Tips Sukses Bisnis Membuka Angkringan di Masa Pandemi Covid-19

Tips Sukses Bisnis Membuka Angkringan di Masa Pandemi Covid 19 - Siapa yang mengira kalau virus corona bisa mengubah segalanya? Bahkan yang dulunya pernah memiliki jabatan tinggi di sebuah perusahaan, harus dengan rela melepasnya karena perusahaan tempatnya bekerja harus tutup, bahkan sudah tidak mampu menggajinya dengan jumlah yang diterimanya, dan bahkan banyak cerita yang mengharuskan seseorang yang bekerja menjadi karyawan harus menjadi seorang ojek online karena pabrik tempat dia bekerja harus tutup karena tidak adanya order di pabrik tempatnya bekerja, dan masih banyak cerita yang sama. Namun, dibalik sebuah masalah pasti ada sebuah peluang yang bisa diambil, meskipun saat ini dalam keadaan sulit, pasti masih ada cara dan peluang untuk bisa menghasilkan pendapatan, membuka angkringan salah satunya.

Pasti banyak yang bertanya mengapa harus memilih bisnis angkringan? Bukankah saat ini semua orang sedang mengalami masa yang sulit. Hhmmm… Jadi begini, meskipun saat ini, semua mengalami efek luar biasa karena pandemi ini, namun tidak semua mengalami efek yang sama. Dan satu hal, sifat manusia adalah selalu ingin tahu dengan adanya hal baru. Hal inilah yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membuka bisnis angkringan. Yang perlu disadari adalah saat ini angkringan bisa dibuka dengan berbagai banyak model, baik menu makanan, konsep, minuman yang disajikan, atau bahkan model penyajiannya.

Bukankah membuka usaha kuliner adalah usaha yang ribet? Kalau Anda memiliki pandangan seperti ini, berarti sama, semua pengusaha kuliner pasti merasakan hal yang sama, apalagi semuanya dilakukan sendiri, begitu pula saat di awal-awal bisnis kuliner dibuka dan modal masih sangat minim sekali. Namun keyakinan bahwa masih ada peluang dan kesempatan dibalik suatu masalah akan memberikan efek semangat yang luar biasa dalam membangun bisnis.

Tips Bisnis Sukses Membuka Bisnis Angkringan

Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan, dan banyak cara untuk membangun bisnis. Dari berbagai bisnis yang pernah dicoba dan setelah sering sharing dengan banyak kawan yang sudah menggeluti bsnis, maka bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tahan banting. Kenyataan dilapangan menunjukkan, meskipun terjadi penurunan, baik omset ataupun ekutnungan, bisnis kuliner masih bisa bertahan. Dan menurut pemilik franchise nasi kucing Angkringan 78, Triangga Bayu, diantara bisnis kuliner yang masih bisa memberikan keuntungan dan bisa dibuka dengan modal minim, maka bisnis angkringan dengan fokus pada nasi kucing sebagai produk andalan, bisnis ini sepertinya masih bisa dibuka, apalagi untuk Anda yang mampet kreativitas dan bingung ingin membuka bisnis apa.

Contoh angkringan di Kota Probolinggo, Jawa Timur;Tips Sukses Bisnis Membuka Angkringan di Masa Pandemi Covid-19;Tips Bisnis Sukses Membuka Bisnis Angkringan;
Contoh angkringan di Kota Probolinggo, Jawa Timur

Sebenarnya tidak ada batasan ingin berdagang dengan konsep apa dan jenis kuliner apa yang bisa diperjualbelikan, selama Anda mau segera praktek langsung, karena semua itu tergntung dari dana dan kemampuan yang dimiliki, mau dimulai dari modal kecil, bisa, atau mau dimulai dengan modal yang sangat besar, malah bisa banget.

Bahkan mau buka angkringan dengan konsep bintang lima atau model kaki lima, semua suka-suka saja, mau menambahkan menu apa saja, “Boleh”, asalkan makanan dan minuman halal. Mau dikombinasi  dengan bisnis lain, "Bisa", jam operaional angkringan pun sangat fleksibel, mau pagi sampai sore, siang sampai malam, sore sampai malam, bahkan pagi sampai pagi lagi. Silahkan. 

Baca juga:

Untuk harga dan takut tidak laku… “IMPOSIBLE” …karena harganya sangat murah, belum lagi antara yang jualan sama yang beli perbandingannya masih 1:1000, artinya kompetitornya masih minim sekali. Selain itu, angkringan nasi kucing merupakan bisnis kreativitas yang didalamnya terdapat sisi kreativitas, sehingga omzet angkringan nasi kucing bisa dikatakan tidak terbatas. 

Tips Sukses Bisnis Kuliner Angkringan

Terdapat banyak hal yang harus diperhatikan, selain niat dan keberanian, juga keyakinan untuk sukses  menjadi motivasi besar untuk membangun bisnis kuliner angkringan. Kalau ada yang bilang, bisnis angkringan hanya bisnis kecil, tenang saja, dari yang kecil, Anda akan bisa memulai merencanakan dan mulai memikirkan bisnis besar lainnya.

Bahkan banyak motivasi bisnis yang mengatakan:

Kalau mau mulai berbisnis, mulailah  dari skala kecil.

Sepertinya kata-kata ini sering didengar, dan ada benarnya. Terdapat beberapa pelajaran yang bisa diambil dari motivasi tersebut, antara lain:

  1. Dari motivasi tersebut, tenyata bisa mengoptimalkan segala daya yang sudah dimiliki, misalnya perlengkapan yang sudah ada di rumah, lokasi usaha, jaringan pertemanan, keahlian, dan banyak hal lainnya.
  2. Dengan memulai dari skala kecil, tidak dibutuhkan modal besar terlebih dahulu.
  3. Dengan memulai dari skala yang lebih kecil, bisa belajar prinsip kehati-hatian, kecermatan dalam pemilihan strategi dan arah bisnis yang diutamakan, artinya tidak hanya sekedar terbawa emosi belaka.
  4. Terdapat sisi tantangan yang harus bisa dilakukan dengan mengubah keterbatasan menjadi sebuah peluang.
  5. Bisa menggali kreativitas yang harus digali  untuk menghadapi keterbatasan dalam membangun usaha.

Oleh karena itu, mulailah melakukan action bisnis, meskipun dari skala kecil, dan yang perlu dicatat adalah jangan pernah meremehkan bisnisnya, karena meskipun masih skala kecil, tetapi kalau dilakukan dengan pemikiran besar, maka bisnis skala kecil tersebut bisa dikembangkan sehingga bisa menjadi besar skalanya.

Selain action, menanamkan rasa yakin dan percaya bahwa bisnis yang dibangun bisa sukses menjadi kunci untuk sukses, antara lain:

  1. Saya percaya, hanya Tuhanlah yang tahu kita akan sukses atau tidak.
  2. Saya percaya, Tuhan lebih suka melihat orang berusaha daripada hanya menyaksikan orang yang bermimpi berkeinginan saja tanpa pernah melakukan action nyata.
  3. Saya percaya Tuhan akan memberikan jutaan solusi untuk semua masalah yang dihadapi.
  4. Saya percaya, kita semua bisa sukses dan bahagia bersama.
  5. Saya percaya, Tuhan akan merubah, mereka yang mau berubah.
  6. Saya percaya Tuhan sudah menunjuk Anda sebagai "jembatan" kebahagiaan untuk banyak orang.

Kalau ada yang mengatakan, saat ini masih pandemi dan juga mulai masuk musim hujan, menghadapi seperti ini hanya ada dua pilihan, tetap membuka bisnis dengan risiko hujan sebagai tantangan atau membuka bisnis setelah musim hujan selesai dengan risiko sudah ada yang membuka bisnis yang Anda impikan.

Berbicara tentang musim, khususnya musim hujan yang sering menjadi sebuah kendala dalam berbisnis kuliner, sebentar lagi sudah mendekati musim penghujan dan juga menjadi puncak dari musim penghujan, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan kalau Anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner, khususnya angkringan dalam waktu dekat, yaitu:

  1. Persiapan mental, mental siap gagal atau siap untuk sukses.
  2. Persiapan modal usaha.
  3. Persiapan sumber daya manusia yang dibutuhkan.
  4. Persiapan team kerja.
  5. Persiapan sistem usaha.
  6. Persiapan keahlian.
  7. Persiapan promosi, baik offline dan online.
  8. Menjalin komunikasi dengan intens pada pihak-pihak yang akan berhubugan dengan bisnis yang akan dijalankan.

Sebenarnya banyak keuntungan mempersiapkan segalanya lebih dini, termasuk mempersiapkan saat musim penghujan, kalau semua sudah disiapkan, saat musim kemarau datang, maka Anda sudah siap 99% dan pada saat berikutnya Anda bisa langsung tancap gas untuk memulai usaha angkringan yang telah dimulai tersebut.

Apa yang terjadi kalau tidak ada persiapan  dan angkringan yang ingin dibuka hanya sekedar dibuka?

  • Impian sukses dan impian kaya hanya tinggal impian, karena semuanya perlu dipersiapkan dengan detail.
  • Kalau pun jadi buka usaha, kemungkinan gagal akan lebih besar karena semua hal dilakukan serba seadanya dan srudag srudug atau hanya asal jalan.
  • Uang akan terpakai terus untuk hal-hal yang tidak penting.

Memang dalam membuka bisnis, dibutuhkan persiapan, kerelaan hati dan fokus untuk memulai usaha. Dalam memulai atau mengembangkan bisnis, salah satu penyakit akut yang sangat mengganggu performa bisnis adalah adalah menyepelekan atau menganggap remeh pada hal-hal kecil.

Banyak yang memiliki obsesi dan mematok goal atau tujuan bisnis yang tinggi, namun hal kecil sering tidak diperhatikan. Ibarat sepeda motor, hal kecil ini bisa berupa melakukan cek angin pada ban, lupa melakukan service rutin. Dengan memperhatikan hal-hal kecil, hal ini menjadi cara paling mudah untuk menaklukkan tantangan yang lebih besar. 

Semoga “Tips Sukses Bisnis Membuka Angkringan di Masa Pandemi Covid 19” bermanfaat untuk Anda, yang bingung untuk memulai bisnis atau sedang bersemangat untuk ingin membuka bisnis angkringan. 



Share

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Bisnis Membuka Angkringan di Masa Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel