Tips Memilih Tempat Untuk Usaha

Tips Memilih Tempat Untuk Usaha - Memiliki usaha, menjadi sebuah idaman bagi siapa pun, khususnya bagi orang yang tidak ingin diperintah seorang boss. Oh iya, pasti deh kalian menginginkan untuk memiliki usaha sendiri, bisa ongkang-ongkang kaki, tidak diperintah dan bisa memerintah orang lain. Hhhmm maunya begitu kan ya?. Dan memiliki usaha sendiri bisa mudah atau bisa saja sangat sulit.

Oke..kali ini saya tidak akan berbicara tentang ide bisnis, motivasi bisnis, atau pun persiapan yang harus dilakukan dalam memulai bisnis atau pun apa yang harus dilakukan dalam mempersiapkan bisnis di awal. Namun yang saya sampaikan adalah proses setelah anda sudah memilih bisnis yang akan dijalankan yaitu “tempat untuk usaha” anda.

Satu hal yang sering diabaikan bagi mereka yang ingin memasuki bisnis di awalnya adalah pemilihan tempat sebagai tempat usaha. Biasanya karena ingin segera memulai usaha atau nafsu ingin lepas dari nama “karyawan”, pemilihan tempat yang tepat ini sering terabaikan, dan parahnya yang ada di benak mereka ini adalah yang penting usaha bisa jalan dulu. Wow Gaesss... ini usaha lho, kalau memang niatnya untuk menghidupi keluarga dan ingin menikmati passion terutama bisnis, jangan sepelekan faktor pemilihan tempat usaha.

Tempat Usaha Yang Strategis

Satu lagi... please.. jangan lagi bilang “usaha saya kan baru berdiri” atau “saya kan baru coba-coba”. Gaess... usaha coba-coba atau pun yang baru tetap menggunakan uang kan? Jadi kenapa kita tidak serius apalagi dalam memilih tempat usaha?. Jangan sampai kita juga bilang, nanti kan customer juga tau dan bisa datang sendiri...wow lagi... Gaes.. jangan bandingkan usaha kita dengan warung atau toko yang sudah puluhan tahun berdiri dan mereka selalu didatangi pembeli atau pembeli mereka yang sudah loyal, meskipun tempat usaha mereka berada di gang sempit. Nama merk atau brand yang sudah puluhan tahun ini sudah menancap kuat di memori atau ingatan pembeli mereka, atau kualitas produk atau pun jenis warung mereka telah diulas sebegitu banyak dan lamanya di mesin pencari. Oke Gaess...paham kan....

Tips Memilih Tempat Untuk Usaha
Gambar ilustrasi
Dan satu lagi, mendapatkan dan memilih tempat usaha yang tepat, bisa jadi menjadi salah satu kunci untuk dikenal para calon pembeli dan pembeli. Dan posisi usaha yang strategi sangat menentukan laku atau tidaknya produk kita.

Cara Memilih Tempat Usaha Yang Strategis

Pemilihan tempat juga tergantung dari jenis usaha yang akan kita jalani. Berdasarkan pengalaman mendengarkan cerita mantan karyawan dan obrolan dengan mereka yang akan menerjuni bisnis, usaha yang paling banyak ditekuni adalah usaha kuliner atau yang berhubungan makanan, baik bisnis kuliner yang utama atau bisnis pendukungnya. Berbicara tentang kuliner maka anda harus memilih lokasi yang ada di jalan besar, atau minimal jalan tersebut sering dilalui orang atau pun kendaraan dan dekat dengan pemukiman penduduk, ditambah lagi kemudahan untuk menjangkau tempat usaha kuliner anda.

Baca juga: Tips buka usaha kuliner angkringan.

Saya mengambil contoh salah satu usaha kuliner di kota Jember di Jawa Timur, yaitu “Duren & Eatery Garasi”, saya melihat bahwa kuliner ini telah memilih tempat yang strategis, berada dilingkungan kampus, dan otomatis dekat dengan kos mahasiswa. Apalagi tempat ini juga memanfaatkan tempat yang dulunya hanya digunakan sebagai garasi. Melihat pemiliknya, yang juga masih kuliah, namun minimal memlilih tempat usaha menjadi faktor yang utama untuk menarik pembeli, khususnya para mahasiswa yang ada di lingkungan Kampus Universitas Jember.

Cara Memilih Tempat Usaha Yang Strategis;Tips Memilih Tempat Untuk Usaha;
Duren & Eatery Garasi
Dari beberapa uraian diatas, dapat saya sampaikan beberapa tips yang juga berasal dari beberapa sumber, antara lain:
  1. Dapat dengan mudah dilihat. Ini adalah faktor terpenting dalam memilih tempat usaha, apalagi agar dikenal banyak orang, dan keuntungan lainnya adalah bisa menarik konsumen dan juga bisa menekan biaya promosi yang harus dikeluarkan.
  2. Akses Menuju Usaha Anda. Setelah dapat mudah untuk dilihat, faktor lain adalah kemudahan untuk menuju usaha anda menjadi faktor penting, karena bisa saja kalau produk anda memiliki banyak kesamaan dengan usaha lainnya, maka apabila akses menuju tempat usaha agak susah bisa jadi pembeli pun beralih ke kuliner lain, pindah ke tempat usaha lain dengan produk yang sama dengan produk anda.
  3. Lingkungan di sekitar tempat usaha. Membuka sebuah tempat usaha tidak bisa lepas dari lingkungan yang ada disekitar tempat usaha anda. Jangan sampai anda membuka atau pun memilih tempat usaha yang disebelah atau disekitar usaha anda dekat ataupun bahkan bersebelahan dengan toko bangunan, bengkel atau pun tempat cuci mobil. Kenapa coba?..yang pasti, berhubungan dengan lahan parikir kan, atau berebut parkir mobil misalnya.
Selain itu banyak hal yang membuat bisnis anda sukses, namun apabila anda berniat terjun pada bisnis off-line, memilih tempat usaha menjadi satu hal terpenting pada suksesnya bisnis anda, ditambah lagi ketajaman insting untuk masuk dibisnis yang akan anda terjuni. Salam.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Tempat Untuk Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel