Tips Mengapa Harus Membuka Usaha Sendiri

Berbicara tentang bekerja, pasti tujuannya adalah untuk mendapatkan pemasukan atau penghasilan berupa uang, yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari, entah untuk membiayai sekolah anak, untuk keperluan makan sehari-hari atau bahkan untuk menikmati hidup. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan uang, entah itu bekerja kepada orang lain sebagai karyawan atau berusaha sendiri sebagai wirausaha. Dan setelah berjalannya waktu, terkadang kita ingin berusaha sendiri, namun masih ragu untuk memulai. Tips mengapa harus membuka usaha sendiri ini sepertinya pas sekali untuk anda baca, sehingga anda bisa mendapatkan informasi dan motivasi untuk memulai usaha.

Sebenarnya semua orang memiliki pemikiran yang sama, yaitu ketika lulus sekolah atau kuliah, mengharapkan untuk bisa bekerja di perusahaan bonafit atau perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang diharapkan bisa menjamin kehidupan sehari-hari, atau bahkan dengan uang yang didapatkan dan juga bonus, bisa digunakan untuk membeli rumah atau bahkan mobil. Namun hal berbeda terjadi, ketika yang diharapkan tidak kunjung terkabul, jabatan yang mentok itu-itu saja, atau terjadi hal yang tidak diharapkan, misalnya terjadi perampingan usaha, sehingga membuat anda harus pensiun dini.

Tips Mengapa Harus Membuka Usaha Sendiri
Gambar ilustrasi (Sumber: pixabay.com)
Oleh karena itu terdapat hal-hal yang harus diperhatikan, ketika  memutuskan untuk  membuka usaha sendiri:

1. Komitmen Bekerja Secara Profesional.

Ketika kita memutuskan untuk bekerja diperusahaan besar, secara penuh, hidup kita, kita dedikasikan kepada perusahaan. Dengan kinerja yang baik, dan hasil yang maksimal, maka perusahaan tempat kita bekerja bisa memperoleh profit yang besar juga. Perusahaaan pun menjadi besar dikarenakan komitmen kita untuk bekerja secara profesional.

Begitu juga dengan perusahaan, perusahaan pun tidak serta merta langsung menjadi besar, pasti melalui berbagai tahap, bahkan banyak menghadapi masalah, dan para karyawan atau bahkan anda yang membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi perusahaan, dan bisa disebut anda dibayar atau digaji untuk menjadi problem solver.

2. Mulai Mendedikasikan Hidup Untuk Usaha Milik Sendiri.

Dengan berkembangnya waktu dan kesadaran akan kemampuan atau karena sudah bosan bekerja pada perusahaan milik orang lain, menjadikan seseorang atau bahkan anda memiliki rencana untuk membuka usaha sendiri. Dengan memberikan segala kemampuan dan waktu untuk usaha kita sendiri, tentunya apa yang akan kita lakukan akan menjadi berlipat dibanding dengan apa yang kita berikan saat masih bekerja pada perusahaan milik orang lain. Begitu juga dengan hasil yang didapatkan.

Baca juga: Tips Buka Usaha Kuliner Angkringan.

Bagaimana dengan liku-liku perjalanan usaha yang dipegang sendiri?. Sebenarnya sama saja, sama halnya saat kita bekerja sebagai karyawan pada perusahaan milik orang lain.  Dimana kita sendiri yang handle, kita sendiri yang menjadi problem solvernya, kita yang membangun tim, membangun jaringan, relasi dan tentu juga pemasarannya.

3. Buka Usaha Sendiri, antara Keberanian dan Ketakutan.

Ketika bekerja dan sudah berada pada zona nyaman, gaji take home pay yang sudah besar ditambah berbagai tunjangan dari kantor, akan membuat kita enggan untuk mencoba hal baru. Namun dengan memberanikan diri membuka usaha sendiri, kemudian berusaha mengembangkannya sampai berhasil, zona kehidupan kita akan menjadi lebih nyaman.

Satu hal mengapa harus memilih untuk berusaha sendiri adalah waktu anda bisa menjadi lebih flexible, keuangan bisa menjadi semakin mapan, dan memiliki waktu penuh (full day) untuk keuarga, dan kita bisa pensiun lebih dini untuk menikmati hidup.

Oke, itu dia beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk membuka usaha sendiri. Saatnya memutuskan untuk membuka usaha, apakah usaha sampingan, atau bisa lebih dari itu dengan lebih serius untuk menjalankan usaha yang sudah berjalan.

Mari berwirausaha...

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengapa Harus Membuka Usaha Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel