Bisnis Hobi Lovebird di Masa Pandemi, “Worth It” Nggak Sih?

Ada yang berbeda kali ini dengan tema entrepreneur pagi ini. Kalau biasanya yang dibicarakan adalah tentang tips membangun bisnis dan beberapa hal yang berhubungan dengan motivasi, kali ini yang dibahas adalah tentang bisnis dimasa pandemi. Membangun bisnis berbasis hobi memang sangat menarik, apalagi bisnis tersebut adalah bisnis yang dibangun dari kesukaan, akan menjadikan bisnis hobi tidak ada matinya. Namun berbeda dengan yang dibahas kali ini, yaitu bisnis hobi lovebird di masa pandemi, masih “worth it” nggak sih? Banyak sekali pertanyaan dan diskusi yang sering dilakukan bersama kawan-kawan pebisnis khususnya tentang bisnsa yang satu ini. Tentunya tergantung masing-masing pelaku dalam mengelola bisnis ini.

Seperti kita ketahui bersama bahwa tahun 2020 menjadi tahun yang sangat berat bagi semua orang, khususnya para pelaku bisnis. Tentunya disetiap masalah terdapat peluang dan tantangan yang bisa menghasilkan, terutama bagi pelaku bisnis. Dengan ancaman wabah pandemi Covid-19 ini memang menjadi hal yang berbeda, wabah ini membuat para pelaku bisnis mulai harus berpikir kreatif untuk bisa menyesuaikan diri, hal ini disebabkan banyaknya bisnis yang terpengaruh, apalagi dengan adanya kebijakan yang harus menjaga jarak dan tetap melakukan protokol kesehatan, yang membuat banyak sektor bisnis terpengaruh.

Berbicara tentang bisnis hobi, khususnya bisnis burung lovebird seharusnya bisnis ini harus tetap bisa berjalan, namun kenyataanya banyak para pebisnis, mulai peternak dan pedagang yang fokus di lovebird ini mulai gulung tikar, meskipun tidak semuanya yang gulung tikar, namun masih ada yang bertahan. Hal ini yang menjadi pertanyaan bagi para pebisnis yang fokus di bisnis hobi.

Bisnis Hobi Yang Menguntungkan di Masa Pandemi, Masihkah Lovebird Menjadi Bisnis yang Menggiurkan?

Hobi dan bisnis sebenarnya adalah suatu aktivitas yang berbeda, namun bagaimana bila dua aktivitas ini digabungkan, pasti menjadi hal yang menarik. Berawal dari sebuah kecintaan terhadap sesuatu, dengan ketekunan bisa menghasilkan uang, apabila dilakukan dengan serius. Begitu pula sejak Maret 2020 lalu ketika muncul pandemi pertama kali, setiap orang terkaget-kaget dengan efek luar biasa yang membuat rencana bisnis harus tertunda, tidak hanya itu, untuk bertahan hidup setiap orang harus memiliki ide kreatif agar bisa bertahan. Apalagi saat lowongan pekerjaan sudah semakin berkurang, maka membangun bisnis berbekal dari hobi menjadi sebuah awal yang bisa dibangun.

Bisnis Hobi Lovebird di Masa Pandemi, “Worth It” Nggak Sih?;Bisnis Hobi Yang Menguntungkan di Masa Pandemi, Masihkah Lovebird Menjadi Bisnis yang Meng
Bisnis hobi lovebird

Yang menjadi pertanyaan adalah hobi apa yang bisa menghasilkan uang, yang tidak hanya menghabiskan uang? Ini menjadi pertanyaan menarik. Sebenarnya banyak sekali hobi yang bisa menghasilkan uang, apalagi di masa pandemi. Ada yang dulunya hanya sekedar menanam bunga, namun di masa pandemi tanaman hias tersebut menjadi meledak, dan tanaman yang ditanam memiliki nilai dan harga yang sangat fantastis. Atau ada pula yang hobi memasak dan ingin membuka bisnis, namun karena sewa ruko atau tempat yang mahal, akhirnya bisa menemukan konsep ghost kitchen yang malah menguntungkan pebisnis kuliner ini.

Baca juga: Tips Sukses Membuka Angkringan di Masa Pandemi.

Nah, bagaimana dengan hobi burung atau beternak burung seperti lovebird? Oke ini yang menarik, beternak burung  atau bahkan hanya memelihara burung sudah menjadi kesenangan setiap orang saat ini. Seperti lovebird ini, burung kecil dan indah ini sangat digemari karena kicaunya yang merdu dan juga warnanya yang bagus. Kembali tentang masa pandemi tahun 2020 kemarin, sebelum pandemi harga lovebird sangat luar biasa ada yang tembus sampai di atas 10 juta per ekor bahkan ratusan juta. Namun sejak adanya pandemi harga lovebird mengami penurunan harga yang luar biasa dengan harga hanya di kisaran Rp 200 ribu sampai dengan Rp 1 juta per ekor. Inilah yang harus menjadi perhatian bagi seorang pebisnis lovebird. Tentunya dari pandangan sekilas ini Anda sudah bisa memperhitungkannya secara detail.

Dilema, Sekedar Hobi atau Meneruskan Bisnis Lovebird

Pandemi telah merubah segalanya, fakta menunjukkan bahwa banyak pebisnis burung, khususnya lovebird yang sengaja tidak meneruskan bisnisnya, karena harga lovebird yang terus anjlok. Oleh karena itu harus dibedakaan cara pandang antara hobi dan berbisnis. Kalau berbisnis banyak yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah bagaimana agar bisnis yang dikelola harus segera menghasilkan. Namun, kalau hobi, karena diawali dari rasa suka, tentunya saat hobi tersebut meningkat akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan pagi pelaku usaha tersebut, dan saat harga mulai turun, hal ini tidak menjadi masalah, karena hobi tersebut sudah berakar dan menjadi kecintaan untuk merawatnya. Inilah yang harus diketahui tentang perbedaan konsep tersebut.

Dilema, Sekedar Hobi atau Meneruskan Bisnis Lovebird
Beternak lovebird

Sebenarnya dengan melihat konsep tersebut, sudah harus dipahami tentang pola bisnis hobi, khususnya lovebird di masa pandemi. Namun, meskipun di masa pandemi, bagi seseorang yang hobi, lovebird masih memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan meskipun harganya sudah turun drastis. Inilah yang menjadikan seseorang yang hobi dan beternak lovebird tetap bertahan meskipun harganya anjlok. 

Semua itu pilihan, dan pilihan ada di tangan Anda untuk tetap meneruskan hobi atau berhenti karena hitung-hitungan bisnis yang tidak sesuai. Semoga sedikit tulisan tentang “bisnis hobi lovebird di masa pandemi, masih “worth it” nggak sih? bisa menjadi referensi untuk Anda dan tetap bersemangat dalam membangun bisnis di masa pandemi.


Share

Belum ada Komentar untuk "Bisnis Hobi Lovebird di Masa Pandemi, “Worth It” Nggak Sih?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel