Tips Memulai Usaha Meski Masih Menjadi Karyawan

Karyawan, adalah sebuah pekerjaan yang diharapkan bagi seseorang yang masih belum bekerja atau anda yang baru lulus kuliah atau sekolah. Menjadi karyawan adalah sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan dengan bekerja pada orang lain, baik itu pada sebuah perusahaan atau pada organisasi pemerintahan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tentu di benak anda yang masih menjadi seorang karyawan, tentunya memiliki ide untuk bisa membuat usaha sendiri. Tidak salah memang kalau sudah memiliki ide atau pemikiran seperti itu, karena bisa saja anda bosan atau jenuh dengan rutinitas yang anda lakukan, atau menganggap karir tersebut sudah tidak bisa naik lagi. Namun, tunggu dulu, jangan mengajukan resign dulu, sebelum anda membaca tips memulai usaha meski masih menjadi karyawan.

Dengan berkembangnya waktu, memiliki usaha sendiri atau menjadi seorang entrepreneur memang tampak keren. Namun sebelum anda menjadi seorang entreprenur, banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum memutuskan untuk berhenti dari profesi karyawan. Jangan sampai keputusan anda untuk resign berujung pada penyesalan. Kecuali, bila anda sudah mempersiapkan sedini mungkin, dan menganggap bahwa sudah saatnya anda untuk keluar dan usaha yang anda rintis memang sangat membutuhkan anda.

Dengan memutuskan untuk bekerja sendiri, berarti anda sudah berkomitmen untuk konsisten tidak menyerah dan tidak mengeluh saat usaha yang anda jalani belum bisa berkembang, berbeda halnya saat masih menjadi seorang karyawan, dimana anda mungkin atau bisa saja dalam satu tahun menerima gaji reguler selama 12 x, 1x Tunjangan Hari Raya yang jumlahnya bisa dua kali lipat, dan juga bonus tahunan yang berkali lipat, atau juga insentif dengan jumlah yang luar biasa karena anda bisa mencapai target. Bahkan saat anda menjadi karyawan, apalagi bagi anda yang sudah mendapatkan posisi atau jabatan yang menarik, tentunya anda bisa juga mendapatkan saham, misalnya dengan adanya program stock for employee.

Tips Memulai Usaha Baru.

Banyak hal yang mendorong seseorang untuk memiliki ide untuk membuka usaha, bisa karena bosan dengan rutinitas pekerjaan yaing itu-itu saja, atau merasa karir yang dicapainya sudah mentok atau sudah tidak bisa naik lagi. Sebelum anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang anda jalani sekarang, salah satu yang bisa anda lakukan adalah merintis usaha sambil menikmati karunia yang anda miliki sekarang sebagai seorang karyawan. Hal ini menjadi sebuah solusi bila anda khawatir dengan usaha baru yang anda rintis, dan belum menghasilkan  secara optimal.

Mulailah dengan menjadi seorang "Start Up";Tips Memulai Usaha Meski Masih Menjadi Karyawan;
Mulailah dengan menjadi seorang "Start Up"
Sebenarnya, meskipun anda tidak bermaksud untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, anda bisa mempersiapkan usaha sendiri. Membuka usaha, sambil bekerja itu seperti memaksa diri untuk memulai kebiasaan baik, contohnya kalau anda sudah terbiasa merokok dan ingin berhenti, anda harus memaksa diri anda untuk berhenti. Hal yang sama juga bisa anda lakukan saat ingin memulai usaha meski anda masih bekerja, dengan memaksa untuk belajar memulai usaha.

Baca juga: Tips Menghadapi Rasa Jenuh Kerja dan Menumbuhkan Rasa Suka Pada Bisnis.

Terdapat beberapa hal penting dalam memulai usaha:
  1. Setidaknya dengan memulai memberanikan diri dan membiasakan hal positif, yaitu menyisihkan gaji untuk modal buka usaha sampingan, akan menjadikan sumber kran income  baru bagi anda. Membuka usaha sampingan adalah salah satu langkah awal dan juga langkah yang tepat, juga usaha yang jujur dan juga halal yang bisa meningkatkan kesejahteraan hidup bagi anda yang masih bekerja sebagai seorang karyawan.
  2. Kunci sukses dalam melakukan sesuatu adalah melakukan yang anda sukai, begitu pula dalam berbisnis, bukalah usaha apa saja yang anda sukai. Karena dengan membuka usaha, minimal anda bisa membuka peluang mengurangi pengangguran.
  3. Menjadi karyawan kantoran dan memiliki bisnis sampingan itu sangat manis, rasanya seperti mendapatkan double income yang sempurna.
  4. Menyadari bahwa membuka usaha pasti tidak selamanya berjalan lancar, memulai usaha pasti jauh dari kata sempurna, apalagi anda baru memulai dan melakukan usaha sambil menjadi karyawan di tempat anda bekerja saat ini. Pasti banyak sekali kekurangan, namun yang menjadi kelebihan adalah usaha atau bisnis, sudah anda mulai lebih dini, yang harus dilakukan adalah tinggal menjalankan usaha dengan baik, menutupi kekurangan dan mencari solusi atas masalah yang muncul, dan yakin suatu saat nanti, anda tinggal memetik hasilnya. 
  5. Jangan menunggu semua menjadi sempurna, yakin anda tidak akan pernah memulai usaha yang anda impikan. Jangan takut dengan kendala modal, dengan modal kecil yang anda miliki dari hasil menyisihkan dari gaji, yakinilah bahwa modal kecil juga bisa mendapatkan profit yang besar juga.

Tips Memulai Usaha Sendiri Meski Masih Menjadi Karyawan atau Seorang Pekerja

Sebenarnya sangat wajar bila anda yang masih menjadi seorang karyawan ingin memulai usaha sendiri, karena kecenderungan melihat orang lain enak pasti menjadi godaan bagi siapa saja. Setidaknya banyak orang yang menginginkan hal ini. Terdapat beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melengkapi beberapa hal di atas, yaitu:
  1. Pilihlah bisnis yang anda sukai atau sesuai dengan hobi anda. Rencanakan semua dengan detail, bisa dimulai dengan mencari peluang atas bisnis tersebut, dengan melihat konsep STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) atas bisnis yang ingin anda jalani dan yang ingin anda lakukan.
  2. Mempersiapkan modal awal untuk usaha anda, minimal dilakukan dengan cara menyisihkan dari gaji yang anda dapatkan.
  3. Mempersipakan keuangan untuk usaha. Hal ini  dilakukan juga dengan memisahkan antara keuangan untuk usaha dan keuangan untuk dana pribadi anda.

Sedikit motivasi dalam memulai bisnis dari seorang ahi beladiri:
Saya tidak takut dengan lawan yang menguasai 1.000 jurus tendangan, tetapi saya takut apabila berhadapan dengan 1 lawan yang melatih tendangannya sebanyak 1.000 kali."
Hal ini bila diterjemahkan dalam dunia bisnis atau wirausaha, tidak perlu menjadi seorang pengusaha atau pun seorang pedagang yang berbinis apa saja, atau biasanya disebut dengan PALUGADA (Apa yang Lu Minta Gua Ada), namun cukup menjadi seorang pedagang dengan 1 dagangan, yang bisa dilakukan pengoptimalan dalam penjualan. Sehingga dengan fokus dulu pada 1 bidang usaha, maka baru beralih pada sektor lain yang lebih menjanjikan.

Itu dia sedikit tips dan sharing tentang bagaimana memulai usaha meskipun masih menjadi seorang karyawan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memulai Usaha Meski Masih Menjadi Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel