Tips Memulai Belajar Bisnis

Sering kali kita mendengar keinginan dan harapan teman-teman kita yang saat ini masih berstatus karyawan untuk memiliki bisnis sendiri. Namun setiap ditawari berbagai macam bisnis, jawabannya “masih bingung”. Saya sendiri juga meyakini bahwa merintis bisnis bukan hal yang mudah. Apalagi bagi anda yang belum pernah mencoba bisnis apa pun dan terbiasa bekerja untuk orang lain. Tentunya banyak hal yang harus dilakukan. Mereka yang masih berstatus karyawan biasanya hanya melihat dari kulit saja, bahwa memiliki usaha sendiri sangat enak, tidak terikat waktu dan memiliki uang yang banyak, padahal apa yang dibayangkan tidak seindah apa yang dilihat. Banyak cara dalam memulai bisnis, berikut ini akan disampaikan tips memulai belajar bisnis, khususnya bagi anda yang masih awal mengenal bisnis.

Sebenarnya cara yang paling mudah untuk memulai bisnis adalah bertanya pada diri anda sendiri, apa yang anda sukai atau bisa memulai ide bisnis yang berasal atau mendekati hobi anda. Dengan status anda yang masih menjadi karyawan tentunya tidak ada ruginya masuk ke bisnis yang searah dengan hobi anda. Yang pertama, anda bisa belajar untuk berani memulai bisnis, yang kedua anda bisa lebih mengenal hobi anda. Apalagi membuka bisnis atau usaha sendiri membutuhkan waktu dan proses, tidak bisa instan.

Cara Belajar Memulai Usaha Sendiri

Biasanya sebelum memulai, pasti anda memikirkan banyak hal yang harus anda persiapkan, mulai dari ide, infrastruktur, atau bahkan modal. Apalagi setelah waktu berjalan, anda memikirkan modal yang dikhawatirkan tidak cukup untuk memulai bisnis. Saya yakin, ujung-ujungya anda tidak akan mulai mencoba bisnis.

Memulai belajar bisnis angkringan;Tips Memulai Belajar Bisnis;Cara Belajar Memulai Usaha Sendiri;
Memulai belajar bisnis angkringan (Sumber gambar: kudus-oke.blogspot.com)
Cara yang paling mudah sebenarnya adalah juallah yang sederhana, menjual sesustu yang sederhana saja saat ini masih laku, jadi anda tidak perlu pusing untuk mencari ide bisnis yang lain. Banyak cara, kalau misalnya istri anda hobi memeasak, anda bisa menciptakan usaha sendiri di rumah dengan membuka ghost kitchen, yaitu sebuah konsep membangun bisnis dari rumah dengan menjual kuliner sederhana dengan menggunakan jasa online yang didaftarkan pada aplikasi online, dan juga bekerjasama dengan ojek online, misalnya dengan Go-Food atau pun Grab Food.

Cara ini cenderung mudah, karena anda tidak perlu menyewa tempat usaha atau ruko. Anda tinggal mendaftarkannya melalui aplikasi. Atau anda bisa mencoba ide lain dengan membuat “Angkringan Online”, dengan berjualan kuliner angkringan, mulai dari nasi kucing kekinian, gorengan, lauk, dan bahkan minuman yang dimodifikasi dengan gelas plastik dan minuman ala Jawa lainnya.


Cara Belajar Memulai Bisnis Angkringan Online

Ide ini sebenarnya sudah ada dibenak saya sejak munculnya ojek online yang menawarkan berbagai fasilitas melalui aplikasi. Bagi anda yang baru belajar bisnis menurut saya sangat terbantu. Dan dari jaman dahulu sampai sekarang bisnis kuliner masih menjadi bisnis yang langgeng, artinya bisnis ini masih menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Kalau anda menganggap bahwa yang jualan nasi angkringan atau yang memiliki angkringan sudah banyak, kemudian menganggap peluangnya tipis, maka buatlah sesuatu yang berbeda. Buatlah bentuk nasi kucing dengan aneka macam jenis. Atau anda bisa mengkombinasikan dengan jenis-jenis kuliner lainnya, Guys sekarang sudah jaman internet, di Instagram contoh membuat ragam jenis nasi sangat banyak, anda bisa memodifikasi sesuai kemampuan anda.

Baca juga: Cara memulai bisnis online.

Jangan menganggap bahwa yang usaha banyak, kemudian menjadikan nyali berbisnis anda surut. Guys, jumlah penduduk Indonesia masih banyak, dan membutuhkan makan, apalagi progam KB juga masih belum sukses. Dan perbandingan antara penduduk yang butuh makan dengan yang jualan makan masih sedikit, kesimpulannya, masyarakat masih kekurangan orang-orang yang menyediakan makanan, Sehingga bisnis kuliner saat ini masih menjanjikan.

Dari hal tersebut bisa dibilang, bahwa bisnis kuliner masih menjanjikan, apalagi anda bisa memulai dengan  hal yang sederhana dengan biaya yang terjangkau, bahakan anda bisa menjualnya di teras rumah, di garasi, di kios atau menyewa ruko kalau sudah mampu.

Kalau anda masih bekerja, dan masih ragu untuk mengelolanya sediri, solusinya cukup mudah, anda tinggal membuat sistem, dan bisa mengajak dan juga memberdayakan orang-orang disekitar anda, bisa dimulai dari keluarga, tetangga atau pun teman anda sendiri yang membutuhkan pekerjaan.
Jadi kesimpulannya, bisnis apa pun walaupun dengan ukuran yang sederhana dan kecil masih berpeluang untuk bisa menjadi bisnis besar, sehingga anda tidak perlu berpikir yang rumit. Oke, selamat memulai belajar bisnis, semoga anda yakin dan segera sukses. Terima kasih dan salam.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memulai Belajar Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel