Ghost Kitchen, Solusi Praktis Usaha Kuliner

Rasanya di zaman yang sudah semakin modern, dan semakin berkembang ini, tidak ada alasan untuk tidak maju dan tidak melakukan sesuatu yang inovatif. Bagi anda yang mau menjalani usaha kuliner dan bingung bagaimana harus memulai, bagaimana dan harus menjual apa, maka kini saatmya mulai bergerak dan memulai. Banyak cara yang bisa dilakukan, dan salah satunya adalah Gost Kitchen, solusi praktis usaha kuliner.

Kalau dahulu untuk memulai bisnis kuliner, anda harus menyiapkan modal dalam bentuk uang yang banyak, yang nantinya dipakai untuk mencari tempat berjualan dengan lokasi yang strategis, membeli peralatan, membayar tenaga kerja di awal buka, dan juga untuk operasional. Namun sejak berkembangnya teknologi yang membawa perubahan dengan signifikan, menjadikan para pengusaha pemula tidak perlu pusing dengan hal ini.

Merebaknya virus corona Covid-19 sepertinya menjadikan pola bisnis, khususnya kuliner menjadi berubah, apalagi dengan adanya himbauan dan kebijakan untuk #dirumahaja dan juga bekerja dari rumah atau WFH – Work From Home, untuk mencegh dan memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19 ini. Ditambah lagi larangan berkumpul di cafe, tempat kuliner atau pun tempat keramaian lainnya, hal ini mengakibatkan pemilik usaha kuliner mulai memutar otak untuk bisa bertahan agar dagangannya tetap laku.

Ghost Kitchen;Ghost Kitchen, Solusi Praktis Usaha Kuliner
Ghost Kitchen (Sumber gambar: ghostresto.id)

1. Ghost Kitchen Concept

Sepertinya  saat ini menajdi masa dimana pemilik kuliner atau pun anda yang ingin masuk di bisnis kuliner dipaksa untuk mengikuti perubahan. Dan perubahan ini adalah anda harus segera menerapkan konsep Ghost Kitchen dalam usaha bisnis kuliner yang anda jalankan, bagaimana tidak, sejak merebaknya wabah virus corona, mengakibatkan para konsumen tidak diperkenankan berkumpul dan makan di tempat, sehingga para pembeli harus memesan makanan dan segera membawa pulang barang atau makanan yang telah dipesan.

Sebenarnya bisnis dengan Ghost Kitchen ini sudah ada sejak beberapa tahun ini dan mulai banyak peminat untuk menggunakan konsep dalam menjalan usaha. Apakah Ghost Kitchen itu?. Ghost kitchen atau ada yang menyebutnya dengan Cloud kitchen adalah suatu konsep bisnis, khususnya dalam bisnis kuliner yang hanya memberikan jasa delivery dan tidak menyediakan fasilitas makan di tempat. Proses delivery pun bisa menggunakan jasa pemilik usaha, atau menggunakan jasa delivery atau ojek online yang saat ini telah berkembang, misalnya GoFood ataupun GrabFood.

Konsep ghost kitchen ini menjadi sebuah solusi bagi para pengusaha pemula yang minim akan modal, dan ketakutan akan kehabisan modal dan juga resiko bangkrut. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan bila dibandingkan menggunakan usaha kuliner konvensional. Pada usaha konvensional pasti membutuhkan modal yang besar, juga butuh tempat yang memadai, pegawai dan juga lokasi yang strategis.

2. Ghost Kitchen dan Keunggulan

Perubahan pola hidup dan tuntutan bekerja dengan cepat turut mempengaruhi pola perilaku pembelian masyarakat, ditambah adengan adanya aplikasi yang bisa memesan makanan dengan cepat. Menggunakan konsep Ghost Kitchen memang memiliki keunggulan, antara lain:
  • Modal yang dibutuhkan relatif kecil. Meskipun hanya usaha kuliner yang dibuka di rumah, namun tetap namanya usaha tetap membutuhkan modal, namun anda terbantu dengan tidak mengeluarkan biaya sewa tempat kuliner yang saat ini biayanya sangat mahal.
  • Bisa membuat multibrand. Hanya dengan satu tempat usaha, anda bisa membuat brand dan juga menu hanya dari dapur anda.
  • Sangat fleksibel. Anda bisa fleksibel untuk merubah menu, karena anda bisa merubah menu anda diaplikasi delivery online milik anda.
  • Tidak bingung dengan delivery. Deangan andanya fasilitas jasa delivery online ditambah dengan adanya aplikasi resto menjadikan anda terbantu dan tidak bingung memikirkan pengiriman pesanan makanan.

3. Ghost Kitchen Indonesia, Langkah Praktis Memulai Bisnis Kuliner

Berbicara tentang cara dan langkah yang harus dilakukan dalam berbisnis, maka tidak perlu ada ketakukan mendalam, terutama untuk memulai bisnis kuliner. Dengan berkembangnya teknologi dan internet, ditambah semakin berkembangnya aplikasi yang memudahkan para pengguna, sebagai pelaku bisnis, kita akan terbantu bila bisa menggunakan alat-alat tersebut.

Untuk bisnis kuliner, ghost kitchen bisa dengan mudah kita lakukan, tips yang bisa dilakukan, adalah:
  • Petakan dan rencanakan bisnis kuliner apa yang akan anda jual.
  • Buatlah mapping untuk siapa produk tersebut akan anda jual.
  • Tentunya anda sudah memiliki jenis kuliner andalan yang akan anda jual, maka buatlah konsep promosi, misalnya dengan foto yang menarik dan diperbaiki dengan aplikasi canva, yang bisa anda promosikan melalui media sosial, seperti facebook, instagram dan media sosial lainnya.
  • Mulai melakukan kerjasama dengan jasa delivery online, baik GoFood ataupun GrabFood, atau hubungi jasa delivery lokal.
  • Buat dua model kuliner, yaitu kuliner yang siap untuk dibeli saat itu dan kuliner yang dipesan dua hari sebelumnya. Untuk kuliner yang dibeli pada hari itu diperuntukkan untuk kuliner yang anda promosikan di aplikasi delivry online. Sedangkan untuk kuliner yang telah dipesan dua hari sebelumnya sebagai makanan dengan konsep katering, jadi anda masih dapat pemasukan apabila pada hari itu pesanan melalui jasa delivery online sedikit atau sedikit yang pesan.
  • Tetap promosikan usaha kuliner anda melalui media sosial, usahakan anda memiliki website yang bisa dipotimasi dengan SEO (Search Engine Optimation), sedangkan promosi melalui facebook atau pun Instagram bisa anda promosikan dengan jasa iklan berbayar sehingga promosi yang dilakukan bisa lebih  tertarget.

Kondisi saat ini memang menunjukkan adanya perubahan pola dalam pembelian makanan yang dilakukan para konsumen. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa mayoritas konsumen lebih memilih menunggu makanan dan menlanjutkan aktivitasnya dibanding rela antri untuk menikmati makanan di tempat. Hal ini menjadi peluang bagi anda yang ingin memulai usaha kuliner dengan konsep Ghost Kitchen.

4. Ghost Kitchen dan Tips Meningkatkan Repeat Order
Zaman sekarang adalah zaman dimana orang yang bisa membaca peluang dan bisa memanfaatkan teknologi menjadi orang yang sukses. Pernahkah anda melihat sebuah tempat yang sempit disebuah gang namun selalu ramai dikunjungi ojek online untuk mengambil makanan. Atau sebuah rumah di kompleks perumahanan yang setiap hari berjejal para mas-mas ojol menunggu orderan makan di sebuah rumah yang hanya ada tertempel banner pemilik kuliner sederhana. Pasti sering, itulah konsep Ghost Kitchen yang sebenarnya yaitu sebuah restoran tanpa restoram.

Dengan adanya kemudahan dalam membuat usaha kuliner ini tentunya menjadikan orang lain tertarik untuk masuk dalam bisnis ini. Tips dibawah ini mungkin bisa anda gunakan untuk meningkatkan repeat order, antara lain:
  • Anda bisa membuat voucher untuk produk makanan yang dibeli dengan jumlah minimal pembelian dan masa voucher berlaku hanya untuk 14 hari.
  • Buat form  yang berisi nama, alamat email, dan nomor HP yang berfungsi sebagai alat penukaran voucher dan juga untuk memberikan informasi atas promosi makanan yang akan anda lakukan.
  • Bekerjasama dengan penyedia aplikasi untuk memberikan informasi tentang promosi dan selalu mengiklankan produk anda.

Rasanya tidak ada alasan untuk memulai usaha, Gost Kitchen, solusi praktis usaha kuliner ini bisa memberi informasi awal bagi anda yang ingin membuat usaha kuliner dengan konsep tersebut. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Ghost Kitchen, Solusi Praktis Usaha Kuliner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel