Nasi Jagung, Kuliner Tradisional di Dekat Rumah

Banyak sekali jenis kuliner enak dan murah di sekitar kita, bahkan harganya pun murah dan terjangkau, yang sering malah terlewatkan oleh kita. Kali ini bahasan saya juga sama, sebuah kuliner nasi jagung, kuliner tradisional di dekat rumah, yang baru saya ketahui baru-baru ini. Penyajian kuliner memang menjadi hal yang mempengaruhi seseorang untuk datang dan penasaran akan suatu kuliner. Begitu pula dengan sajian nasi jagung  di desa, kalau berbicara penyajian, tentu kalah dengan kuliner yang disajikan di sebuah resto, namun soal rasa jelas tidak kalah.

Daerah Probolinggo memang dikenal dengan daerah yang merupakan pencampuran antara Suku Jawa dan Suku Madura, namun perpaduan kedua suku ini menjadikan kuliner di daerah ini menjadi semakin kaya dan beragam. Banyak sekali sajian kuliner yang bisa anda ditemukan di daerah ini, dan tentunya sangat enak, mulai dari kuliner sampai cemilan, semuanya ada.

Nasi Jagung;Nasi Jagung, Kuliner Tradisional di Dekat Rumah
Nasi Jagung

Nasi Jagung Madura sebuah Rasa Kuliner yang Nikmat

Mungkin anda mengira nasi jagung yang dibahas adalah nasi jagung di daerah Madura? Dan kebetulan juga nasi jagung juga identik dengan sajian nasi jangung yang ada di Madura. Begitu pula di daerah Tongas ini, masyarakat juga menyebutnya dengan nasi empog, hal ini merujuk pada penyebutan nasi jagung di Madura. Kalau di Madura, nasi jagung sengaja dibuat karena melimpahnya produksi jagung, hal ini berbeda dengan daerah di Pulau Jawa, kuliner ini sengaja di modifikasi dengan rasa nikmt khas Madura.

Nasi jagung memang dibuat dengan cara yang sederhana, dengan bahan utama dari jagung yang sudah tua, kemudian digilingsehingga menghasilkan bentuk yang tidak terlalu halus, baru kemudian dicampurkan dengan beras. Namun jangan salah, nasi jagung ini kalau sudah matang, rasanya enak dan empuk.

Nasi Jagung;Nasi Jagung, Kuliner Tradisional di Dekat Rumah;Nasi Jagung Madura
Kenikmatan Nasi Jagung

Nasi jagung yang saya nikmati ini, kebetulan saya beli untuk dibawa pulang, selain karena keterbatasan waktu, juga warung tersebut penuh. Foto dan gambar penyajian nasi jagung tersebut, murni disajikan langsung dari nasi bungkus. Setelah disajikan dalam piring saji, bentuknya menjadi sangat menarik. Dalam satu porsi nasi jangung disajikan dengan sayuran atau urap (campuran kangkung, atau kenikir dengan taoge, baru dicampur dengan kelapa parut yang sudah dibumbui), terong goreng, tempe atau tahu kare, tongkol bumbu bali, bakwan jagung, dan peyek. Ingin tahu harganya?. Dalam satu bungkus seperti gambar di atas hanya dibandrol Rp. 7.000,-.

Nasi Jagung untuk Diet

Selain dinikmati untuk sajian sehari-hari, karena rasanya yang enak dan nikmat. Nasi jagung juga dikonsumsi karena sangat baik untuk kesehatan yang bisa menggantikan nasi putih karena kadar gula pada nasi putih sangat tinggi dan kurang mengandung nutrisi. Berbeda denga  nasi jagung yang mengandung nutrisi yang tinggi, dan jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks yang membuat saluran pencernaan akan mencerna karbohirat kompleks lebih lambat.

Baca juga: Bakso Cak Arik | Kenikmatan Kuliner Ndeso.

Nasi jagung sangat bagus untuk diet, karena jagung mengandung senyawa bioaktif dan juga mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh dengan indeks glikemik yang relatif lebih rendah dibanding padi, sehingga beras jagung sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki penyakit diabetes.

Lezatnya nasi jagung;Nasi Jagung untuk Diet;Nasi Jagung, Kuliner Tradisional di Dekat Rumah
Lezatnya nasi jagung

Manfaat mengkonsumsi nasi jagung, antara lain:
  • Sebagai pengganti nasi untuk bisa menghasilkan energi.
  • Bisa mengatasi diare.
  • Mengatasi gangguan pencernaan.
  • Menjaga kesehatan tulang.
  • Menurunkan risiko penyakit kanker.
  • Menjaga kesehatan, khususnya pada fungsi ginjal.
  • Mencegah anemia.

Siapa yang mengira menikmati nasi jagung, kuliner tradisional di dekat rumah, bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Ayo galakkan makanan tradisional yang dijual para tetangga di sekitar rumah kita, selain bermanfaat untuk tubuh, juga membantu ekonomi desa.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Nasi Jagung, Kuliner Tradisional di Dekat Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel