Masa Tua dan Penyesalannya

Saling mengingatkan dan memberikan motivasi agar hidup menjadi lebih baik sudah menjadi kewajiban kita. Begitu pula dengan bahasan kali ini, yang lebih banyak memberikan motivasi agar bisa mempersiapkan hari tua agar menjadi lebih baik. Begitu banyak orang yang pada masa mudanya hidup berkecukupan, hidup mewah dengan rasa nyaman, namun pada hari tuanya terlunta-lunta, tidak hanya itu, harta yang dikumpulkannya sepertinya hilang tidak berbekas. Inilah yang kemudian menginspirasi para kaum muda agar mengerti dan memahami pentingnya manajemen keungan, termasuk investasi, agar tidak mengalami penyesalan. Oleh karena itu, bahasan masa tua dan penyesalannya menjadi sangat menarik untuk dibahas. 

Masa Tua dan Penyesalannya;
Foto: istockphoto.com

Setiap orang pasti menginginkan hidupnya enak dan nyaman, tidak terganggu apa pun, seperti masalah ekonomi, tidak khawatir biaya akan rumah sakit bila ternyata mengalami sakit. Tentunya masa tua menjadi masa untuk menikmati, tidak disibukkan pekerjaan dan bisa menikmati kehidupan yang santai. Namun yang terjadi, banyak yang mengalami masa tua dengan kekhawatiran dan tidak tercapainya kebahagiaan, yang disebabkan saat masih usia produktif dulu, banyak melakukan hidup dengan banyak gaya alias lebih mementingkan gaya hidup dan juga melakukan kebiasan yang buruk.

Penyesalan yang Sering Terjadi Saat Memasuki Usia Tua

Mumpung umur masih belum terlalu tua, sudah seharusnya kita mulai menyiapkan segala hal agar pada masa tua segala kekhawatiran tidak benar-benr terjadi pada diri kita. Mempersipakan kehidupan dan masa tua yang bahagia sudah menjadi kewajiban mulai dari sekarang, mulai dari kesehatan finansial sampai dengan kesehatan tubuh.

Terdapat beberapa penyesalan saat memasuki usia tua yang dikutip dari www.instagram.com/bapak2id/, antara lain:

  1. Tidak membangun bisnis. Semua dimulai dari hal kecil. Jangan khawatir merasa terlambat, meskipun saat ini Anda sudah menjelang pensiun, tetaplah memulai rencana bisnis yang ingin Anda bangun. Kalau saat ini Anda masih bekerja, mulai saja dulu dari bisnis sampingan kecil-kecilan dulu.
  2. Tidak menjaga badan. Kebiasaan bekerja keras, kerja sampai larut malam sepertinya menjadi tuntuan pekerjaan agar pekerjaan bisa terselesaikan, namun jangan lupa, bahwa penyesalan datangnya dibelakang lho. Untuk itu makan dengan benar, olahraga yang sukup dan yang disukai dan juga tidur yang cukup menjadi kunci kesuksesan untuk selalu sehat.
  3. Tidak memiliki dana darurat dan tabungan pensiun. Sedih sekali saat diusi tua tidak meiliki dana pesiapan. Pas sedang susah tidak ada duit, Kemuioan pas sudah tua, tidak punya uang juga, menyedihkan.
  4. Tidak berinvestasi. Ini yang sering dibahas dalam pembahasan pada blog ini. Investasi adalah menyisihkan dana agar bisa mendapatkan hasil di waktu yang akan datang. Masa tua yang menyedihkan adalah saat tua masih bekerja, tidak punya bisnis, tidak memiliki tabungan, ditambah lagi tidak melakukan investasi yang benar dan tepat. Ayo kawan mulai mempersiapkan hari tua, salah satunya dengan berinvestasi, bisa dengan saham yang berbasis pada fundamental perusahaan yang kuat atau bisa juga berinvestasi pada emas.
  5. Tidak memperhatikan perhatian dan waktu pada diri sendi dan keluarga. Ini yang menyedihkan. Bisa saja secara finansial aman, namun diri sendiri tidak diperhatikan, keluarga tidak dekat. Kaya berkecukupan namun dengan anak dan istri seperti dengan orang lain.
  6. Tidak mengekpresikan atau tidak menunjukkan perasaan. Saat sudah tua akan menyesal, apalagi tidak menunjukkan rasa sayang pada orang tua, pada pasangan, anak dan juga orang-orang terdekat.

Cara Sukses Di Masa Tua

Setiap kesuksesan pasti diawali dengan pengorbanan, tidak ada yang mudah, namun harus dihadapi dan dibangun. Proses untuk menuju kesukusesan harus dimulai sejak Anda mulai merencanakan untuk sukses. Semakin awal Anda mulai berpikir untuk ukses, maka semakin banyak waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri agar bisa meraih.

Baca juga: Yuk bangun asset produktif untuk hari tua.

Semakin dini untuk memulai kesuksesan semakin cepat Anda bisa menikmati kesuksesan tersebut. Agar bisa menikmati masa tua dengan tenang, terdapat beberapa tips dan cara sukses agar tenang di masa tua, yang harus disiapkan mulai dari sekarang (www.instagram.com/catatanentrepreneur/), antara lain:

  • Fokuslah menciptakan satu sumber penghasilan.
  • Bangunlah rutinitas kerja yang baik.
  • Hiduplah sesuai dengan kemampuan.
  • Belanja sesuai dengan kebutuhan.
  • Percaya pada diri sendiri 100%.
  • Selalu melakukan upgrade keahlian.
  • Berani mengatakan tidak pada ajakan belanja yang mahal.
  • Jangan mengikuti tren.
  • Menghindari jalan pintas.

Yang pasti semua pasti ada harganya. Untuk mendapatkan kesuksesan ada harga yang harus dibayar. Jika memilih santai di usia 20, maka ada harga yang harus dibayar nantinya. Bisa jadi jika pada usia muda diisi dengan kegiatan yang baik dan produktif, mungkin bisa saja Anda berada pada posisi “Self Mode Millionaire” di usia muda.

Semoga informasi dan motivasi ini bermanfaat, dan tema masa tua dan penyesalannya menjadi dorongan untuk Anda dalam mempersipakan hari tua agar bisa menikmati hidup dengan tenang dan nyaman.


Share

Belum ada Komentar untuk "Masa Tua dan Penyesalannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel