Rahasia Sukses Mohammad Baedowy Dari Auditor Bank Menjadi Pengusaha Sampah

Pengusaha, sebuah kata yang selalu menjadi kata yang diinginkan bagi orang-orang yang selama ini masih menjadi seorang karyawan. Anggapan bahawa menjadi seorang pengusaha itu enak, sepertinya memang harus diluruskan kembali, karena semua pasti melalui proses, tidak langsung usaha yang dilakukan oleh seorang pengusaha tersebut langsung besar, pasti melalui suka dan duka. Begitu juga yang dialami seorang Mohammad Baedowy, yang mengalami proses panjang, dan rahasia sukses Mohammad Baedowy dari auditor bank menjadi pengusaha sampah sukses ini, mungkin perlu anda baca agar anda bisa siap saat memulai usaha.

Siapa yang mengira bos sampah ini dulunya adalah seorang auditor bank. Sebagai seorang karyawan bank, pasti dibenak semua orang, pekerjaan di bank adalah pekerjaan yang mapan, enak, bekerja di ruang AC, dan mentereng. Namun pekerjaan ini tidak menjadikan Baedowy menjadi betah, melainkan penasaran ingin mencoba hal baru. Baedowy sebenarnya sudah bekerja di RBS (Royal Bank of Scotland) selama 3 tahun sejak tahun 1997 sampai dengan tahun 2000. Sebenarnya tidak terdapat masalah dalam lingkungan kerja, bahkan dia sangat berprestasi dan juga dijuluki sebagai “the rising star”, karena sudah memilki prestasi yang sangat muda saat itu ketika masih berumur 24 tahun.

Rahasia Sukses Bisnis Mohammad Baedowy

Tekad untuk berwirausaha, menjadi satu kata kunci yang  mengalahkan kenyamanan bekerja dalam sebuah bank yang nyaman. Dan saat itu pun tiba dengan mengajukan surat resign pada bosnya. Dan apa pun bisa menjadi sebuah motivasi untuk memulai dan bangkit dari sebuah keadaan. Satu hal yang menjadikan Baedowy dan terus terngiang ditelinganya, hari itu hari Kamis di penghujung tahun 2000-an adalah saat bosnya mengatakan pada Baedowy, “Asal kamu tahu, orang seperti kamu ini, tidak akan sukses. You are so young, very emotional. Ingat kata-kata saya, kamu tidak akan bisa sukses. Kamu tidak sabaran”.

Mohammad Baedowy;Rahasia Sukses Mohammad Baedowy Dari Auditor Bank Menjadi Pengusaha Sampah;
Mohammad Baedowy (Sumber gambar: finansialku.com)
Setelah resign, meskipun sudah pernah bekerja, tidak otomatis Baedowy bisa  lancar dalam melakukan rencana bisnisnya. Pada awal bisnis, dia sempat bingung, dan berpikir harus berbisnis apa. Berbagai bisnis pernah dicoba mulai dari beternak jangkrik, bahkan Baedowy merombak salah satu kamar dirumahnya, namun yang terjadi, pada saat musim panen, jangkriknya bukannya bertambah, populasinya malah menyusut.

Ide bisnis – Ide bisa datang dari mana saja, bahkan dari barang tidak berguna seperti sampah, bisa menjadi sebuah ide bisnis yang luar biasa. Begitu juga dengan Baedowy, idenya dimulai saat melihat seorang pengusaha sampah, yang memiliki mobil sedan untuk istrinya dan mobil kijang bagi pengusaha tersebut. Padahal pengusaha sampah yang dilihatnya hanya lulusan SD. Dan pada akhirnya, Baedowy bekerja pada pengusaha tersebut sekaligus belajar dari pengusaha sampah lulusan SD tersebut.

Rahasia Sukses Pengusaha Sampah Sukses

Setelah belajar dari seorang pengusaha sampah, dan merasa bisa, akhirnya Baedowy memutuskan untuk membuka sendiri. Langkah yang dilakukannya adalah dengan menyewa lahan, bahkan kantor hanya berdinding gedek atau anyaman bambu dan juga membeli mesin giling sampah.

Semua pasti berproses, ada suka dan ada duka. Masalah pun mulai muncul, saat mesin bekas yang dibeli mulai rusak, dan penjual mesin tidak bisa membetulkan mesin tersebut, dan juga para pengepul lain ketika diminta tolong tidak mau mengajarkan cara memperbaiki mesin giling sampah tersebut. Dan tidak ada masalah tanpa adanya solusi, akhirnya mesin tersebut diperbaiki sendiri dan bisa digunakan kembali meskipun membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar satu tahun. Terdapat sisi positif dari rusaknya mesin, yang akhirnya Baedowy mengerti tentang seluk beluk mesin giling sampah tersebut. Tidak hanya tahu bahkan Baedowy bisa membuat sendiri mesin giling sampah.

Baca juga: Cerita Sukses Andhika Faisal dengan SUBStore.

Masalah besar kedua yang muncul, setelah membuka usaha sampah selama satu tahun, akhirnya usaha yang dibuka bangkrut. Harta yag dimilki Baedowy pun tinggal kipas angin dan televisi. Dan atas saran orang tua dan mertua Baedowy, pabrik yang dimilikinya pun akhirnya dijual. Namun hampir tiga bulan, pabrik yang ditawarakan untuk dijual tidak ada yang membeli. Putus asa..?? Pasti, bahkan keinginan untuk melamar pekerjaan akan dilakukan Baedowy. Namun akhirnya Baedowy sadar, dan menyadari kesalahannya.

Semangat Bangkit Dari Kegagalan

Dengan masih bertahan dirumah kontrakan dan dengan tekad kuat untuk tidak meminta bantuan dana kepada orang tuanya, Baedowy pun berdoa, dan bertekad, akan mengajari siapa pun yang berniat belajar kepadanya. Tidak ada jalan kecuali karena kehendak Alloh, disaat sudah tidak memiliki uang, Baedowy dipaksa mengeluarkan uang oleh Alloh agar bersedekah, dan seseorang (kiai) datang meminta bantuan agar mau memberikan bantuan dalam rangka pembangunan pesantren, akhirnya Baedowy membantu dengan memberikan uang tersisa yang dimilikinya, meskipun tidak semua. Dan efek sedekah, sangat luar biasa. Baedowy pun kembali meneruskan bisnis pengumpulan sampah dengan mobil pikap, dan mulai belajar kepada pengepul besar.

Mohammad Baedowy;
Mohammad Baedowy (Sumber gambar: idntrepreneur.com)
Dari pengepul besar tersebut, akhirnya Baedowy banyak belajar, bagaimana cara menetapkan harga agar disenangi para pemulung. Dan sejak saat itu Baedowy mulai bangkit, saat ini Baedowy tidak hanya pengumpul dan penadah sampah bekas, namun juga membuat mesin dan menjual mesin kepada para mitra, dengan model seperti franchise, karena selain mitra membeli mesin dari Baedowy, juga memberikan pelatihan, dan hasil penggilingan sampah dari mitra juga ditampung.

Saat ini usaha sampah milik Baedowy semakin besar, dan sudah memiliki mitra yang sangat banyak yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, ditambah lagi biji plastik yang diolahnya juga telah dieskpor ke Tiongkok. Ditambah lagi dengan berbagai penghargaan yang telah diraihnya.

Kunci Sukses Bisnis Ala Mohammad Baedowy
Meskipun hanya berkantor di sebuah bangunan kecil berukuran 100 meter yang tersembunyi diantara tumpukan  botol oli bekas, botol minuman dan berbagai sampah plastik. Bangunan yang berdiri diatas lahan dengan luas 100 meter di Desa Cimuning, Bekasi Timur. Dengan menggunakan bendera CV. Majestik Buana Group, Baedowy menjadi pengusaha sukses yang bisa menjadi contoh anak muda sekarang untuk semangat bergerak dan yakin serta optimis akan proses yang harus dilalui.

Baca juga: Cerita Sukses Dimas Ginanjar Merdeka dengan Maicih.

Terdapat beberapa rahasia sukses Mohammad Baedowy, yang bisa kita ambil, sebagai berikut:
  • Bekerja dengan baik pada sebuah perusahaan, tidak akan berbanding lurus dengan prestasi dalam hal reward maupun gaji. Oleh karena itu anda harus mempersiapkan diri apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Memiliki tekad yang kuat untuk berani memulai berwirausaha.
  • Hinaan dari orang lain, jangan menjadikan hal yang melemahkan, namun harus menjadi motivasi yang kuat untuk sukses.
  • Ide memulai bisnis bisa datang dari mana saja. Maka terima dan mulailah.
  • Belajarlah dari kesalahan masa lalu. Masa lalu seperti spion, yang cukup sekali saja dilihat, kemudian fokus dengan pandangan ke depan.
  • Sedekah menjadi pembuka pintu rejeki dan memudahkan jalan kita.
  • Jangan malu untuk belajar lagi, apalagi kepada orang yang lebih rendah dari kita.
Itu dia sedikit motivasi dari tokoh bisnis Mohammad Baedowy, semoga tulisan ini bisa menginspirasi.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Sukses Mohammad Baedowy Dari Auditor Bank Menjadi Pengusaha Sampah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel