Brand Identity sebagai Pondasi Suksesnya Bisnis

Brand Identity sebagai Pondasi Suksesnya Bisnis - Masih ingat beberapa waktu lalu tentang dua pihak yang saling memperebutkan hak nama dari sebuah bisnis makanan siap saji di Indonesia. Rebutan brand atau merk ini sungguh menggemparkan dunia bisnis dan juga masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan salah satu penggugat atau pihak yang memperebutkan hak nama sebagai brand bisnis tersebut adalah salah satu selebritis Indonesia yang juga seorang pebisnis. Bahkan tidak hanya itu, perebutan merk tersebut juga sampai ke ranah hukum. Hal ini menjadikan masyaraat, khususnya pelaku bisnis mulai sadar akan pentingnya sebuah brand

Kata brand sangat sering didengar, apalagi bagi pelaku bisnis. Namun yang menyedihkan, banyak diantaranya yang belum memahami pentingnya sebuah brand bagi sebuah bisnis. Semua bisnis membutuhkan brand sebagai pondasi bisnis. 

Masih ingatkan tentang dua konsep agar bisa menang dan bertahan dalam persaingan bisnis, yaitu:

  • Jadilah yang pertama dengan produk yang berbeda. Atau,
  • Kalau tidak bisa menjadi pertama, jadilah yang terbaik.

Dari kedua hal tersebut maka yang menjadi pegangan adalah bagaimana agar brand produk kita sebagai pemilik bisnis bisa dikenal.

Brand Identity Guidelines

Setelah mengetahui arti pentingnya sebuah brand, maka langkah selanjutnya adalah membuat dan membangun “Brand Identity Guidelines” sebelum desain brand identity dibuat. Jadi brand identity guidelines adalah sebuah pedoman standar tentang suatu brand yang bertujuan untuk membentuk identitas atau suatu brand. Ketidak konsistenan dalam identitas yang ada pada perusahaan bisa mengurangi kredibilitas dari perusahaan dan juga brand tersebut itu sendiri.

Brand Identity sebagai Pondasi Suksesnya Bisnis;Brand Identity Guidelines;Brand Identity Design, Wujud Dikenalnya Produk Beserta Perusahaan;
Brand (Sumber gambar: istockphoto.com)

Oleh karena itu, maskot, logo, atmosfir dan warna harus konsisten agar identitas perusahaan tersebut jelas, hal ini akan membuat customer atau pun pelanggan mudah mengingat brand produk milik kita. Tentunya brand yang kuat akan menjadi “Top of Mind” pada customer.

Brand Identity Design, Wujud Dikenalnya Produk Beserta Perusahaan Sebagai Entitas Bisnis

Bisa diakui bahwa masih banyak orang yang belum memahami arti penting sebuah brand, apalagi seorang bisnis pemula. Brand dalam bisnis ibarat nama panggilan yang disematkan dalam diri seseorang yang membentuk citra diri dalam sebuah produk. Memang kebanyakan brand selalu dianggap dengan logo perusahaan, namun satu hal yang pasti, brand menjadi satu hal yang penting dalam sebuah bisnis. Berbeda dengan brand, berbeda pula dengan brand identity. Brand tidak hanya sekedar logo, namun dengan brand identity akan menjadikan dan membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis yang sudah Anda bangun.

Kembali lagi pada brand… Terdapat perbedaan antara brand dengan nama perusahaan atau pun dengan produk yang diproduksi perusahaan tersebut. Mengambil ide dari Charlene Li dan Josh Bernoff, brand bisa diartikan sebagai apa yang konsumen katakan tentang produk kita atau produk yang kita jual. Jadi brand lebih merujuk pada suatu pengalaman yang diperoleh konsumen atas produk tersebut.

Baca juga: Strategi Penempatan Posisi Produk Untuk Membangun Image bagi Sebuah Merk.

Berbeda pula dengan brand, maka brand identity adalah segala hal dari sebuah brand, yang termasuk didalamnya mulai dari karakter, nilai produk, bahkan komitemen perusahaan agar dikenal oleh konsumennya, melalui aspek simbol, warna dan sebagainya. Sehingga bisa dikatakan brand identity ini berkaitan dengan sebuah logo perusahaan.

Cerita penting tentang brand identitiy, yang disampaikan Stevan Purbaa melalui akun Tik Tok @stevanpurbaa, berikut ini mungkin bisa menjadi pegangan bagi Anda yang ingin memulai berbisnis atau pun saat ini yang sudah menjalankan bisnis, namun belum memahami dengan benar, pentingnya sebuah brand identity:

“Masih ingat dengan brand Sari Wangi? Seperti diketahui bahwa PT Sari Wangi telah menjual brandnya. Padahal, brand adalah roh perusahaan. Dan hal ini menjadi kesalahan terbesar PT Sari Wangi, meskipun yang dijual hanyalah sebuah nama, namun mengapa bisa berdampak begitu besar?

Pola pikirnya seperti ini. Jika ada seseorang yang menganggap Coca Cola sebagai merek terenak di dunia, maka bila ada merk lain yang lebih enak, maka seseorang tersebut tetap akan memilih Coca Cola. Bahkan customer tersebut tidak akan peduli, siapa pemiliknya, dimana pabriknya, bagaimana pola distribusinya. Dan yang perlu diingat adalah CUSTOMER HANYA MENGENAL BRAND.

Entah apa yang menjadi dasar landasan PT Sari Wangi sampai berani menjual roh tersebut pada Unilever. Hal ini menjadi cikal bakal hancurnya PT Sari Wangi. INGAT! PT Sari Wangi bukan brand-nya. Karena brand Sari Wangi sudah dimiliki Unilever.” 

Brand Identity dan Manfaatnya

Membangun sebuah brand bagi sebuah perusahaan menjadi faktor yang sangat penting, oleh karena itu brand harus dibangun. Tentu saja sama halnya dalam membangun bisnis dibutuhkan sebuah proses yang panjang, entah waktu dan usaha yang dilakukan. 

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dengan membangun brand identity, antara lain:

  • Akan mendapatkan kepercayaan dari distributor.
  • Adanya kepercayaan dan kesetiaan dari konsumen.
  • Bisa mendapatkan referensi terkait dengan produk yang dijual.

Untuk itu sebelum membangun brand dari sebuah produk. Brand identity harus dibangun terlebih dahulu.

Semoga sedikit informasi tentang “Brand Identity sebagai Pondasi Suksesnya Bisnis” bermanfaat dan bisa menjadi referensi tentang pentingnya brand bagi bisnis yang sudah Anda bangun. 


Share

Belum ada Komentar untuk "Brand Identity sebagai Pondasi Suksesnya Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel