Mengapa Banyak Orang Belum Bisa Memulai Bisnis

Berbicara itu mudah, tetapi melaksanakannya yang sulit. Hal itu juga berlaku dengan bisnis, banyak orang yang pintar berkomentar, usaha ini itu, seharusmya membuaka usaha ini karena ini yang trend, namun bila ditanya sudah usaha apa, pasti hanya tersenyum kecut, atau menjawabnya dengan nanti saja kalau sudah mendekati waktu pensiun. Hal inilah yang menyebabkan mengapa banyak orang belum bisa memulai bisnis, disebabkan banyak alasan yang dikemukakannya.

Memang setiap orang berbeda-beda, ada yang beralasan bahwa dia lebih cocok menjadi karyawan saja atau tidak memiliki bakat untuk menjadi seorang pengusaha, ada yang menganggap bahwa setiap orang diberikan kemampuan berbeda-beda, tetapi sadarkah bahwa tidak selamanya Anda dan mereka akan menjadi seorang karyawan, ada waktunya nanti akan mengalami pensiun, atau tidak secara sengaja harus berhenti menjadi seorang karyawan. Selain itu juga, yang patut dipahami adalah bisnis itu membutuhkan poses yang panjang dan kesabaran yang luar biasa, hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang pensiun dan membuka bisnis akhirnya banyak yang tutup karena tidak memiliki pengalaman berbisnis.

Mengapa Banyak Orang Belum Bisa Memulai Bisnis
Sumber gambar: pixabay.com

Alasan Belum Memulai Bisnis

Banyak orang pintar, punya uang banyak, banyak relasi, bahkan dengan gelar S1 atau S2 yang dimilikinya, namun tidak bisa memulai bisnis atau bahkan tidak pintar mengelola bisnis. Mengapa demikian?

  1. Karena terlalu pintar maka terlalu banyak analisa, seperti yang dikatakan Om Bob Sadino, "Bisnis itu dijalankan baru dianalisa, kalau belum jalan atau belum buka sudah dianalisa, ya, tidak ada manfaatnya.”
  2. Karena sudah punya uang banyak maka tidak mau bersusah payah, apalagi untuk membangun bisnis. Kalau seperti itu alangkah baiknya bila motivasinya untuk membuka bisnis diubah menjadi membuka bisis untuk berbagi rejeki, berbagi peluang kerja, berbagi ilmu yang nantinya akan berkah.
  3. Bisa saja terlalu malas untuk menerima ilmu baru, karena sudah merasa pintar, maka hanya untuk menerima masukan dan kritikan saja sudah marah, apalagi untuk menerima ilmu baru.
  4. Terlalu pelit, karena merasa harta yang sudah didapatnya adalah hasil kerja kerasnya selama ini, sehingga sayang untuk dikeluarkan apalagi untuk membuka usaha, dengan ketakutan akan rugi kalau untuk buka usaha.
  5. Memiliki rasa iri yang besar, sehingga inginnya buka bisnis bisa langsung sukses, ingin serba instan. padahal mie instan saja membutuhkan dimasak terlebih dahulu sebelum bisa dinikmati. Artinya ada proses yang harus dilalui sebelum menikmati keberhasilan.
  6. Terlalu mengandalkan kerajaan bisnis yang diwariskan orang tua, sehingga merasa tidak perlu jatuh bangun lagi.

Baca juga: Gaya Hidup Sederhana Namun Kaya.

Namun yang berbeda dengan alasan tersebut di atas, banyak pedagang kecil yang malah sukses bisnisnya, mengapa demikian? karena kekepet atau terpakasa, kepepet harus hidup, sehingga segala daya upaya serta apa yang dimililki harus dimaksimalkan. Kepepet untuk bertahan hidup, harus menafkahi keluarga, harus membayar berbagai pengeluaran bulanan apalagi terpanggil untuk berbagi.

Semoga anda bisa menambil hikmah dari sedikit tulisan di atas, dan mengapa banyak orang belum bisa memulai bisnis ini bisa memberikan dorongan untuk Anda agar sudah mulai dan membangun bisnis yang anda inginkan.


Share

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Banyak Orang Belum Bisa Memulai Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel