Tips Foto Produk untuk Bisnis Online

Jaman semakin berkembang dan semakin canggih, begitu pula dengan perkembangan bisnis, ditambah lagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19, yang membuat konsep bisnis menjadi berubah, dari bisnis offline menjadi bisnis online. Memang tidak semua bisnis berubah dan bealih menjadi bisnis online, namun perubahan dan pola bisnis sedikit demi sedikit ke bisnis online membutuhkan sebuah desain dan foto produk yang menarik, agar calon costumer tertarik dengan produk yang ditawarkan tersebut. Kali ini bahasan tentang entrepreneur sedikit berbeda, yang dibahas kali ini adalah tips foto produk untuk bisnis online agar bisa menarik calon pembeli.

Mindset dan perkembangan bisnis sudah semakin canggih, bisnis online menjadi pola bisnis yang lebih banyak dipilih dan dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dan pola online juga menjadi pilihan para customer untuk mendapatkan barang yang diinginkan, apalagi sejak merebaknya wabah Covid-19 yang sampai saat ini belum jelas kapan selesainya.

Tips Foto Produk untuk Bisnis Online;
Foto produk untuk bisnis online (Sumber gambar: istockphoto.com) 

Diantara berbagai cara untuk menawarkan produk, maka dalam sistem bisnis online foto produk berpengaruh dan berdampak besar dalam proses marketing, hal ini menjadi strategi terbaik yang harus dilakukan oleh para pebisnis yang memilih bisnis online sabagai konsep bisnisnya.

Alasan Foto Produk Harus Menarik dalam Bisnis Online

Bagi seorang entrepreneur yang memilih bisnis online, tentunya sangat berbeda dengan bisnis offline, dimana para customer tinggal datang, kemudian memilih produk barang yang diinginkannya, membayar dan membawa pulang produk yang telah dibelinya. Berbeda offline, berbeda pula dengan  bisnis online. Dalam bisnis online, barang atau produk masih berada dalam bayangan, sehingga diperlukan sarana untuk meyakinkan calon pembeli. Oleh karena itu, foto menjadi hal utama dalam konsep bisnis online.

Begitu banyak para penjual online, namun banyak yang belum memahami pentingnya foto produk dan foto untuk katalog bisnis online shop mereka. Foto produk sangat penting tidak hanya untuk katalog dalam landing page bisnis online, namun juga untuk ditampilkan di media sosial sebagai media promosi, seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online.

Terdapat beberapa alasan mengapa foto produk sangat penting untuk bisnis online, antara lain:

  1. Untuk menarik calon pembeli.
  2. Sebagai brand identity.
  3. Meyakinkan pembeli dalam mengambil kepeutusan untuk membeli.
  4. Meningkatkan penjualan.
  5. Membentuk konsumen yang loyal.

1. Untuk menarik calon pembeli.

Foto menjadi salah satu cara bagi calon konsumen untuk menentukan dan memutuskan rencana pembelian atas suatu produk. Oleh karena itu, dibutuhkan foto dengan visual produk yang menarik agar pengunjung tertarik dan berminat membeli produk yang ditawarkan.

Sebelum memutuskan membeli, maka hal pertama yang dilakukan calon pembeli adalah melihat foto produk yang menarik perhtian mereka, baru kemudian membaca produk tersebut, produksi mana, harga dan berbagai keterangan, termasuk review pembeli yang lain.

Pada intinya, menurut sisi psikologis, manusia adalah makhluk visual, sehingga proses informasi yang disampaikan akan lebih cepat bila melalui cara visual, seperti foto dan video.

2. Sebagai brand identity.

Dalam konsep brand identity yang pernah dibahas sebelumnya, produk mewakili sebuah merk termasuk yang ada didalamnya. Oleh karean itu, foto produk yang ditampilkan harus semenarik mungkin. Semakin menarik foto produk akan meningkatkan deskripsi atau produk yang dijual.

3. Meyakinkan pembeli dalam mengambil keputusan untuk membeli

Survey yang dilakukan Justuno, 93% para pembeli di toko online, menyampaikan bahwa foto produk menjadi penentu utama dalam menentukan kepetusan membeli. Hal ini menjadi dasar bagi penjual untuk menmapilkan foto produk yang sesuai dengan detail, dan secara informatif bagi calon pembeli.

Pembeli yang yakin dengan merk produk yang dijual, memberikan peluang lebih besar sehingga produk tersebut dibeli.

4. Meningkatkan penjualan

Banyak hal yang menentukan pembeli memutuskan untuk membeli. Pada bisnis online, salah satu hal yang mempengaruhi seperti disampaikan di awal adalah foto poduk yang menarik. Foto produk yang menarik dan informatif akan meningkatkan penjualan. Ditambah pengalaman saat membeli di toko online yang kita kelola, pengalaman tersebut akan meningkatkan penjualan pada toko online.

5. Membentuk konsumen yang loyal

Pengalaman, menjadi hal utama sehingga konsumen tetap membeli di toko online kita. Customer experience yang menyampaikan pengalaman pribadi akan menjadi marketer alami, jujur dan sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan produk. 

Tips Foto Produk agar Menarik 

Di berbagai media sering disampaikan cara dan trips agar bisa membuat foto produk menjadi lebih menarik khususnya untuk bisnis online. Terdapat 7 (tujuh tips) untuk bisa menghasilkan foto produk menarik (Sumber: exabytes.com), antara lain:

  1. Perhatikan kamera.
  2. Pencahayaan.
  3. Trend atau konsep yang digunakan.
  4. Back ground untuk foto.
  5. Ambillah foto dari berbagai sudut.
  6. Gunakan teknik flat lay.
  7. Proses editing.

1. Perhatikan kamera.

Bisnis online membutuhkan sesuatu yang menarik agar para calon pembeli tertarik dengan toko online kita, salah satu yang bisa menarik perhatian adalah foto produk. Untuk bisa mendapatkan foto terbaik, jenis kamera juga sangat menentukan untuk memperoleh hasil foto terbaik. Memiliki kamera dengan peralatan fotografi yang lengkap akan menyenangkan, namun apabila tidak memiliki kamera dengan resolusi tinggi, jangan khawatir, saat ini smartphone sudah dilengkapi fitur canggih ala kamera DSLR. Solusinya tinggal Anda belajar untuk mengambil foto terbaik tersebut.

2. Pencahayaan.

Unsur pencahayaan menjadi salah satu hal utama agar foto yang diambil menjadi lebih bagus dan menarik. Terdapat pencahayaan yang bisa digunakan, mulai dari pencahayaan alami dengan menggunakan sinar matahari, atau bisa menggunakan sumber pencahayaan lain, seperti ring light sebagai alat untuk pencahayan foto produk.

3. Trend atau konsep yang digunakan.

Selain konsep dan teknik yang digunakan, yang tidak kalah pentingnya adalah trend atas konsep pengambilan foto produk tersebut. Contoh populer yang bisa dilakukan menggunakan foto hanya bermodalkan kaca dan wallpaper. Hasil pengambilan yang bagus akan memberikan penilaian tersendiri atas produk yang ditampilkan.

Baca juga: Digital Marketing, Cara Praktis Meledakkan Omset.

4. Back ground untuk foto.

Saat ini banyak sekali penyedia back ground sebagai alat untuk mendukung pengambilan foto. Oleh karena itu, pemilihan back ground menjadi hal yang sangat penting. Back ground polos menjadikan foto tampak elegan, begitu pula dengan background dengan aksen senada bisa menonjolkan nilai dari produk yang difoto tersebut.

5. Ambillah foto dari berbagai sudut.

Mengambil foto dalam jumlah banyak dari berbagai sudut akan memberikan pilihan bagi Anda, mana foto dengan hasil terbaik dan pantas untuk ditampilkan pada galeri toko online Anda, mana foto yang harus dibuang. 

6. Gunakan teknik flat lay.

Teknik flat lay adalah teknik yang digunakan dalam pengambilan foto yang bersifat timeless dan sangat pas untuk Anda yang memiliki produk kecil. Cara ini sangat mudah dan cepat untuk mempersiapkannya,.

Selain menarik, cara ini bisa mendorong kreativitas dalam membangun identitas visual online shop.

7. Proses editing.

Proses ini menjadi proses terakhir sebelum foto diupload di sosial media atau di website toko online shop. Langkah ini bisa saja diabaikan, namun bisa berguna bila ingin foto produk tersebut mendapatkan sentuhan sempurna.

Banyak cara agar bisnis online yang dibangun bisa sukses. Namun, memberikan foto produk dengan hasil menarik akan meyakinkan calon pembeli kita. Semoga tips foto produk untuk bisnis online ini bermanfaat dan memberikan masukan untuk Anda yang ingin membangun bisnis online.


Share

Belum ada Komentar untuk "Tips Foto Produk untuk Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel