Biarkan Uang yang Bekerja untuk Anda

Kawan, mungkin banyak diantara kita yang berupaya sedemikian keras, berusaha agar bisa mendapatkan uang agar bisa menghidupi hidupnya, entah dengan cara bekerja sebagai karyawan atau bisa juga dengan menggeluti usaha yang diinginkannya. Namun pernahkah tersirat dibenak kita, untuk menjadikan hal tersebut menjadi hal sebaliknya, kalau selama ini kitalah yang bekerja keras untuk bisa mendapatkan uang, namun bagaimana kalau paradigmanya dibalik menjadi uang yang bekerja untuk kita. Mungkin saat kita mengungkapkan hal ini, masih banyak nada sinis. Apalagi ide untuk membuat uang atau istilah biarkan uang yang bekerja untuk Anda memang sangat mustahil untuk diwujudkan, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Berbicara tentang uang yang bisa bekerja untuk kita, sebenarnya hal ini tidak jauh dengan konsep investasi, yaitu suatu usaha untuk mengalokasikan segala dana agar bisa didapatkan hasilnya suatu saat nanti atau di masa yang akan datang.

Biarkan Uang yang Bekerja untuk Anda;
Foto: agape.com

Dibalik berbagai konsep investasi tersebut, tentunya masih banyak orang yang menganggap berat upaya untuk menjadikan uang bisa bekerja untuk dirinya. Bahkan yang terucap malah hal-hal seperti ini, “Perasaan sudah kerja puluhan tahun, namun mengapa asset dan uang cuma segini-gini aja!”. Kata-kata ini sepertinya sangat sering kita dengar, mungkin tidak hanya Anda, bahkansemua pasti pernah merasakannya.

Konsep Uang Bekerja untuk Kita

Berbicara tentang penghasilan, tentunya penghasilan dalam bentuk apa pun sangat penting bagi kita. Namun, kita sendiri harus punya cara agar tidak selamanya kita mengandalkan penghasilan aktif. Ada saatnya umur, stamina bahkan kesehatan menjadi terganggu dan pada akhirnya perusahaan tempat kita bekerja meminta untuk mengundurkan diri, atau bisa saja harus pensiun dini. Dan apa yang harus dilakukan setelah pensiun, tentunya kita harus bekerja lagi untuk bisa mendapatkan penghasilan.

Bagaimana kalau caranya diubah, pada saat kita masih mendapatkan penghasilan aktif, kita juga berupaya keras untuk membuat penghasilan pasif yang bisa menghasilkan meskipun kita sudah tidak bekerja lagi atau dengan kata lain, kita berupaya menginvestasikan sebagian penghasilan kita.

Baca juga: Investasi capek sekarang, bahagia kemudian.

Masih ingat apa yang disampaikan Menteri Keuangan Indonesia, Ibu Sri Mulyani, yang mengatakan:

“Di negara maju assetnya kerja keras, orangnya santai-santai aja. Sedangkan di negara berkembang orangnya kerja keras, assetnya tidur-tidur aja.”

Merasa tersentil tidak dengan apa yang disampaikan Ibu Sri Mulyani? Kalau saya sedikit banyak sanat tersentil dan membuat mulai mencoba, mempersiapkan segalanya entah dengan kemampuan atau sedikit penghasilan. Sebenarnya apa maksud yang disampaikan Ibu Sri tersebut? Maksudnya adalah jangan terus-terusan bekerja untuk uang, tetapi buatlah uang bekerja untuk anda, karena uang bisa bekerja 24 jam, tidak butuh istirahat atau pun juga liburan.

Cara Mempekerjakan Uang

Banyak cara agar bisa menjadikan uang bekerja untuk kita, tentunya cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang memulainya dari nol, artinya berupaya agar bisa memulai berinvetasi, baik uang, modal atau pikiran. Hal berbeda kalau Ada sudah memiliki kekayaan sejak lahir dan oleh orang tua Anda sudah disiapkan segala hal yang berkaitan tentang investasi tersebut. Namun tidak masalah, kalau Anda harus mulai dari nol, minimal Anda sudah mempersiapkannya dengan sebaik ungkin.

Terdapat beberapa cara agar uang bekerja untuk kita (review.bukalapak.com), sebagai berikut:

  1. Aturlah budget Anda terlebih dahulu, pisahkan dan kategorikan penghasilan, pengeluaran dan juga untuk dana darurat.
  2. Bebaskan hidup Anda dari jeratan hutang, baik hutang pada pihak lain dan juga hutang bank.
  3. Bukalah usaha atau bisnis Anda sendiri.
  4. Mulailah berinvestasi.

Investasi dalam hal ini bisa dilakukan dan Anda mulai kalau cashflow Anda sudah sehat, yang ditujukan untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif atau passive income. Dengan berinvestasi, tentunya nilai uang akan berpotensi menjadi lebih besar seiring dengan kenaikan harga asset yang dimiliki. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan dengan investasi, antara lain:

  • Investasi pada surat berharga.
  • Investasi pada emas.

Selain berbagai cara di atas terdapat berbagai usaha yang bila dilakukan mulai dari sekarang bisa menghasilkan pssive income yang luar biasa, dan saat ini sudah banyak yang mulai mendapatkan efek positif dari berbagai usaha dibawah ini, antara lain:

  1. Membuat blog atau membuat channel video.
  2. Menyewakan property.
  3. Menjual karya dan memperoleh royalty.
  4. Menjadi seorang investor.

Tentunya banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif. Dengan menerapkan konsep investasi maka berbagai jargon seperti “biarkan uang yang bekerja untuk Anda” bukan lagi khayalan semata. Apalagi semua itu bisa dilakukan saat ini, sambil mendapatkan penghasilan aktif, Anda bisa memulai mengumpulkan pendapatan melalui sumber fasif tersebut. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua.


Share

Belum ada Komentar untuk "Biarkan Uang yang Bekerja untuk Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel