Aturan Memulai Bisnis

Saat ini adalah masa dimana semua orang bingung untuk berbuat apa. Yang masih bekerja bingung dan khawatir apakah perusahaan tempatnya bekerja bisa bertahan atau malah bangkrut, untuk yang ingin memulai usaha atau bisnis bingung akan berbisnis apa. Semua itu hal yang wajar, karena di dunia ini tidak ada yang pasti. Yang pasti hanyalah perubahan itu sendiri. Sebenarnya memulai bisnis, apalagi di masa pandemi seperti ini, adalah sebuah kesempatan emas dan menjadi peluang bagi mereka yang mengerti harus berbisnis apa dan berani untuk memulai. Namun yang utama sebelum memulai bisnis pahamilah terlebih dahualu aturan memulai bisnis, dengan memahaminya, minimal Anda dalam membangun bisnis tidak khawatir bisnis tersebut harus berhenti.

Banyak yang mengatakan bahwa memulai bisnis seperti tebak kata, siapa yang dapat, pasti berhasil. Menurut saya berbisnis adalah sebuah rangkaian proses yang harus dilakukan, mulai dari pencarian ide, membangun ide dan mempersiapkan semuanya dengan detail, termasuk melakukan riset dan survei, sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dam menjadi sebuah bisnis yang long term dan pada akhirnya bisnis tersebut bisa semakin berkembang ke tingkat yang luar biasa.

Memulai Bisnis dari Nol

Berbisnis adalah sebuah pilihan, dan bagi yang sudah memutuskan untuk membangun bisnis, jangan sampai ada kata mundur setelah memutuskannya. Membangun bisnis adalah sebuah keputusan yang harus dilakukan, apalagi di saat Anda sudah tidak bekerja lagi atau sudah memutuskan resign, Membangun bisnis dari nol menurut saya leih baik dan lebih mudah, daripada Anda harus memperbaiki bisnis yang sudah berjalan dan sudah hampir bangkrut.

Masa pandemi memang masa dimana setiap orang banyak yang merasa pesimis, putus asa, karena tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Tetapi bagi setiap orang yang tahu apa yang harus dilakukan, dan mengerti peluang apa yang bisa menghasilkan, akan tetap berani untuk memulai dan membangun bisnis tersebut meskipun dari nol.

Aturan Memulai Bisnis;Memulai Bisnis dari Nol;
Memulai bisnis di tahun 2021 (Sumber gambar: istockphoto.com)

Satu yang harus diingat, bahwa bisnis selau berubah dan sangat dinamis, untuk itu dalam membangun bisnis, ikutilah 3 aturan sederhana dalam memulai berbisnis yang disampaikan oleh Charlie Munger, antara lain:

  1. Janganlah menjual apapun yang Anda sendiri tidak ingin membelinya.
  2. Jangan bekerja dengan siapapun yang tidak cocok denganmu.
  3. Bekerjalah dengan orang-orang yang bisa kamu percaya.

Tiga saran dan aturan yang disampaikan Munger tersebut sangat mengena sekali, apalagi di masa pandemi saat ini, yang semua orang sangat membutuhkan uang. Dengan berbisnis yang kita sukai seperti melakukan sebuah hobi sehingga meskipun dalam keadaan apa pun kita tetap ingin mempertahankannya dan mengupayakan bagaimana caranya bisnis tersebut harus tetap hidup.

Baca juga: Tips Memulai Belajar Bisnis.

Memilih seseorang yang pas dan cook untuk bekerja bersama menjadi faktor penting agar bisnis bisa berkembang, karena ketidak cocokan dalam membangun bisnis, akan lebih mempercepat bisnis tutup atau bubar.

Memulai Bisnis Tanpa Modal di Masa Pandemi

Bisnis tanpa modal, ada nggak ya? Kembali lagi pada konsep berbisnis, masih ingat dengan yang disampaikan Warren Buffet, tentang tiga hal yaitu waktu, tenaga dan uang. Apabila Anda tidak memiliki salah satunya, maka gunakan dua hal lain untuk mendapatkannya. Saya sangat sepakat dengan apa yang disampaikan Warren Buffet, dan hal ini bisa dibuktikan saat ini, dengan berbagai bisnis yang bisa dilakukan saat ini, meskipun saat ini masih pandemi.

Tidak ada yang tidak mungkin, dan sukses hanya berpihak pada siapa saja yang berani dan mau menggunakan peluang untuk mendapatkan sukses tersebut. Masa pandemi menjadi sebuah tolak ukur dimana bisnis bisa terbukti berhasil dan bertahan. Bahkan dengan kondisi saat ini kita bisa memadukan antara bisnis offline dan bisnis online.

Untuk Anda yang ingin masuk dan mengembangkan bisnis, dan saat ini Anda masih bekerja, maka solusi yang bisa diambil adalah dengan menggunakan asset digital, apalagi saat ini sangat mudah menggunakan berbagai piranti teknologi. Kalau Anda beralasan belum bisa, maka jawabannya hanya satu… BELAJARLAH!!! dan SEGERA BANGUN BISNIS yang Anda mau.

Semoga informasi di atas tentang aturan memulai bisnis bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin membangun bisnis. Tetap konsisten, karena langkah kecil akan membawa Anda lebih cepat, dan satu yang harus dicatat bahwa mimpi besar dimulai dengan langkah kecil.


Share

Belum ada Komentar untuk "Aturan Memulai Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel