Motivasi Bisnis Seorang Entrepreneur Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah hampir satu tahun wabah pandemi Covid-19 ini melanda Indonesia, perubahan pola hidup bahkan pola bisnis, menjadikan seorang entrepreneur atau pebisnis mulai memikirkan cara terbaik untuk mempertahankan bisnis yang dijalankannya. Tidak hanya itu, banyak hal yang harus dilakukan, agar bisnisnya bisa bertahan. Tentunya bagi seorang entrepreneur yang ulet dan kreatif akan mencoba berbagai cara, bahkan tidak hanya agar bisnisnya bisa bertahan, namun mencari peluang terbaik, meskipun peluang tersebut masih belum menghasilkan sesuai yang diharapkannya. Motivasi bisnis seorang entrepreneur dalam kehidupan sehari-hari, memang sangat menarik untuk dibahas, tidak hanya pola pemikiran, ide yang bisa dikembangkannya, namun cara bertahan hidup menjadi pembahasan menarik kali ini.

Kalau sebelum wabah pandemi ini melanda, tantangan bisnis hanya bagaimana agar bisnis bisa dikenal, produk yang dijual bisa lalu, membangun brand agar dikenal, kemudian mencari cara pengembangan produk dan juga bisnis, namun sejak merebaknya wabah pandemi, tantangan semakin bertambah. Pandemi ini menjadi sebuah ujian luar biasa, bagaimana tidak, begiu banyak usaha yang harus menutup bisnisnya karena terjadi kemerosotan performa bisnis, mulai dari omset, mengalami boncos, baik dari sisi promosi maupun keuntungan, tentunya hal ini menjadi makanan sehari-hari saat pandemi.

Ilustrasi (Sumber gambar: istockphoto.com)

Motivasi Sukses Bisnis Seorang Entrepreneur

Memulai dan membangun bisnis adalah sebuah tantangan, apalagi untuk Anda yang baru menapaki jalan dengan menjadi seorang Entrepreneur. TIDAK MUDAH, namun harus dijalani, begitu banyak hal yang harus dilewati, mulai dari proses, tekad, niat bahkan keyakinan untuk sukses saat menghadapi segala rintagan dan hambatan.

Menjadi entrepreneur memang dibutuhkan kekuatan tekad, namun ada kalanya tekad tersebut mengalami penurunan yang terkadang membuat seorang entrepreneur mengalami demotivasi seperti saat menghadapi kondisi saat ini karena efek Covid-19.

Kondisi di bawah ini mungkin pernah Anda alami, apalagi bagi Anda yang baru memulai berbisnis, atau Anda seorang pebisnis yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis, namun berupaya untuk mengenalkan dan menjual produk baru yang menurut Anda menarik:

Motivasi Bisnis Seorang Entreprenur Dalam Kehidupan Sehari-hari;Motivasi Sukses Bisnis Seorang Entrepreneur;
Siklus hidup seorang entrepreneur (Sumber gambar: instagram.com/dimancy.id/)

Kondisi naik turun merupakan hal biasa dalam dunia entrepreneur, namun yang utama adalah memberikan motivasi pada diri sendiri untuk bangkit, karena sebenarnya tidak ada yang bisa membangkitkan semangat, kecuali dari diri pebisnis itu sendiri.

Baca juga: Motivasi Hidup "Jangan Merayakan Kemenangan Terlalu Dini".

Terdapat banyak cara untuk mengembalikan motivasi yang mulai menurun atau bahkan mulai hilang, yaitu sebagai berikut (dikutip dari liputan6.com):

  1. Menenangkan Diri.
  2. Mengingat kembali hal apa yang membuat Anda memilih untuk berbisnis.
  3. Mengubah fokus bisnis Anda.
  4. Mulai berpikir positif.
  5. Kelilingi diri Anda dengan orang positif.
  6. Berani mengambil risiko.
  7. Sabar.

1.Menenangkan diri.

Cara ini menjadi cara pertama yang bisa Anda lakukan saat Anda mengalami down, yaitu dengan membebaskan pikiran dan keraguan. Langkah yang bisa dilakukan adalah melakukan aktivitas yang membuat diri Anda merasa nyaman dan juga memberi kekuatan yang pada akhirnya bisa menjadikan Anda untuk bisa instropeksi dan mereview kembali atas apa yang terjadi pada diri Anda.

Anda bisa melakukan sesuatu seperti melakukan hobi yang Anda sukai, seperti naik gunung, berolahraga, atau pun kegiatan yang membuat Anda merasa rileks.

2. Mengingat kembali hal apa yang membuat Anda memilih untuk berbisnis.

Terkadang rasa pesimis muncul saat bisnis yang dijalankan mulai mengalami penurunan atau usaha  memulai bisnis belum membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. 

Pada saat kondisi tersebut terjadi, Anda bisa mengambil waktu sejenak, dan mulai memikirkan kembali motivasi dan harapan apa yang membuat Anda berbisnis dan yakinlah bahwa kesuksesan hanyalah soal waktu saja.

3. Mengubah fokus bisnis Anda.

Terkadang apa yang menjadi harapan dan keinginan tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. Cara yang bisa dilakukan yaitu bisa dengan mereview kembali, mengidentifikasi dan dengan segera melakukan dan mengubah tujuan tersebut.

4. Mulai berpikir positif.

Keyakinan untuk sukses menjadi salah satu kunci kesuksesan. Tidak mungkn Anda bisa sukses kalau sebelum memulai, Anda sudah pesimis terhadap apa yang dikerjakan.  Kesuksesan muncul dari adanya pola berpikir positif yang bisa dilakukan dengan adanya keyakinan untuk sukses.

5. Kelilingi diri Anda dengan orang positif.

Teman dan orang terdekat juga menjadi satu bagian yang mempengaruhi kesuksesan Anda. Sangat banyak bahkan sering terjadi, orang atau bahkan pebisnis yang gagal karena pengaruh negatif dari orang terdekatnya. Oleh karena itu carilah komunitas, atau ekosistem yang selalu mendukung Anda dan bisnis Anda.

6. Berani mengambil risiko.

Ciri orang sukses adalah berani mengambil risiko. Tidak mungkin seorang pebisnis mengambil risiko, apabila dirinya tidak yakin bahwa apa yang akan dikerjakannya akan sukses.  Dengan berani mengambil risiko, maka pebisnis tersebut akan berupaya bahwa apa yang dilakukan bisa berhasil dan menghasilkan.

7. Sabar.

Sabar menjadi kata kunci terahir untuk meraih sukses. Sabar dalam menghadapi proses. Karena untuk sukses dalam bisnis dibutuhkan kesabaran, waktu dan usaha.

Semoga uraian dan catatan di atas, tentang motivasi bisnis seorang entrepreneur dalam kehidupan sehari-hari, bisa bermanfaat dan selalu memberikan semangat untuk meraih suksesm meskipun Anda mengalami rintangan dan halangan, namun hal terbut tidak akan menghambat Anda dalam mencapai sukses yang Anda impikan.


Share

Belum ada Komentar untuk "Motivasi Bisnis Seorang Entrepreneur Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel