inspirasi untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis.


Share

Belum ada Komentar untuk "Business Owner dan Tugas-tugasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel