Rahasia Sukses Lila Umami Dari Buruh Masak Menjadi Pengusaha Katering

Pengusaha pasti memiliki segudang cerita, apalagi tentang jatuh bangunnya bisnis yang ia bangun. Dan kisah tersebut, pasti menjadi sebuah kisah motivasi dan inspirasi bagi siapa pun, baik yang ingin memulai bisnis sendiri atau pun sudah mulai mengembangkan bisnis yang dijalankannya. Rahasia sukses Lila Umami dari buruh masak menjadi pengusaha katering, seakan memberikan sebuah contoh kepada kita bahwa banyak orang yang bisa dan berhasil dengan merintis usaha dari bawah bahkan dari nol. Hal ini yang akan kita kupas tentang bagaimana dan cara seorang ibu rumah tangga, dan juga pernah menjadi seorang buruh masak, hingga sukses sampai dengan memiliki usaha katering besar di Kabupaten Probolinggo.

Banyak kisah, riak gelombang, naik turunnya usaha, bahkan motivasi yang dimiliki seseorang agar bisa memperbaiki nasib bahkan ingin mendapatkan pendapatan yang bagus untuk keluarganya. Bisnis memang memiliki karakter yang berbeda, dan hal ini pula yang menyebabkan seseorang bisa memiliki semangat untuk mengembangkannya, karena usaha atau bisnis sangat bergantung pada keuletan dan kekuatan pemilik usaha, baik lahir maupun batin.

Rahasia Sukses Bisnis Lila Umami

Pada awalnya Lila Umami hanyalah seorang buruh masak disebuah Kecamatan Pajarakan di Kabupaten Probolinggo. Dengan keterbatasan, apalagi dari gaji suami yang sebatas pegawai pabrik gula, menyebabkan seorang Lila memiliki iniasiatif untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan ekonomi saat itu. Dan diantara berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan Lila Umami adalah di sektor dapur, sehingga pilihan yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang buruh masak.

Rahasia Sukses Lila Umami Dari Buruh Masak Menjadi Pengusaha Katering
Ibu Lila Utami saat menjadi pembicara (Sumber gambar: pwmu.co)
Kalau anda melihat dengan kata-kata “buruh masak”, jangan salah sangka, karena dari menjadi seorang buruh masak yang pandai melihat peluang menjadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Cara yang digunakan Lila Umami sangat menarik untuk kita simak dan bisa kita pakai kalau anda ingin berbisnis katering di masa kini yang semuanya meminta serba cepat.

Baca juga: Rahasia Sukses Rumah Makan Rawon Nguling Mempertahankan Bisnis.

Pilihan menjadi seorang buruh masak, menjadi pilihannya dikarenakan Ibu Lila telah mempelajari keadaan disekeliling dan lingkungan tempat tinggalnya, dimana banyak tetangga yang perempuan yang juga menjadi wanita pekerja, sehingga mereka tidak sempat memasak. Sehingga dengan peluang ini, menjadikannya sebuah cara untuk menawarkan jasa memasak ke tetangga yang tidak sempat memasak. Tawaran tersebut mendapat respon yang bagus. Cara yang dilakukannya sangat mudah, yaitu:
  • Ibu Lila yang memasak masakan tersebut, dan biaya ditanggung oleh para pemesan.
  • Terdapat minimal harga dalam memesan dan minimal jumlah pemesan.
  • Di awal proses usaha semua dilakukannya sendirian, mulai dari menawarkan jasa, memasak sendirian, sampai dengan mengantar masakan kepada para pemesan.

Rahasia Sukses Pengusaha Katering

Dengan berkembangnya waktu, para pemesan masakan menjadi semakin banyak dan setelah sekian lama, akhirnya Lila Umami memiliki 10 orang karyawan. Buruh masak yang dilakukannya, dilakukan hampir lima tahun lamanya, sekitar tahun 1990 sampai dengan tahun 1995. Selama lima tahun, Lila Umami bahkan memiliki pelangan tetap hampir 250 orang.

Sukses Pengusaha Katering Ibu Lila Utami;
Sukses Pengusaha Katering Ibu Lila Utami (Sumber gambar: jpnn.com)
Dan pada akhirnya, Lila membuka warung, dengan tujuan meng-efisienkan proses bisnis. Hal ini bertujuan agar para pelanggan bisa langsung ke warung tidak perlu memesan lagi. Dan sekitar akhir tahun 2000, Lila Umami mendirikan Lila Catering dengan memiliki peralatan untuk 500 porsi makanan. Dan sampai dengan saat ini, usaha Lila Caterng semakin berkembang, dan bisa meng-cover untuk 10.000 porsi, sebuah pencapaian fantastis bagi seorang mantan buruh masak.

Kunci Sukses Bisnis Katering

Membangun dan merintis usaha memang tidak mudah, jalan terjal berliku dan berkelok harus dihadapi, dan hal ini memberikan pelajaran yang luar biasa dan semangat, khususnya bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Rahasia kunci sukses Lila Umami dalam memulai bisnis sampai dengan bisnis kateringnya menjadi besar, antara lain:
  • Meyakini bahwa setiap orang sudah memiliki rezeki sendiri-sendiri, sehingga tidak memandang siapa pun sebagai pesaing.
  • Milikilah motivasi untuk berubah. Pada contoh ini, motivasi ekonomi menyebabkan seorang Lila memiliki kekuatan untuk merubah hidupnya.
  • Jeli dalam menangkap peluang. Dengan banyaknya perempuan yang bekerja dan tidak sempat memasak disekitar tempat tinggalnya, maka Lila bisa menawarkan jasanya kepada mereka.
  • Menghargai proses.
  • Menyisihkan dana untuk mempersiapkan investasi bisnis selanjutnya (menyisihkan sebagian pendapatan untuk digunakan sebagai modal) dan yang paling penting adalah tidak menggunakan uang bank.
  • Usaha atau bisnis tidak harus memerlukan modal besar, oleh karena itu Lila menjadikan kerja keras sebagai pondasi utama dalam bisnisnya.
  • Jangan melupakan jasa orang yang telah membantu dalam memulai bisnis. Lila Umami pada tahun 2010, memberi hadiah umroh untuk 50 orang karyawannya.

Itu dia sedikit ulasan dan sharing tentang rahasia sukses Lila Umami dari yang memulai profesinya dari buruh masak sampai dengan menjadi pengusaha katering besar di Kabupaten Probolinggo. Semoga bisa menjadi cerita inspiratif untuk kita semua.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Sukses Lila Umami Dari Buruh Masak Menjadi Pengusaha Katering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel