Penyesalan Tidak Mulai Berbisnis di Saat Muda

Penyesalan Tidak Mulai Berbisnis di Saat Muda - Penyesalan selalu datang di akhir, hal inilah yang sangat sering terjadi, apalagi yang berhubungan dengan hidup. Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pekerjaan, sangat sering kita terlena hanya fokus pada pekerjaan untuk membesarkan perusahaan atau bisnis orang lain, padahal pada suatu saat nanti, mau tidak mau, setuju atau tidak setuju, pada akhirnya harus berhenti bekerja karena waktu, bisa karena pensiun secara alami atau karena harus diberhentikan secara mendadak. Seperti yang terjadi saat ini, saat wabah pandemi Covid-19 merubah segala sendi kehidupan yang banyak diantaranya harus berhenti bekerja karena perusahaan tempatnya bekerja sudah tidak bisa memberikan gaji lagi, barulah disaat itu pikiran mulai terbuka dan mulai timbul penyesalan  mengapa tidak memulai membuka usaha di saat masih kuat atau dengan berbagai alasan lainnya.

Pengalaman berinteraksi dengan teman yang saat ini masih menikmati menjadi karyawan, banyak sekali alasan yang dikemukakan saat diingatkan untuk segera mulai berbisnis. Alasan yang sering disampaikan biasanya masih sibuk berkarir, nanti saja menunggu tua, namun alasan yang paling umum adalah “aku tidak punya pengalaman berbisnis”. Pada intinya ketakutan untuk memulai sesuatu dan masih berada di zona nyaman menjadikan mereka terlena bahwa waktu begitu cepat dan kesuksesan bisnis tidak bisa diperoleh sehari semalam.

Alasan Tidak Berani Memulai Bisnis

Pada dasarnya diantara semua alasan yang sering dikemukakan adalah faktor zona nyaman. Kenyamanan memang bisa membuat seseorang tidak bisa move on, apalagi kekhawatiran kegagalan yang sering dan selalu terbayang bahwah memulai bisnis tidak semudah harapan. Sebenarnya hal yang paling utama yang harus disadari adalah lebih baik memulai bisnis sambil jalan dengan tetap bekerja ditempat yang saat ini, sehingga sedari awal tahu bagaimana menjalankan bisnis. 

Penyesalan Tidak Mulai Berbisnis di Saat Muda;Alasan Tidak Berani Memulai Bisnis;
Ilutrasi penyesalan tidak memulai berbisnis di saat muda (Sumber gambar: pixabay.com)

Kebanyakan yang sering terjadi pada para pensiunan yang baru memulai bisnis adalah ketidaksiapan akan kegagalan yang terjadi, apalagi uang persiapan pensiun harus terserap pada modal bisnis, hal ini mejadi hal utama ketakutan untuk berbisnis, ya kalau langsung sukses, kalau gagal?

Satu yang perlu menjadi pegangan adalah:

Rasa minuman Pocari Sweat yang biasa diminum saat ini merupakan hasil dari 1000 kali percobaan yang gagal. Gagal adalah sesuatu yang wajar, yang tidak wajar adalah TIDAK MAU MENCOBA.”

Dalam perjalanan hidup, khususnya memulai bisnis, pasti tidak semudah yang diimpikan, keyakinan, semangat, ketekunan menjadi kunci sukses untuk memulai bisnis.

Penyesalan yang Sering Terjadi di Umur 40

Masih ingat dengan tulisan Seno Gumira Ajidarma, berikut ini:

Alangkah mengerikannya menjadi tua dengan kenangan masa muda yang hanya berisi kemacetan jalan, ketakutan datang terlambat ke kantor, tugas-tugas rutin yang tidak menggugah semangat, dan kehidupan seperti mesin, yang hanya akan berakhir dengan pensiun yang tidak seberapa.”

Kalau Anda ingat berarti saat ini Anda sudah mulai memikirkan apa dan persiapan apa yang harus dilakukan, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Apa pun pasti dimulai dari hal kecil, alangkah baiknya kalau saat ini kita bersusah payah dan bercapek-capek dahulu memulai membangun bisnis, meskipun terdapat kekhawatiran gagal, daripada saat pensiun muncul penyesalan yang dalam, apalagi uang atau gaji pensiunan sudah tidak seberapa dibanding yang didapat saat masih produktif dulu.

Baca juga: Motivasi Sukses.

Godaan, kekhawatiran, dan halangan untuk memulai memang selalu dan sering terjadi, apalagi ekosistem Anda yang tidak mendukung untuk tumbuh kembangnya pemikiran hal yang berbeda. Biarkan yang lain berjalan sesuai dengan yang berlaku, namun Anda jangan.

Berhematlah ketika mereka boros. Bangunlah ketika mereka masih tertidur. Belajarlah ketika mereka sibuk bermain. Bekerjalah ketika mereka istirahat. Dalam 5 tahun, Anda akan melihat perbedaan besar antara Anda dan mereka.”

Tentunya semua harus dilakukan, kebanyakan orang apakah sebelum pandemic terjadi atau saat wabah Covid 19 ini melanda, pasti menjalani siklus hidup yang rutin atau melakukan rutinitas yang sangat membosankan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Siklus kehidupan yang membosankan;Penyesalan Tidak Mulai Berbisnis di Saat Muda;Alasan Tidak Berani Memulai Bisnis;Penyesalan Yang Sering Terjadi di Umur 40;
Siklus kehidupan yang membosankan (Sumber gambar: Bisnis Bareng Bram)

Apakah mau melakukan hal yang sama seumur hidup? Mungkin empat penyesalan yang sering terjadi saat umur 40 tahun ini bisa menjadi pertimbangan agar Anda mau memulai dari sekarang membangun bisnis, sebagai berikut:

  1. Tidak mengambil keberanian mengejar mimpi.
  2. Tidak belajar mengenal pengaturan uang.
  3. Menghabiskan dan menyia-nyiakan waktu.
  4. Menunggu dan menunda hidup sehat.

Jadi masih mau menunda waktu untuk membangun bisnis? Semoga sedikit tulisan “Penyesalan Tidak Mulai Berbisnis di Saat Muda” ini bermanfaat unuk Anda dan bisa menginspirasi Anda untuk mulai membangun bisnis.


Share

Belum ada Komentar untuk "Penyesalan Tidak Mulai Berbisnis di Saat Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel