Sukses Investasi dengan Pintar Mengatur Rekening

Anda pasti pernah mendengar bahwa salah satu kesuksesan seseorang berasal dari keberhasilannya dalam mengatur keuangan di rumah dan mengatur prioritas finansialnya? Pernah kan? Nah, kali ini yang dibahas adalah sukses investasi dengan pintar mengatur rekening. Sebenarnya apa yang dibicarakan kali ini sangat berhubungan dengan bagaimana mengatur keuangan keluarga, dan tentunya sangat menyenangkan bila pembahasan ini dibaca oleh Anda yang sudah sadar akan pentingnya investasi.

Sukses Investasi dengan Pintar Mengatur Rekening
Foto: istockphoto.com

Tentunya membahas keuangan antara mereka yang sudah berkeluarga dengan mereka yang masih hidup sendiri pasti mengalami banyak perbedaan. Bisa saja dulu saat masih melajang, Anda mengatur semuanya dalam satu rekening, atau menganggap masih belum membutuhkan untuk membagi keuangan dalam beberapa pos pengeluaran. Namun setelah berkeluarga banyak hal yang harus dibahas bersama pasangan, salah satunya adalah tentang mengatur keuangan.

Sukses Investasi Saham dengan Rekening Khusus Investasi

Beberap hari yang lalu sempat ngobrol dan berbincang santai dengan beberapa kawan, apalagi topik yang dibahas saat itu adalah tentang persiapan investasi dan pola pengaturan keuangan keluarga termasuk cara menyisihkan untuk dana investasi. Sempat ditanyai pula perlukah mememiliki beberapa rekening untuk mengatur keuangan?

Bagi saya, sangat perlu dan sangat harus memiliki beberapa rekening untuk mengatur keuangan, apalagi kalau kita sudah bersiap untuk melakukan investasi, seperti melakukan investasi saham, agar dana yang direncanakan untuk investasi saham tidak tercampur dengan rekening operasional keluarga.

Baca juga: Mengapa Harus Berinvestasi.

Diantara berbagai tulisan, saya tertarik dengan ide yang disampaikan Ferdie Darmawan, seorang Certified Financial Planner (instagram.com/ferdiedarmawan/), yang menyampaikan kalau Anda pernah mengalami setelah gajian uang langsung habis, atau saat membutuhkan dana mendadak rekening malah kosong, berarti Anda harus memiliki lebih dari satu rekening. 

Terdapat beberapa rekening yang harus disiapkan, antara lain:

  1. Rekening penghasilan.
  2. Rekening operasional.
  3. Rekening darurat jangka pendek.
  4. Rekening darurat jangka panjang.
  5. Rekening investasi.

1. Rekening penghasilan.

Ini adalah rekening utama yang harus Anda miliki. Sebegai rekening utama tentunya rekening ini menjadi rekening khusus untuk menerima penghasilan. Menurut Frerdie Darmawan, apabila memiiki lebih dari satu sumber penghasilan, usahakan agar semua penghasilan ditampung dalam satu rekening, agar mudah melakukan tracking atas semua penghasilan.

2. Rekening operasional.

Setelah rekening penghasilan, maka rekening yang harus disediakan adalah rekening operasional, yang digunakan untuk membayar semua tagihan bulanan termasuk cicilan hutang atau kredit. Intinya, semua pengeluaran rutin setiap bulan dibayarkan melaui rekening operasional ini.

3. Rekening darurat jangka pendek.

Kalau biasanya yang dilakukan hanya dua rekening diatas, kini ada rekening tambahan yang harus disiapkan, yaitu rekening yang digunakan sebagai rekening darurat. Disebut rekening darurat jangka pendek yang digunakan untuk sesuatu yang mendadak , misalnya sedang sakit ringan, terdapat keluarga yang terkena musibah atau bisa juga sebagai dana cadangan apabila ternyata tiba-tiba terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), atau bisnis yang sedang dikelola mengalami masalah.

4. Rekening darurat jangka panjang.

Rekening yang satu ini menjadi rekening pelengkap, fungsinya hampir sama dengan rekening darurat jangka pendek, namun yang membedakan adalah rekening ini digunakan apabila kita sudah tidak mendapatkan penghasilan secara permanen, misalnya mengalami penyakit kritis, mengalami kelumpuhan, kecelakaan yang serius atau pun meninggal. 

Fungsi rekening ini digunakan untuk menggantikan penghasilan apabila penghasilan kita hilang secara permanen. Rekening ini bisa berbentuk tabungan proteksi asuranspi penghasilam, atau bisa juga dalam bentuk deposito.

5. Rekening investasi.

Diantara berbagai rekening, maka rekening ini yang menjadi fokus pembahasan. Rekening investasi, sebagai orang yang sudah mulai sadar akan pentingnya menata keuangan untuk hari tua. Maka memiliki beberapa asset di beberapa instrument investasi menjadi hal yang sangat penting.

Rekening investasi ini memiliki fungsi untuk bisa mencapai tujuan keuangan masa depan melalui investasi. Atau berusaha mendapat passive income melalui beragai program, salah satunya mengikuti anjuran dengan mengikuti program yang dicanangkan  IDX yaitu “Yuk Menabung Saham”.

Yang menjadi catatan dari Ferdie Darmawan, sebelum memiliki 4 rekening utama di atas, jangan membuka dahulu rekening yang kelima ini (rekening investasi), karena keuangan yang dimiliki masih rawan.

Itu dia sedikit tips tentang sukses, yaitu sukses investasi dengan pintar mengatur rekening. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi dalam mengatur keuangan keluarga.


Share

Belum ada Komentar untuk "Sukses Investasi dengan Pintar Mengatur Rekening"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel