Sukses Investasi ala Raditya Dika

Siapa yang mengira anak muda yang biasanya jago ngocol dan juga menjadi salah satu komika terkenal Indonesia ini jago dalam berinvestasi. Dika Angkasaputra Moerwani Nasution  atau yang dikenal dengan nama sebutan “Raditya Dika” yang lahir di Jakarta pada 28 Desember 1984 adalah sosok yang sudah sadar akan pentingnya investasi sejak dini. Bahkan siapa yang menyangka, pemuda yang ternyata lulusan luar negeri ini malah sukses berinvestasi selain sukses berkarir di dunia hiburan. Sukses investasi ala Raditya Dika akan menjadi inspirasi luar biasa untuk kita semua yang ingin  menjadi kaya dengan berinvestasi.

Menjadi kaya dan memiliki segalanya adalah impian semua orang, namun tidak banyak yang mulai memikirkan cara menjadi kaya. Bahkan kebanyakan hanya ingin enaknya saja, menempatkan uang dan ingin segera mendapatkan uang, padahal untuk menjadi kaya dibutuhkan cara dan strategi yang jitu, selain itu dibutuhkan proses yang panjang untuk mendapatkannya.

Mengelola keuangan itu ada 2 pilihan, senang sekarang tapi nanti bingung atau tunda kesenangan tapi nanti lebih siap” – Raditya Dika

Sukses Investasi Saham

Investasi, kata ini masih menjadi kata aneh bagi kebanyakan orang, apalagi bagi mereka yang belum paham tentang konsep investasi itu sendiri, hal inilah yang menjadikan banyak orang yang belum tertarik, selain kurangnya pemahaman tentang manfaat investasi untuk masa yang akan datang. Diantaranya banyak yang menganggap bahwa melakukan investasi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang banyak uang atau orang kaya saja.

Investasi sendiri memiliki banyak instrumen, mulai invesatsi di pasar modal (dengan saham, obligasi, reksa dana dan sukuk), investasi pada emas (emas sebagai logam mulia dan emas perhiasan) dan juga investasi properti (seperti tanah, rumah dan juga apartemen).

Sukses Investasi ala Raditya Dika;Sukses Investasi Saham;
Raditya Dika (Sumber gambar: fimela.com)

Namun, diantara berbagai pilihan instrument investasi, yang paling menarik dibahas adalah investasi pada saham. Saham sendiri didefiniskan sebagai tanda bahwa seseorang atau pihak (badan usaha) telah melakukan penyertaan modal pada suatu perusahaan. Dengan memiliki saham pada perusahaan tersebut, berarti Anda atau seseorang yang memiliki saham tersebut bisa memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahan dan juga berhak hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Saat ini untuk melakukan investasi saham sangat mudah dan dimudahkan, apalagi sejak adanya program YNS (Yuk nabung saham), yaitu kampanye yang berupaya mengajak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal melalui share saving. Dan yang menarik untuk menabung saham bisa dimulai dari Rp 100 ribu setiap bulan.

Cara Sukses Investasi Saham ala Raditya Dika

Berbicara tentang kesuksean Radita Dika dalam melakukan investasi, khususnya di saham, terdapat cerita menarik yang mendasari mengapa Raditya Dika memilih saham sebagai instrument investasinya. Selain sukses berinvestasi, ternyata Raditya Dika adalah lulusan Finance di Adelaide University, Australia, sehingga perencanaan keuangan bukan hal yang asing bagi Raditya.

Motivasi untuk melakukan investasi sebenarnya berwal dari omongan-omongan negatif dan anggapan yang mengatakan bahwa para pekerja seni umur produktifnya pendek. Dan keresahan ini menjadikan Raditya merasa bersemangat untuk menyiapkan masa depan menjadi lebih baik.

Baca juga: Analisa Fundamental Saham.

Raditya Dika sendiri memulai berinvestasi saat mendapatkan royalty check dari hasil buku yang ditulisnya pertama kali. Saat itu investasi yang dilakukan adalah dalam bentuk deposito. Setelah itu, baru kemudian Raditya masuk ke dunia saham dan juga reksadana untuk mewujudkan tujuannya yaitu menyiapkan dana pensiun.

Metode Investasi yang Dilakukan Raditya Dika. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan konsep “Dollar Cost Averaging”, yaitu metode yang dilakukan dengan mengalokasikan dan menambah asset rutin setiap bulannya pada suatu produk investasi. Seperti dengan menabung saham setiap bulannya secara rutin Rp 100 ribu.

Tips Melakukan Investasi Ala Raditya. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam berinvestasi, namun Raditya Dika memiliki tips tersendiri, antara lain:

  • Pahamilah dan memiliki komitmen untuk mencapai tujuan keuangan.
  • Tidak terjebak dengan mengikuti langkah orang lain, karena profil risiko setiap orang berbeda.
  • Berinvestasilah pada produk investasi yang diketahui dan dikuasai.

Untuk itu segeralah berinvestasi, karena waktu merupakan teman terbaik bagi seorang investor. Semakin muda memulai, maka semakin cepat untuk mencapai tujuan keuangan.

Cara Menjadi Kaya ala Raditya Dika 

Mengutip postingan dari Channel You Tube Raditya Dika, terdapat 9 cara untuk menjadi kaya versi Radit, antara lain:

  1. Cari keahlain yang kamu selalu penasaran secara intelektual.
  2. Tahu bahwa keberuntungan bisa diciptakan.
  3. Berhenti menukar waktu dengan uang.
  4. Menciptakan media untuk mempertontonkan skill.
  5. Fokus pada menciptakan nilai, bukan untuk menciptakan uang.
  6. Jangan terjebak dengan self-serving bias.
  7. Jangan terjebak dengan permainan status.
  8. Mengertilah tentang mikro dan makro ekonomi.
  9. Menjadi kaya secara pelan-pelan adalah yang terbaik.

Selain cara menjadi kaya tersebut, Radit juga memberikan cara tentang kekayaan :

“Rumus total kekayaan adalah asset dikurangi hutang.”

Jadilah orang kaya, bukan dengan orang yang terlihat kaya. Oyang yang niatnya terlihat kaya akan menghamburkan uang pada barang-barang yang meningkatkan status, bahkan sampai berhutang, yang membuat orang-orang kagum.

Sama sekali tidak penting, karena sebenar-benarnya tidak ada yang peduli. Kalau memang mau membeli barang mewah, belilah untuk diri sendiri, tidak perlu ada yang tahu, kalau kita mampu.

Berhati-hatilah dengan teman yang bilang, “Idih HP loe kok murah, yang mahal dong kayak kita-kita.” Hati-hati juga dengan teman yang menilai seseorang hanya dari barang yang kita pakai. Ketika kita terjebak dalam permainan membeli barang-barang untuk menaikkan status, kita akan susah menciptakan kekayaan. Biasanya orang seperti ini akan bilang, “Uang kok disimpan,” atau juga berkata “Hidup cuma sekali."

Itu dia sedikit motivasi sukses investasi ala Raditya Dika, semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua untuk memulai memikirkan masa depan, dan menjadikan uang yang bekerja untuk kita.


Share

Belum ada Komentar untuk "Sukses Investasi ala Raditya Dika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel