Saham Biasa vs Saham Preferen

Saham Biasa vs Saham Preferen - Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dengan rebahan adalah melakukan investasi, dan instrumen investasi yang bisa dilakukan adalah memilih saham untuk bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang. Tentunya dibalik keuntungan besar yang diberikannya, terdapat risiko yang harus dipahami dengan melakukan investasi saham. Untuk itu dalam memulai berinvestasi di saham harus dipahami pula tentang berbagai jenis saham sebagai instrumen yang akan dipilih. Saham apakah yang diharapkan bisa memberi keuntungan, dan saham mana yang akan dipilih tentunya harus dilakukan analisa agar bisa meminimalisir risiko.

Tentunya dalam melakukan investasi di bursa saham terdapat berbagai macam istilah mengenai saham. Namun, dalam kesempatan ini fokus yang dibicarakan adalah perbedaan mengenai saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stocks). Tentunya banyak perbedaan tentang saham biasa dan juga saham preferen.

Saham Biasa vs Saham Preferen
Gambar ilustrasi - pixabay.com

Saham Biasa vs Saham Preferen

Terdapat perbedaan yang harus diketahui sebelum melakukan investasi di instumen invesatsi yang satu ini. Saham merupakan surat berharga yang para pemegangnnya memiliki hak kepemilikan atas korporasi atau perusahaan (emiten). Dengan kata lain dengan memiliki saham berarti anda sudah menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Gambaran tentang saham biasa dan saham preferen dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Saham Biasa vs Saham Preferen
Sumber gambar: Instagram.com/belajarsahamindonesia)

Saham biasa atau yang disebut dengan common stock  merupakan surat berharga yang dimiliki oleh pemilik sebenarnya, sehingga pemilik saham akan menanggung semua keuntungan dan juga risiko bisnis yang terjadi pada perusahaan tersebut. Oleh karena itu pemegang saham biasa tidak akan memiliki hak istimewa seperti pemegang saham preferen.

Begitu pula di bursa saham, apabila anda mendengar orang yang melakukan investasi di bursa saham, maka yang dilakukan orang-orang tersbut adalah berinvestasi pada saham biasa. Hal ini disebabkan karena mayoritas saham yang diperdagangkan di pasar saham adalah saham biasa.

Baca juga: Yuk menabung saham.

Berbeda dengan saham biasa, berbeda pula dengan saham preferen. Untuk saham preferen, maka saham ini adalah saham yeng memiliki hak istimewa tambahan dari saham biasa. Saham preferen ini sebenarnya merupakan gabungan dari obligasi dan saham biasa.

Itu dia sedikit informasi tentang perbedaan saham biasa vs saham preferen.  Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan investasi di saham.

Share

Belum ada Komentar untuk "Saham Biasa vs Saham Preferen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel