Resensi Buku The Book of SEO

Resensi Buku The Book of SEO - Blog atau Weblog adalah sebuah website yang ditulis seorang blogger yang berisi beragam informasi dan juga menampilkan berbagai postingan terbaru yang selalu diperbarui secara berkala yang dikelola oleh satu atau sekelompok blogger. Di era yang serba digital seperti saat ini, blog sudah bukan lagi menjadi sekedar tulisan pribadi, namun sudah berubah menjadi ladang bisnis yang menghasilkan bagi pengelolanya, bahkan bisa disebut sebagai aset digital yang bisa menghasilkan. Tidak mudah untuk menjadikan sebuah blog menjadi aset digital yang produktif, dibutuhkan proses panjang dengan berbagai teknik, sehingga blog bisa menjadi aset produktif bagi pemilik blog. Salah satu cara agar bisa menjadikan blog tersebut menghasilkan adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization), bagi kebanyakan blogger, SEO menjadi sebuah momok tersendiri, namun dalam Buku “The Book of SEO” karangan Rianto Astono, kekhawatiran dan keraguan tentang SEO menjadi hal yang mudah, yang dijabarkan secara gamblang dan dengan jelas.

Di antara ilmu yang diperlukan dalam pengembangan blog dan juga agar blog bisa bertahan lama layaknya sebuah bisnis yang telah dibangun, maka SEO menjadi unsur penting setelah konten itu dibuat. Rianto Asotono dalam buku ini memberikan sebuah point penting agar para blogger sangat memperhatikan dan belajar tentang SEO. Karena SEO sejatinya adalah  strategi marketing online yang paling awet yang ada di jagat maya.Tatkala berbagai model bisnis online yang lain tumbang atau berubah cepat. SEO yang dilakukan sejak lama masih tetap bertahan hingga sekarang.

Buku ini menerangkan secara lugas, yang membedakannya dengan buku-buku SEO lainnya, yang paling bisa diingat dengan penerapan SEO adalah”SEO itu tidak gratis karena kencing saja bayar”. Inilah yang menyebabkan saya menganggap blog adalah sebuah aset digital yang harus dibangun selayaknya bisnis yang harus dimulai, dibangun dan diperlakukan dengan spesial, karena siapapun yang bisa memberikan sentuhan layaknya bisnis yang dimiliki, maka blog akan memberikan hasil yang luar biasa. Sehingga bisa dikatakan Blog dan SEO adalah satu kesatuan penting yang tidak dapat dipisahkan.

The Book of SEO;Resensi Buku The Book of SEO
The Book of SEO (Sumber gambar: thebookofseo.id)

Resensi Buku Non Fiksi “The Book of SEO”

Banyak alasan mengapa blog itu dibuat, dan seiring dengan berkembangnya informasi dan kebutuhan dalam proses marketing, yang menjadikan blog menjadi sebuah aset produktif membuat blogger berusaha memberikan hal terbaik dari sisi konten yang berkualitas, yang nantinya membuat blog bisa menghasilkan pendapatan dengan blog yang bisa dimonitize. Dan dengan kebutuhan agar blog dikenal selain konten atau artikel terbaik, dibutuhkan sebuah cara agar artikel maupun blog bisa dikenal, dan alat yang digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization). Berbicara tentang kebutuhan maka SEO menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan, apalagi sejak Google memberangus semua blog yang menggunakan cara-cara yang tidak pantas, seperti black hat atau berbagai cara yang melanggar aturan Google.

SEO menjadi salah satu cara terbaik untuk mengenalkan semua produk online, dan hal ini sesuai yang disampaikan Rianto Astono tentang SEO, yaitu:
SEO adalah ilmu yang kerap dipelajari pertama kali oleh orang-orang yang terjun ke bisnis online, ditinggalkan karena ketidaksabaran atau salah peerapan, dan pada akhirnya dijemput kembali ketika segala hal yang lain tidak berjalan sesuai yang diinginkan”.
Banyak hal yang membuat sebagian bahkan banyak orang malas untuk mempelajari SEO, selain karena lama, juga membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak sabar untuk mendapatkan uang dengan mengecoh mesin pencari seperti Google dengan membuat tools yang nyata-nyata malah melanggar ketentuan dari Google itu sendiri.

Topik yang dibahas dalam The Book of SEO;Resensi Buku The Book of SEO;Resensi Buku Non Fiksi “The Book of SEO”;
Topik yang dibahas dalam The Book of SEO (Sumber gambar: thebookofseo.id)
The Book of SEO sendiri membahas empat hal yang saling berhubungan, yaitu Insight SEO, Onpage SEO, Offpage SEO dan Others SEO.

Insight SEO Blog  

SEO adalah sesuatu hal yang tidak terbayangkan, bahkan mereka yang telah berkecimpung lama dalam dunia blog masih menebak-nebak tentang SEO, karena bagi pemilik website dan blogger, menganggap bahwa berbicara tentang SEO, maka hanya Tuhan dan Google saja yang tahu tentang kebenaran tersebut, hal ini disebabkan karena tidak ada rumus yang baku yang bisa menjamin sebuah website mampu bertengger di halaman pertama mesin pencari seperti yang diharapkan pemilik website.

Buku The Book of SEO;Insight SEO Blog
Buku The Book of SEO
Dalam Insight SEO, terdapat lima bab penting yang harus dibaca satu persatu agar memahami apa itu SEO dan bagaimana membuat website menjadi mudah bertengger di halaman pertama Google, antara lain:
  1. SEO dan Google (Bab 1)
  2. Modal SEO (Bab 2)
  3. Mengapa SEO (Bab 3)
  4. Kontra SEO (Bab 4)
  5. Ilustrasi SEO (Bab 5)

SEO dan Google
SEO memiliki arti sebagai optimasi mesin pencari, yaitu sebuah strategi dan metodologi agar konten yang terdapat pada website bisa muncul pada bagian atas SERP (Search Engine Result Pages) untuk kata kunci tertentu yang diinginkan.

Baca juga: Resensi "Menulis di Blog Bisa Bikin Kaya".

Pada intinya semakin baik posisi sebuah website di mesin pencari untuk kata tertentu, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan traffict.

Modal SEO
Diantara berbagai materi tentang SEO, maka inilah yang membuka mata mengapa SEO itu penting dan yang jelas SEO itu tidak gratis, “karena kencing saja bayar”. SEO, yang pasti membutuhkan yang namanya “MODAL”, minimal untuk membeli TLD (top level domain), web hosting yang baik dan juga konten berkualitas tinggi, bahkan untuk hasil yang maksimal, kita masih harus menyisihkan dana untuk themes dan juga plugin premium.

Buku The Book of SEO
Buku The Book of SEO
Dan setelah itu semua, masih dibutuhkan modal untuk optimasi offpages dengan kata kunci idaman dengan menggunakan backlinks berkualitas tinggi dari situs terpercaya (high trust flow metrics backlink) dan untuk hal ini biaya yang dibutuhkan sangat besar bahkan bisa membuat sakit perut mendadak.

Seperti layaknya sebuah bisnis, maka SEO membutuhkan modal awal dan investasi berkelanjutan dengan risiko kerugian bisnis yang dimilikinya. Namun dibalik biaya yag mahal, efek positifnya luar biasa, yang membuat penulis (Rianto Astono) yang ternyata berbisnis dengan SEO membuatnya tidur lebih nyenyak dibandingkan model bisnis online lainnya.

Mengapa SEO?
Tentunya terdapat alasan yang masuk akal menggunakan SEO sebagai penujang utama dalam bisnis blog, sebagai berikut:
  1. Kuenya besar.
  2. Diakui.
  3. Baik untuk Brand.
  4. Ideal.
  5. Murah.
  6. Jangka pnjang.

Dalam SEO yang perlu mendapat catatan sebagai motivasi, adalah:
What comes easy, won’t last. What lasts, won’t come easy”.
Yang artinya: Apa yang diperoleh dengan mudah, biasanya tak akan bertahan lama dan apa yang bertahan lama, biasanya tak akan diperoleh dengan mudah. Seperti itulah SEO, mempelajari dan mempraktekkannya membutuhkan waktu, begitu pula dengan hasil yang ingin dicapai.

Kontra SEO
Pada point ini, yang sangat penting dan menjadi catatan adalah:
Lain dulang lain kaki, lain orang lain hati. Kepala sama berbulu, pendapat berlain-lainan.”
Maka bila SEO sangat keren dan bagus maka mengapa para pebisnis online tidak memanfaatkannya. Jawabannya hampir sama seperti kenyataan menyimpan emas yang katanya begitu menguntungkan, namun tidak semua orang melakukannya.
  • Karena seo adalah masalah selera dan pilihan. 
  • SEO adalah masalah waktu dan ketekunan.
  • SEO adalah masalah keyakinan dan kesabaran.

Ilustrasi SEO
Terdapat dua hal penting dalam Bab Insight SEO, yaitu:
  1. Prinsip dan Ide.
  2. Alat Perang.

Dalam Prinsip dan Ide. Jika anda bisa mendapatkan domain, hosting premium, konten premium, backlink bagus, komputer dan koneksi internet secara gratis, maka SEO itu gratis. Namun bila itu semua tidak bisa didapatkan, maka SEO itu bukanlah hal yang gratis. Sehingga anda harus menyiapkan modal untuk mendapatkan itu semua. Begitu pula dengan ide, ide terbaik adalah passion atau bisnis yang anda miliki sekarang. “Ideas are bulletproof”.

Baca juga: Sukses Nge-Blog ala Mas Timon.

Untuk alat perang, begitu pula dengan SEO yang membutuhkan alat wajib sebagai alat perang, yaitu:
  • Domain.
  • Webhosting.,
  • Konten berkualitas.
  • Backlink.
  • Tools.

Khusus untuk backlink, karena fokusnya adalah jangka panjang, maka membutuhkan backlink yang baik dan fokus dengan backlink yang sedikit namun bermutu tinggi. Bagi penulis (Rianto Astono) setiap bulan menyiapkan budget untuk memberikan backlinks pada website yang memiliki kata kunci potensial yang sedang bergerak ke arah yang diharapkan.

Onpage SEO 

Dalam Onpage SEO terdapat empat hal yang menjadi perhatian, yaitu:
  1. Keyword (Bab 6)
  2. Domain & Hosting (Bab 7)
  3. Wordpress (Bab 8)
  4. Konten (Bab 9).

Offpage SEO 
Dalam bagian ini terdapat dua hal yang menjadi perhatian, yaitu:
  1. Backlink (Bab 10)
  2. Social Signals (Bab 11).

Others SEO
Bagian ini menjadi bagian tambahan dalam penjelasan dari buku The Book of SEO, yaitu :
1. The Ranking System (Bab 12).
2. Topi SEO (Bab 13).
3. Scaling (Bab 14)

Tidak ada yang mudah dalam membangun sebuah blog, seperti layaknya sebuah bisnis maka SEO sangat diperlukan agar bisa menghadirkan traffics yang tentunya traffics organik yang disenangi Google. Resensi Buku The Book of SEO ini menghadirkan semua penjelasan yang lugas dari penulis tentang semua yang berkaitan dengan SEO, dengan SEO dan melakukan White Hat SEO, maka blog yang dibangun akan terhindar dari berbagai efek negatif  update algoritma Google, seperti update yang terjadi baru-baru ini “The Animal Update Factor”, seperti Google Panda, Google Penguin, Google Pigeon dan Google Hummingbird.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku The Book of SEO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel