Corona Virus dan Pengaruhnya Pada Blog

Corona Virus dan Pengaruhnya Pada Blog - Diakui atau tidak, corona virus telah mempengaruhi semua sendi kehidupan, tidak hanya kehidupan masyarakat yang harus mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru, sektor bisnis juga sama, banyak yang harus memulai lagi dari nol karena dua bulan yang lalu banyak yang harus menutup usahanya bahkan ada yang sampai bangkrut. Bagi seorang blogger yang sudah mendapatkan penghasilan dari blognya, tentunya sedikit banyak pendapatan yang didapatkan juga mengalami penurunan, hal ini disebabkan karena menurunnya orang atau pihak yang mengiklankan produknya di Google, dan hal ini juga berakibat menurunnya pendapatan dari blog yang telah dikelolanya.

Sebagai seorang blogger, mungkin di awal tidak merasakan adanya penurunan tersebut, namun setelah melihat naik turunnya visitor blog yang begitu drastis, hal ini juga menjadi pertanyaan besar bagi masing-masing blogger, apalagi seorang blogger pemula. Sebagai seorang penulis blog yang berusaha menulis dengan benar dan sedikit banyak menerapkan kaidah SEO, tentunya hal ini membuat sedikit membingungkan. Namun sedikit informasi dari Kevintaw (Instagram.com/Omnirank) sedikit mencerahkan kondisi dunia blog saat ini.

Corona Virus dan Pengaruhnya Pada Blog
Menulis blog (Gambar ilustrasi)

Isu Utama Corona Virus pada Blog

Bagi mereka yang telah berkecimpung dalam dunia blog, apalagi yang sudah memasang iklan pada blognya atau menjadi seorang publisher blog, kondisi ini juga membuat sedikit harap-harap cemas. Tidak sedikit yang mulai mencari informasi karena blognya ada yang tidak bisa menampilkan iklan atau bahkan iklan yang tampil menjadi sangat jarang.

Baca juga: Sukses Nge-Blog ala Mas Timon.

Kevintaw sendiri sebagai penyedia jasa dalam SEO (Omnirank.id) memberikan sedikit gambaran atau isu utama yang terjadi saat terjadi wabah pandemi virus corona ini, sebagai berikut:
  1. Search traffict berubah. Search volume dari keyword akan mengalami perubahan.
  2. Banyak industri yang mengalami penurunan, seperti travel, maskapai penerbangan, penginapan, otomotif dan juga pakaian.
  3. Namun dibalik industri yang mengalami penurunan tersebut, juga terdapat industri atau niche yang meningkat, yaitu digital streaming, make money online, course online, food delivery dan juga farmasi.

Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat penting bagi para blogger, bagi yang berorientasi pada blog monetize, maka sedkit banyak mulai mengubah niche yang ditulisnya. Hal ini agar blog yang dikelolanya tidak mengalami penurunan visitor dan juga sesuai dengan kebutuhan para pembaca saat ini.

Pengaruh Corona Virus Pada Perkembangan Blog

Cepat action menjadi kata kunci yang harus dilakukan dalam masa corona virus saat ini, tidak pelu khawatir yang berlebihan dan selalu waspada, menjadi kunci sukses untuk berhasil di era saat ini. Dengan merebaknya corona virus juga memiliki pengaruh pada berbagai sektor dan juga blog, sebagai berikut:
  1. Buyer intent mengalami penurunan.
  2. Blog dan juga usaha kecil-menengah tidak perlu melakukan pivot (ganti jualan) terlebih dahulu.
  3. Para pemain besar membutuhkan waktu untuk melakukan transisi pekerjaan menjadi online dan di rumah, sehingga hal ini menjadi sebuah kesempatan bagus untuk usaha online kecil dan menengah.

Namun, meskipun keadaan yang harus tetap melakukan perubahan dan menjaga keselamatan. Bagi para blogger, tentunya harus memiliki trik tersendiri agar blog yang dikelolanya tetap hidup, dengan cara:
  1. Selalu tetap maju dengan fokus untuk selalu melakukan optimasi dan meningkatkan rangking.
  2. Beberapa artikel bisa ditambahkan keyword “di rumah”. Memang tidak semua keyword bisa ditambahkan kata “di rumah”, namun semua bisa ditambahkan, seperti olahraga di rumah, menghasilkan uang di rumah, dan sebagainya,
  3. Harga konten semakin murah. Jika semakin banyak penulis (writer), maka harga konten akan semakin murah.

Tidak ada yang bisa dilakukan selain tetap bersemangat dan tetap menulis, semoga sedikit informasi tentang  “Corona Virus dan Pengaruhnya Pada Blog”, bermanfaat dan bisa menjadikan sedikit masukan untuk tetap berkreasi.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Corona Virus dan Pengaruhnya Pada Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel