Tips Buka Usaha Kuliner Angkringan

“Era entreprenuer”, sebutan ini sepertinya menjadi sebuah kata yang menarik saat ini. Namun jangan sampai kata entrepreneur ini menjebak anda sehingga anda menyesal saat memulai karir menjadi entrepreneur. Menjadi entrepreneur atau menjadi wirausaha harus dipersiapakan sedini mungkin. Jangan sampai anda menyesal dengan keputusan untuk menjadi seorang entrepreneur. Tergiur dengan kesuksesan teman anda yang telah membuka uaha sendiri adalah hal yang wajar, bagi anda yang saat ini menjadi seorang karyawan, sepertinya wajar bila anda memiliki kebingungan. Dan tips buka usaha kuliner angkringan, sepertinya pas bagi anda yang belum memiliki ide untuk membuka usaha sendiri.

Usaha kuliner menjadi sebuah usaha yang tidak ada kata matinya, namun untuk masuk pada bisnis ini diperlukan sebuah usaha yang luar biasa, tidak hanya niat, upaya dan modal, namun juga persiapan mental sebelum anda bener-benar terjun pada bisnis ini. Bagi saya yang pernah menjalani bisnis kuliner, banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum masuk ke bisnis ini, jangan sampai anda tergiur pada kesuksesan atau pengaruh franchise kuliner yang anda sendiri belum yakin untuk mengelolanya. Karena pilihan tersebut ada pada diri anda, ingin membangun bisnis kuliner yang hanya mengikuti tren dan hanya bertahan sejenak atau membangun bisnis kuliner yang mampu bertahan pada segala tren .

Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil-kecilan

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menambah pendapatan anda, meskipun saat ini anda masih berprofesi sebagai seorang karyawan. Sebenarnya kalau ditanya, kapan harus memulai usaha, saya hanya bisa menjawab, saat ini, secepatnya, karena pada dasarnya kita tidak bisa menebak sampai kapan kita dibutuhkan oleh perusahaan tempat kita bekerja.

Usaha kuliner angkringan di Yogyakarta;Tips Buka Usaha Kuliner Angkringan
Usaha kuliner angkringan di Yogyakarta
Atau anda saat ini memiliki berbagai pengalaman di bawah ini:
Tanggal Muda, anda merasakan:
  1. Harus membayar berbagai cicilan atau tanggungan pinjaman.
  2. Harus mengeluarkan dana untuk kebutuhan bulanan.
  3. Menyiapkan waktu untuk menikmati refreshing walaupun hanya sebentar.

Tanggal antara tanggal 15 sampai dengan tanggal 20 tiap bulannya;
  1. Pengin cepet-cepet  segera gajian.
  2. Isi dompet sudah didominasi uang warna hijau.
  3. Atau kondisi yang menyesakkan dada, misalnya senang kalau ada teman yang lagi ultah (ulang tahun) atau saat makan siang senang ditraktir teman, karena makan siangnya yang gratis.

Saat Tanggal Tua:
  1. Bawaannya galau, muka selalui tampak manyun, bawaanya bete.
  2. Hasrat hati ingin ini, ingin itu, namun tidak terjangkau.
  3. Mulai dekati teman untuk pinjam uang agar bisa mendapatkan uang yang warna biru dan warna merah.

Sebenarnya hal di atas hanya beberapa gambaran yang sering kita alami, entah karena harus menghidupi gaya hidup, ataukah juga karena banyak cicilan, atau karena pengeluaran yang lebih besar dibanding pendapatan yang hanya didapat dari satu income saja.

Baca juga: Menguatkan Tekad Menjadi Seorang Entrepreneur.

Banyak cara yang bisa anda lakukan, memang semuanya perlu proses dan tidak bisa instan, namun minimal anda bisa melakukan dengan membuka usaha sendiri. Dan kalau anda ingin cepat mendapatkan income tambahan, sesuaikan dengan hobi yang anda sukai, atau kalau anda memiliki pasangan yang hobi memasak, anda bisa memulai usaha kuliner kecil-kecilan, dengan konsep usaha sampingan dengan modal terjangkau. Atau anda bisa mencoba dengan membuat nasi bungkus seperti konsep angkringan dengan penjualan menggunakan online, seperti menggunakan Go-Food atau Grab-Food.

Tips Buka Usaha Kuliner

Berbicara tentang bisnis, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, namun kalau anda ingin membangun bisnis yang tetap diminati, salah satunya adalah membangun bisnis kuliner yang bisa bertahan dalam setiap jaman atau waktu. Salah satu bisnis kuliner yang sangat mudah untuk dijalankan adalah bisnis kuliner angkringan. Pada bisnis angkrigan, kalau anda belum bisa memproduksi sajian makanan sendiri, anda bisa menawarkan pada beberapa orang yang membutuhkan tempat untuk berjualan makanan dan menitipkan makanan tersebut pada angkringan yang anda miliki.

Angkringan sederhana
Angkringan sederhana (Gambar ilustrasi)
Dan kalau anda saat ini masih berprofesi sebagai karyawan, beberapa tips berikut mungkin bisa anda lakukan sebelum membuka usaha kuliner angkringan:
  1. Menggunakan hari libur, misalnya pada hari Minggu, untuk hunting lokasi mencari tempat strategis untuk rencana buka usaha angkringan anda.
  2. Kalau sudah mendapatkan tempat, anda bisa menanyakan beberapa hal sebagi berikut: siapa yang memiliki lokasi tersebut, bolehkan tempat tersebut disewa, berapa harga sewanya, apabila bisa disewa fasilitas apa yang bisa anda dapatkan, apabila angkringan yang anda miliki masih angkringan sederhana - adakah tempat untuk menyimpan gerobak, keamanan sekitar lingkungan, cari tahu apakah ada preman yang sedikit mengganggu tempat tersebut, dan biaya atau iuran bulanan RT setempat.
  3. Apabila sudah oke atau deal, sebaiknya jangan anda berikan uang sewa semuanya, namun berikan dahulu uang muka sewa, misalnya dengan kisaran Rp. 500.000,- dan sisanya akan diberikan satu minggu setelah persiapan yang anda lakukan siap.
  4. Bisa saja anda hanya menanyakan tempat tersebut kepada pemiliki lokasi tanpa memberikan uang muka, namun hal terburuk adalah, saat anda tidak segera memberikan dana sewa, bisa saja pemilik lokasi memberikan tempat tersebut untuk orang lain.
  5. Persiapkan semuanya dengan tepat, termasuk mengenalkan usaha angkringan melalui sosial media, minimal orang tahu bahwa ada tempat kuliner di lokasi yang anda dirikan.

Itu tadi sedikit tips untuk membuka usaha kuliner, khususnya kuliner angkringan. Semoga sedikit tips tersebut bisa memberi masukan dan informasi bagi anda yang ingin membuka usaha sendiri.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Buka Usaha Kuliner Angkringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel