Tips Mendapatkan Saham Fundamental Bagus

Membicarakan tentang sebuah kesenangan memang tidak ada habisnya, begitu pula dengan bahasan kali ini. Pembahasan investasi memang sangat menarik, apalagi fokus investasi yang dilakukan adalah untuk mempersiapkan hari tua dan mendapatkan passive income. Setelah pada bahasan sebelumnya membahas tentang hal fundamental sebagai dasar untuk mendapatkan saham terbaik, maka kali ini akan dibahas tips mendapatkan saham fundamental bagus dan bisa rutin membagikan dividen. Semua orang memiliki pilihan untuk menentukan masa depan dan bagaiman cara mendapatkan pendapatan.

Bagi seorang investor pemula mencari dan memilih investasi yang terbaik, seperti memilih mana pakaian yang pantas untuk dipakai, begitu pula saat sudah memilih instrument investasi yang tepat, memilih perusahaan untuk dibeli sahamnya menjadi hal yang rumit. Namun belajar dan berusaha memahami cara mendapatkan saham fundamental menjadi sebuah cara mudah untuk bisa mendapatkan hasil di kemudian hari.

Tips Mendapatkan Saham Fundamental Bagus ;Cara Mendapatkan Saham Fundamental Terbaik dan Rutin Membagikan Dividen;
Investasi saham (Sumber gambar: istockphoto.com)

Investasi adalah tentang proses, dan proses membutuhkan kesabaran. Begitu pula saat Anda ingin mendapatkan hasil terbaik berupa dividen dari saham yang sudah Anda beli, tentunya dibutuhkan pemahaman tentang analisa fundamental saham seperti yang telah disampaikan sebelumnya. 

Cara Mendapatkan Saham Fundamental Terbaik dan Rutin Membagikan Dividen

Terdapat dua jenis tipe investor dalam dunia saham, yaitu investor yang mengejar dividen dan investor yang hanya mengejar capital gain. Dan saya begitu pula dengan investor pemula lainnya, adalah tipe orang yang tidak ingin repot dengan melihat fluktuaktif harga saham harian, yang kemudia dibeli dan dijual dengan cepat. Sehingga bisa diketagorikan Saya dan beberapa orang lain tersebut memiliki tipe sebagai dividen investor.

Setelah mencari berbagai referensi, dan catatan tentang bagaimana mendapatkan saham fundamental terbaik ditambah bisa mendapatkan dividen tiap tahunnya, maka catatan dari Ahmad Muttaqin ini memberikan semangat dan harapan untuk bisa dipelajari tentang cara mendapatkan saham fundamental terbaik tersebut.

Baca juga: Bebas Finansial ala Loe Kheng Hong.

Terdapat 2 (dua) cara untuk mendapatkan saham dengan fundamental terbaik, yaitu:

1. Melihat fundamental sahamnya.

Memahami fundamental saham yaitu dilakukan dengan cara menggunakan laporan keuangan minimal 5 tahun berjalan, ditambah dengan melihat dari sisi manejemen, kebijakan perusahaan sampai dengan produk perusahaan tersebut.

Setelah laporan keuangan, tentu saja harus dipahami berbagai rasio-rasio yang dibutuhkan untuk mendapatkan saham fundamental tersebut, seperti, EPS, PBV, DPR, ROE, GPM sampai Harga Wajar per Saham.

2. Dividen.

Keputusan mendapatkan dividen tergantung dari pilihan Anda berdasarkan Dividen Paout Rationya, bisa diangka 5% atau 10% atau bisa lebih dari 10%.

Namun yang harus dipahami adalah Anda harus mengenali saham yang senang berbagi dividen, atau emiten yang membagikan dividen namun tidak rutin, dan ada pula emiten yang membagikan dividen lebih dari sekali dalam satu tahun.

Bagi invesator pemula, khususnya yang memulai berinvestasi dengan menabung saham, maka dividen menjadi salah satu faktor untuk menentukan saham mana saja yang dipilih dan pas sebagai salah satu saham yang dipilih dalam menabung saham.

Baca juga: Belajar Investasi dari Para Taipan Indonesia.

Dari berbagai referensi, maka memilih saham terbaik adalah dengan memilih saham dengan dividen yang lebih besar dari bunga deposito atau di atas 4% sampai 5%. Selain itu harus dipertimbangkan tentang faktor risiko, saham memiliki risiko turunnya harga, sedang deposito tidak. Untuk itu, salah satu cara adalah dengan memilih saham dengan dividen yield di atas 6%.

Untuk mendapatkan informasi tentang emiten yang membagikan dividen tersebut, saat ini Bursa Efek Indonesia memiliki indeks yang disebut dengan IDX High Dividend 20, yaitu saham yang rutin membagikan dividen tunai selam tiga tahun terakhir.

Memilih saham terbaik, menjadi salah satu cara berinvestasi, khsusnya untuk Anda yang baru memulai berinvestasi saham dan fokus sebagai tabungan jangka panjang. Dan salah satu cara terbaik adalah dengan memperhatikan fundamental dan dividen yang dibagikan saham tersebut. Sebagai catatan, saham yang rutin membagikan dividen biasanya tahan badai, dan pada saat terjadi krisis keuangan, seperti yang terjadi beberapa tahun lalu, saham ini tidak mudah jatuh dan bisa pulih dengan cepat. Semoga informasi dan tips mendapatkan saham fundamental bagus dan bisa rutin membagikan dividen ini, bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang mencari saham terbaik.


Share

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendapatkan Saham Fundamental Bagus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel