Peraturan Kost

Peraturan Kost - Memiliki impian untuk bisa mendapatkan passive income menjadi hal yang menarik. Dan instrumen investasi  yang bisa memberikan passive income, diantaranya adalah memiliki aset produktif, yaitu berupa rumah kost. Bisnis rumah kost saat ini mulai menggeliat lagi, apalagi dengan mulai banyaknya perkantoran, pendidikan dan juga sektor industri yang mulai berdiri dan dibangun. Hal ini memberikan peluang yang luar biasa bagi terbukanya bisnis kost. Memang modal awal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini sangat besar, namun kalau melihat bahwa tujuan utamanya adalah agar bisa mendapatkan pendapatan meski sambil rebahan di rumah, maka kondisi ini menjadi hal yang tidak msalah.

Setelah memulai dan membangun bisnis kost, dan mulai banyak penghuni kost yang siap untuk menempati rumah kost yag anda kelola, maka anda harus menyiapkan peraturan kost bagi para penghuni kost, agar bisa menciptakan sebuah ketertiban dan kenyamanan dalam rumah kost.

Rumah Kost;Peraturan Kost
Rumah Kost (Sumber gambar: Instagram.com/andyrahman)

Hal yang Harus Diatur dalam Rumah Kost

Memang tidak semua penghuni rumah kost memiliki sifat dan watak yang nakal, namun alangkah baiknya bila sebelum rumah kost tersebut dibuka, anda sudah menyiapkan peraturan kost bagi para penghuni rumah kost.

Baca juga: Tips Mengelola Rumah Kost.

Peraturan yang dibuat sebaiknya diatur dengan singkat dan jelas, terdapat beberapa hal yang bisa diatur dan disampaikan dalam peraturan kost (instagram.com/bisniskost), sebagai berikut:
  1. Ketentuan admisntratif.
  2. Tentang pembayaran sewa kost.
  3. Menerima tamu dan jam malam.
  4. Hak bagi para penyewa kost.
  5. Himbauan dan larangan.
  6. Pembebasan tanggung jawab apabila terjadi force majeur.
  7. Sanksi yang diberikan bila terjadi pelanggaran.

Peraturan kost tersebut selain ditempel di dinding rumah kost, juga sebaiknya dibuat dalam bentuk perjanjian yang ditandangani kedua belah pihak saat penyewa masuk di awal kost, dan dalam perjanjian kost tersebut juga dilampirkan peraturan kost yang harus ditaati para calon penghuni kost.

Cara Menerapkan Peraturan Kost

Terdapat beberapa cara dan tips agar peraturan kost tersebut bisa ditaati oleh penyewa kost, sebagai berikut:
  • Peraturan tersebut dibuat secara tertulis sebagai kontrak yang ditandatangani oleh penyewa kost.
  • Ditempelkan di tempat yang mudah dilihat.
  • Dalam proses penerapan aturan kost tersebut, jangan menerapkannya secara kaku, namun juga harus memperhatikan aspek kemanusiaan.
  • Apabila, kalau memang terjadi pelanggaran, sampaikan teguran dengan baik.
  • Utamakanlah unsur musyawarah dan penyelesaian secara kekeluargaaan.
  • Langkah terakhir apabila terjadi hal yang tidak bisa ditangani, maka mintalah bantuan kepada pihak berwajib apabila telah terjadi pelanggaran yang lebih serius.

Itu dia sedikit gambaran tentang peraturan kost yang harus dibuat dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban rumah kost yang anda kelola, selain itu juga menjaga ketenangan para pemilik kost. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion