Aset Digital Pilihan Investasi yang Harus Dilakukan Saat Ini

Aset Digital Pilihan Investasi yang Harus Dilakukan Saat Ini - Masih ingat dengan konsep investasi? Di era digital saat ini, banyak hal dan banyak pilihan yang bisa dilakukan dalam membangun bisnis, khususnya dalam melakukan investasi. Investasi pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menanam modal, baik langsung atau pun tidak langsung, dengan harapan agar pemilik modal bisa mendapatkan hasil berupa keuntungan dari modal yang ditanamkan tersebut. Begitu pula dengan aset yang merupakan sumber ekonomi atau bisa dikatakan sebagai suatu kekayaan dari entitas tertentu yang bisa memberikan nilai ekonomi dan sosial yang bisa diukur dengan uang.

Berbicara tentang digital, tentunya hal ini menjadi semakin menarik, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini yang tidak tahu kapan berakhirnya, hal ini menuntut dan menjadikan para pelaku bisnis untuk bisa mendapatkan alternatif pebghasilan dengan cara yang berbeda. Maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan investasi pada sektor digital, khususnya pada aset digital.

Aset Digital adalah Solusi Investasi di Masa Pandemi

Siapa yang mengira kalau pandemi memberikan efek yang luar biasa yang berefek pada berubahnya pola hidup, khususnya di sektor bisnis dan investasi. Kalau dahulu menjadi seorang entrepreneur menjadi sebuah pilihan terbaik, karena dengan menjadi entrepreneur memberikan harapan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas, berbeda saat hanya menjadi seorang karyawan. Berbeda dahulu, berbeda dengan sekarang. Saat ini, setiap orang berusaha dan berupaya mencari alternatif investasi yang tidak melibatkan pertemuan dengan banyak orang, khususnya untuk menghindari kontak dengan orang lain, karena efek wabah pandemi yang masih mengkhawatirkan.

Aset Digital adalah Solusi Investasi di Masa Pandemi
Ilustrasi (Sumber gambar: istockphoto.com)

Aset digital menjadi sebuah solusi di atas keraguan setiap orang untuk mendapatkan penghasilan di masa pandemi. Aset digital mengutip dari money.kompas.com, merupakan aset yang memiliki cakupan yang tidak hanya sebatas uang saja, namun juga sesuatu hal yang bernilai emosional, bersifat pribadi dan juga rahasia. Aset digital bisa dicontohkan dengan akun sosial media, blog termasuk dengan domain pribadi atau pin ID untuk bisa mengakses game online.

Baca juga: Membangun Aset Digital dengan B2B Marketplace.

Terdapat beberapa jenis asset digital yang bisa menjadi pilihan investasi saat ini, apalagi di masa pandemi yang dikutip dari cermati.com, yaitu 

  1. Bitcoin. Aset yang satu ini masih menjadi perdebatan di antara banyak pihak, apalagi aset crypto currency ini tidak dilindungi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), karena dianggap investasi yang sangat berisiko dan juga dikendalikan oleh miliarder. Bila dibanding dengan mata uang, Euro dan Dolar Amerika, nilai tukar Bitcoin masih sangat tinggi. Namun, tetap kurang aman bila menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang, meskipun peminatnya masih tinggi.
  2. Caviar. Adalah kombinasi antara aset crypto dengan penghasil pendapatan yang stabil. Risiko investasi caviar masih lebih kecil bila dibanding dengan Bitcoin. Selain itu yang menarik, Caviar memberi manfaat seperti stabil, dikelola pihak yang berpengalaman, dan transparan. Untuk Anda yang ingin bergabung, sama halnya dengan konsep saat akan melakukan investasi, disarankan untuk mempelajari konsep dan mekanisme investasi Caviar terlebih dahulu, kesalahan dalam berinvestasi pada Caviar dikhawatirkan bisa menimbulkan kerugian.
  3. Afiliasi pada E-Commerce. Cara ini menjadi sebuah pilihan yang bisa dipilih dibanding dua hal diatas yang memiliki risiko yang sangat tinggi. Afiliasi mejadi sebuah pilihan yang bisa Anda lakukan sambil mengelola blog dan juga akun Youtube yang Anda miliki. Dengan bergabung menjadi afiliasi, Anda akan mendapat komisi jika link afiliasi diklik pengunjung dan berbelanja melalui link yang diberikan. Link Afiliasi juga dimasukkan sebagai aset digital  karena secara tidak langsung bisa menghasilkan pundi-pundi uang.
  4. Banner Iklan. Memiliki blog dan akun Youtube menjadi salah satu pilihan yang harus dilakukan dan menjadi pertiMbangan apalagi di era pandemi seperti saat ini. Dengan membangun dan memiliki blog yang menarik, akan menjadi salah satu investasi untuk Anda, apalagi blog dan Youtube yang Anda miliki sudah dipasang jaringan iklan, seperti Adsense.
  5. Saham dan Reksadana. Menarik sekali, mengapa saham dan rekasadana bisa dikategorikan sebagai aset digital? Hal ini disebabkan pembelian dua instrument investasi tersebut bisa dilakukan secara online melalui sebuah sekuritas. Harga saham yang dibeli pun memiliki harga yang sama antara yang dilakukan secara online dan offline, sehingga investasi yang dilakukan tidak akan dirugikan karena adanya perbedaan metode pembelian.

Opini

Dari beberapa hal diatas, aset digital menjadi pilihan investasi yang harus dilakukan saat ini. Selain harus dilakukan, namanya investasi, proses untuk mendapatkan penghasilan dengan investasi tidak bisa didapatkan secara instan. Oleh karena itu, harus dilakukan saat ini. Dari beberapa hal di atas terdapat 3 hal yang menurut saya bisa menjadi rekomendasi, yaitu berinvestasi di saham, membangun blog atau Youtube dan dipasangi iklan, dan mengikuti link afiliasi untuk mendapatkan penghasilan. Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari investasi berupa aset digital.


Share

Belum ada Komentar untuk "Aset Digital Pilihan Investasi yang Harus Dilakukan Saat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel