Yuk Menabung Saham

Saham masih menjadi instrumen investasi menarik dan selalu membuat penasaran. Namun bagi orang yang menganggap bahwa saham merupakan instrumen investasi jangka panjang, tentunya akan memperhitungakan dengan detail saham yang akan dibelinya, karena orang dengan tipe seperti ini akan lebih memperhatikan proses dan prinsip kehati-hatian untuk mendapatkan saham yang akan menjadi miliknya. Karena lebih memperhatikan proses, maka untuk mendapatkan saham terbaik sesuai dengan yang diharapkannya, maka program “Yuk Menabung saham” seolah menjadi angin segar yang memberikan peluang dan kesempatan untuk bisa berinvestasi saham, meskipun harus dimulai dari nilai yang sangat kecil.

Berinvestasi saham memang sedikit berbeda, hanya orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemampuan untuk bersabarlah yang bisa mendapatkan hasil lebih besar. Dan melakukan investasi di saham menjadi hal yang menyenangkan karena diperlukan sebuah seni untuk bisa mendapatkan saham terbaik.

Kondisi hal ini juga pernah disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Bapak Hogan Nicky, yang menyampaikan bahwa Indonesia dalam 10 tahun terakhir adalah negara yang memiliki kenaikan indeks saham tertinggi di seluruh dunia sebesar 227,60%. Investor baru terus bertambah jumlahnya, dan 22,6% berasal dari kontribusi para invesator individu yang merupakan bagian dari jutaan investor pasar modal Indonesia.

Program Yuk Menabung saham;
Program Yuk Menabung saham (Sumber gambar: bettydeanira.blogspot.com)

Menabung Saham Untuk Pemula

Yuk nabung saham” menjadi hal yang sangat penting selain sebagai alat untuk mengembangkan investasi secara pribadi, juga menjadi sebuah alat keberpihakan kepada seluruh rakyat Indonesia agar menjadikan investasi pasar modal menjadi lebih terjangkau, sederhana dan untuk masa depan yang lebih baik.

Untuk bisa menabung saham, bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah sebagai berikut:
  1. Kunjungilah perusahaan sekuritas di kota anda.
  2. Bawalah dokumen pendukung, seperti fotokopi KTP, NPWP bila ada dan juga halaman depan buku tabungan.
  3. Kemudian isi dan tandatangani Formulir Pembukaan Rekening Efek dari Perusahaan Sekuritas.
  4. Tunggu konfirmasi dari Perusahaan Sekuritas bahwa Rekening Efek sudah jadi sekitar ± 15 hari kerja.
  5. Langkah selanjutnya adalah Download dan install aplikasi online Trading Perusahaan Sekuritas di Gadget atau PC anda.
  6. Perusahaan Sekuritas akan memberikan username & password utuk Online Trading beserta kartu akses.
  7. Anda bisa login ke aplikasi online trading tersebut & siap melakukan transaksi saham.

Sangat mudah untuk memulai menabung saham, apalagi saat ini sudah terdapat Online Trading sehingga nggak perlu repot lagi, apabila anda menginginkan untuk bisa membeli saham emiten yang diinginkan.

Menabung Saham adalah Langkah Awal Investasi Terbaik

Saat ini untuk bisa melakukan investasi saham sudah diberikan kemudahan dengan layanan menabung saham, sehingga anda tidak perlu membeli langsung dalam beberapa lot saham, namun anda bisa menabung saham sesuai dengan rekening yang anda miliki, dan saat dana sudah terkumpul anda bisa membelinya.

Baca juga: Analisa Fundamental Saham.

Terdapat beberapa tips saham dari Bapak Lo Kheng Hong, bapak investasi saham Indonesia, sebagai berikut:
  1. Perhatikanlah manajemen perusahaan yang dipilih, apakah perusahaan tersebut dikelola dengan jujur, profesional, berintegritas dan sangat dikagumi.
  2. Perhatikan pula masa depan bisnisnya. Hal ini bisa dilihat dengan melihat track record perjalanan bisnisnya selama 5 sampai 10 tahun kebelakang tentang bisnis tersebut.
  3. Carilah perusahaan yag labanya besar melalui profit margin dan juga ROE (Return on Equity).
  4. Pilihlah perusahaan yang terus bertumbuh dalam jangka waktu yang panjang,
  5. Lihat dan cermati valuasi PER (Price Earning Rtaio) atau PBV (Price to Book Value) dan juga bandingkan dengan kompetitornya.
Itu dia beberapa langkah mudah untuk bisa menabung saham dan beberapa tips untuk bisa memilih saham terbaik. Semoga program “Yuk Menabung Saham” ini menjadi langkah awal untuk melakukan investasi di saham.

Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion