Tips Menghadapi Rasa Jenuh Kerja dan Menumbuhkan Rasa Suka Pada Bisnis

Berbicara tentang pekerjaan, berarti berbicara tentang rutinitas yang dilakukan sehari-hari, apalagi bekerja adalah suatu cara untuk mendapatkan penghasilan. Bagi anda yang masih baru bekerja atau bisa disebut sebagai karyawan baru, tentu pekerjaan baru dan bekerja di lingkungan baru menjadi sangat menyenangkan, namun jika anda sudah lama bekerja dan sering terjebak pada rutinitas, dengan tugas yang banyak dan menumpuk, deadline pekerjaan yang selalu mengejar, tentunya hal ini menyebabkan rasa jenuh luar biasa. Sebenarnya jenuh adalah hal yang wajar, namun harus segera dicari solusi yang tepat. Berikut ini akan diberikan tips menghadapi rasa jenuh kerja dan tips untuk menumbuhkan rasa suka pada bisnis, sehingga diharapkan bisa memberikan solusi praktis bagi anda dalam menghadapi rasa jenuh yang melanda.

Jenuh dan bosan dalam menghadapi rutinitas menjadi hal yang paling sering kita hadapi, khususnya bagi anda yang bekerja atau berprofesi sebagai karyawan. Sebenarnya banyak cara dan tips praktis yang bisa kita baca dan bisa dicari diinternet dalam menghadapi rasa jenuh, namun semuanya itu berpulang pada diri masing-masing, terutama bagaimana cara cepat agar rasa jenuh bisa hilang. Apabila rasa jenuh semakin dalam, solusi yang paling bagus adalah mulai belajar untuk mengalihkan rasa jenuh tersebut pada bidang lain, misalnya mulai menyukai atau belajar tentang bisnis. Ada yang bilang bahwa rasa ingin belajar bisnis sama dengan melepaskan peluang untuk menikmati rasa nyaman dan rasa aman dalam hidup. Namun bertentangan dengan hal tersebut, keluhan akan kerja yang hanya itu-itu saja, menjadikan anda harus mulai bersikap untuk mengatasi hal  ini.

Tips Menghadapi Rasa Jenuh Kerja dan Menumbuhkan Rasa Suka Pada Bisnis
Gambar ilustrasi (Sumber gambar: lemauricien.com)

Tips Mengatasi Rasa Jenuh Kerja

Jenuh, sebenarnya hal yang wajar dan hal yang normal, apalagi kalau yang dikerjakan dan dilakukan adlah  pekerjaan yang sifatnya rutinitas. Saya sendiri yakin, bahwa anda yang sedang membaca tulisan ini pasti mengalami hal yang sama. Semua orang pasti pernah bahkan sering dilanda kejenuhan, baik yang bekerja sebagai supporting bisnis atau anda yang memiliki profesi bahkan pekerjaan yang  berhubungan dengan client pasti pernah merasakan kejenuhan. Sebenarnya semua itu sama, tergantung siapa dan bagaimana, serta cara kita dalam melihat sehingga bisa memiliki solusi agar jenuh bisa perlahan hilang.

Ada cerita, tentang seorang kawan yang telah bekerja disebuah perusahaan selama 10 tahun, dengan pekerjaan dan gaji yang luar biasa. Namun terdapat hal yang  berbeda dengan teman saya ini, teman saya ini memiliki asisten yang sengaja dididik, sehingga bisa memiliki keahlian dan skill seperti kawan saya, setelah semua asisten menjadi ahli dan pintar, kawan saya ini merasa seperti makan gaji buta, sehingga yang dilakukannya tiap hari hanya facebook-an, main game, bahkan sampai bisa googling peluang usaha. Sampai akhirnya dia mengalami rasa jenuh yang mencapai puncak. Dan pada ujungnya dia pamit untuk resign dengan alasan akan usaha sendiri.

Baca juga: Menguatkan tekad menjadi seorang entrepreneur.

Banyak cara sebenarnya dalam menghadapi rasa jenuh, tanpa anda harus memutuskan untuk resign, antara lain, sebagai beikut:
  1. Beristirahat sejenak. Cara ini adalah cara awal yang bisa anda lakukan saat mengakami rasa jenuh. Istirahat sejenak bisa menjadikan otak anda fresh, sambil mencari hiburan. Bisa juga anda mengajukan cuti 1 sampai 2 hari, agar pikiran bisa fresh, dan saat masuk kerja kembali bisa lebih segar untuk  memulai pekerjaan.
  2. Berupaya mencari penyebab rasa jenuh yang hinggap dalam diri kita. Hal ini sebenarnya tergantung kepada anda, karena tindakan ini adalah suatu pilihan dalam mengatasi rasa jenuh. Dengan mencari penyebab jenuh, diharapkan anda bisa mendapatkan solusi sehingga rasa jenuh bisa diminimalkan. Bisa saja penyebab jenuh bekerja dikantor karena pekerjaan tersebut adalah sekedar rutinitas?. Tugas yang menumpuk?. Teman kerja yang tidak baik dan tidak suport?. Atau bisa saja karena hal lain.
  3. Membuat dan menciptakan suasana menyenangkan saat bekerja. Sebenarnya solusi ini ada pada diri anda sendiri dalam menciptakan suasana atau mood yang menyenangkan sehingga bisa menghindari rasa jenuh berkebihan saat bekerja.
  4. Melakukan sharing dengan kawan atau pimpinan. Hal ini pada kenyataannya sangat jarang dilakukan, bisa karena malu atau tidak mau apa yang terjadi diketahui orang lain. Pengalaman menunjukkan sharing dengan atasan, apalagi kalau atasan anda sangat welcome, pasti akan membantu, setidaknya bisa memberikan solusi, karena seorang atasan yang baik, pasti  memikirkan agar anda tidak terpuruk yang dikhawatirkan malah membuat kinerja anda menurun.
  5. Menjadikan pekerjaan sebagai kenikmatan, bukan sebagai beban. Mungkin ini menjadi solusi yang paling mudah untuk disampaikan kepada anda, apalagi kalau anda tidak  memiliki cara lain sehingga anda harus tetap bekerja pada tempat yang sama. Menikmati pekerjaan yang ada menjadi solusi sementara, sambil anda berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan anda, atau anda tetap bekerja sambil berusaha meningkatkan keahlian, sehingga pada nantinya anda bisa mencari peluang untuk bekerja lebih dari pekerjaan anda yang sekarang.
  6. Langkah terakhir, setelah semua hal di atas tidak bisa mengatasi rasa jenuh yang anda alami, yaitu anda bisa mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan passion anda atau bisa mulai berwirausaha sesuai dengan hobby anda.

Sebenarnya rasa jenuh kerja pasti menghampiri siapa saja yang bekerja. Pada kenyataannya, banyak hal yang menjadi alasan meskipun selalu mengatakan masih cinta dengan pekerjaannya yang ditinggalkan, dengan alasan jenuh, monoton, ya gitu-gitu saja, ingin menyampikan ide ujung-ujungnya mentok karena aturan ini itu. Maka solusinya adalah berwirausaha sendiri. Terdapat perbedaaan antara bekerja sendiri atau sebagai wirasawasta dengan menjadi seorang karyawan kantor, yaitu sorang wiraswasta mudah untuk mengusir dan mencari solusi rasa bosan kerja .

Tips Menumbuhkan Rasa Mulai "Suka" Pada Bisnis

Tips ini saya dapatkan dari seorang mentor yang telah berpengalaman pada sebuah usaha kuliner, yang memiliki franchies hampir di seluruh Indonesia. Terdapat beberapa tips untuk menumbuhkan rasa suka pada bisnis, antara lain:
  1. Mulai membiasakan diri membicarakan potensi bisnis.  Cara ini menjadi cara yang paling mudah untuk menumbuhkan semangat wirausaha, apalagi bagi anda yang dalam kehidupan keluarga belum pernah memiliki usaha. P otensi bisnis yang dibicarakan, minimal bisnis sampingan untuk menambah ekonomi keluarga.
  2. Bergabung dengan komunitas pelaku usaha. Cara ini menjadi solusi bagi anda yang belum berkeluarga, yaitu bergabung dengan komunitas pelaku usaha, baik dengan teman pelaku usaha atau bergabung dengan komunitas pelaku usaha di jejaring soasial diinternet, yang minimal anda bisa mengetahui potensi bisnis atau merasakan ingin membuka usaha meskipun dari nol.
  3. Mulai Membiasakan diri untuk membuka diri dan berdiskusi tentang peluang usaha. Cara ini merupakan salah satu cara untuk membangun pondasi untuk membangun rasa "suka" untuk mulai berwirausaha.

Itu dia beberapa tips bisnis untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan kerja dan juga tips untuk mulai menyukai bisnis. Semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghadapi Rasa Jenuh Kerja dan Menumbuhkan Rasa Suka Pada Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel