Merencanakan Keuangan

Kawan, hidup itu semakin menarik, betapa banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Bingung dengan kalimat yang satu ini? Kemudahan dalam hal ini adalah kemudahan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, seperti ingin smartphone terbaru, atau iPhone Pro Max terbaru, saat ini menjadi sangat mudah. Begitu banyak tawaran untuk mendapatkannya mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan atau bahkan kredit konsumsi dari berbagai bank yang memberikan penawaran untuk mendapatkannya dengan mudah. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah harus membeli semua produk terbaru padahal produk yang selama ini digunakan masih bisa dipakai? Untuk itu, kali ini akan dibahas tentang pentingnya merencanakan keuangan, termasuk diantaranya penggunaan keuangan untuk membeli produk terkini apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Berbicara tentang merencanakan keuangan sebenarnya hal ini sangat berhubungan dengan pemahaman Anda semua dan kesadaran akan pentingya masa depan dan hari tua. Memang masa depan tidak ada yang mengetahui dan juga menyisihkan dana tidak bisa dirasakan manfaatnya untuk saat ini. Berbeda dengan berbagai produk yang Anda beli saat ini, yang bisa dirasakan apakah itu hanya untuk sekedar gaya atau gengsi yang pastinya bisa dilihat.

Merencanakan Keuangan;
Foto: istockphoto.com by anyaberkut

Berbicara tetang kemajuan teknologi, hampir setiap tahun selalu keluar produk baru, misalnya iPhone, apakah kita membutuhkan iPhone seri terbaru setiap tahunnya?

Merencanakan Keuangan Masa Depan, Haruskah?

Mungkin banyak pertanyaan, apalagi seperti kita yang masih muda, apa pentingnya memikirkan masa depan, apalagi masa depan adalah sesuatu yang tidak diketahui dan tidak bisa diduga. Bagi saya, yang sudah merasakan kondisi harus membangun bisnis sendiri, merencanakan keuangan di masa depan sangat penting. Bahkan untuk Anda yang saat ini masih menjadi seorang karyawan, sudah menjadi keharusan untuk mempersiapkannya, apalagi ditambah dengan kejelasan penghasilan yang Anda dapatkan, mulai dari gaji, bonus bahkan insentif.

Memang bisa diakui begitu banyak tawaran, ditambah dengan lingkungan pertemanan ditambah komuitas yang Anda ikuti pasti mempengaruhi pola hidup terlepas hanya untuk gengsi atau hanya sekedar punya. Contohnya saat teman banyak membeli HP atau bahkan iPhone baru, hal ini pasti akan menggoda iman Anda untuk ikut membelinya.

Baca juga: Sukses investasi dengan pintar mengatur rekening.

Sebenarnya kapan sih harus membeli HP baru? (Instagram.com/melvin_mumpuni)

  1. Apakah kalau HP yang lama rusak dan sudah tidak bisa dibetulkkan?
  2. Kalau terdapat fitur baru yang sedang dibutuhkan.
  3. Kalau ada launching baru, pasti beli.

Ribetkan? Bingung dengan pilihan di atas atau mau dialokasikan dengan pilihan lain, atau untuk investasi masa depan, misalnya saham, reksadana atau P2P Lending?

Sebenarnya ada yang menarik kalau meniru postingan dari Ko Rivan Kurniawan dan Ko Melvin_Mumpuni, untuk beli barang, karena dua hal tersebut bisa menjadi pertimbangan juga untuk Anda yang saat ini ingin memiliki sesuatu, yaitu:

  • Beli kalau yang lama RUSAK.
  • Beli kalau ada FITUR BARU yang dibutuhkan.

Dan biasanya mereka berdua memang jarang membeli barang, namun sekali membeli biasanya akan membeli yang mahal, dengan tujuan agar tidak sering ganti. Dan biasanya untuk memutuskan membeli mikirnya panjang banget.

Kembali lagi tentang bahasan “merencanakan masa depan”, sudahkah Anda berinvestasi?

Investasi itu seperti KENDARAAN, yaitu kendaraan untuk bisa mewujudkan tujuan keuangan di masa yang akan datang. Investasi yang dilakukan bisa beraneka ragam, tergantung selera Anda, bisa dengan reksadana, surat utang, saham, P2P Lending, blog yang sudah dimonetize dan masih banyak instrument lainnya yang bisa dipiih.

Merencanakan keuangna sangat penting bagi kita, untuk membentuk dan melindungi masa depan menjadi lebih baik

Itu dia sedikit pentingnya merencanakan keuangan demi masa depan, semoga bermanfaat dan mengingatkan kita semua untuk mulai mempersiapkannya mulai saat ini.


Share

Belum ada Komentar untuk "Merencanakan Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel