Cara Mudah Mengenalkan Usaha

Memiliki sebuah usaha saat ini menjadi  harapan dan keinginan banyak orang, khususnya yang saat ini masih memiliki status sebagai karyawan. Kebanyakan mereka menganggap memulai usaha adalah hal yang mudah, tinggal membuat usaha kemudian menjual produk yang dimilikinya, kemudian uang langsung mengalir. Bagi saya hal yang wajar memiliki anggapan seperti itu, namun dengan berkembangnya media sosiual dan kemudahan mengakses internet saat ini menjadi cara mudah mengenalkan usaha.

Memulai usaha baik usaha online atau pun offline memang harus direncanakan dari hal kecil, mulai dari mempersiapkan jenis usaha apa yang akan dibuka, sampai dengan bagaimana mempersiapkan barang untuk stock. Tidak hanya itu, memulai usaha sebenarnya seperti membangun sebuah rumah yang layak untuk kita, bahkan bagaimana cara mengenalkan usaha menjadi hal penting agar orang-orang tahu bahwa kita memiliki usaha dan orang-orang mengerti bahwa kita menjual suatu produk yang dibutuhkan oleh mereka.

Menggunakan media sosial untuk mengenalkan usaha;Cara Mudah Mengenalkan Usaha
Menggunakan media sosial untuk mengenalkan usaha (Sumber gambar: enaknyakemana.com)

Cara Mengenalkan Usaha Baru Kepada Masyarakat

Memiliki usaha baik offline atau pun online sebenarnya memiliki cara yang sama dalam membangunnya. Meskipun diantara jenis usaha tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pengalaman saya saat memulai usaha, mengarahkan para calon konsumen untuk datang menjadi calon pembeli bukanlah hal yang mudah, kalau ingin usaha kita cepat dikenal, kita harus lebih berupaya agar mereka cepat ingin tahu dengan usaha kita.

Langkah yang bisa dilakukan saat megenalkan usaha dan hal ini sempat saya sampaikan kepada teman-teman komunitas bisnis, adalah sebagai berikut:
  1. Sebelum usaha berdiri, buatlah terlebih dahulu sebuah website tentang profil usaha, meskipun hanya website sederhana, dan saya share ke grup Whatsapp dan grup bisnis lainnya.
  2. Membuat brosur sederhana, yang menunjukkan tentang produk yang kita jual dan menunjukkan eksistensi usaha.
  3. Membagikan brosur di sekitar tempat usaha, dan juga membaginya ke konsumen baru yang memulai membeli produk yang kita jual.
  4. Menggunakan media sosial yang  anda ikuti, mulai dari facebook, instagram, twitter dan juga media sosial lainnya.
  5. Kalau bisa sambil belajar tentang cara mengoptimalkan SEO untuk fokus pada usaha.

Tips Membuat Orang Lain Kenal dan Tertarik Dengan Usaha Kita

Salah satu cara agar kita bisa memperkenalkan usaha sehingga masyarakat bisa tertarikdengan porduk usaha kita, salah satunya adalah dengan cara memahami dan mampu menggunakan media sosial dengan benar. Di antara media sosial yang sering digunakan dan banyak dipakai masyarakat adalah facebook.

Memang di awal usaha pasti banyak yang berkomentar miring, misalnya, bila anda memilki usaha kuliner, pasti ada yang mengatakan dengan, ngolah dagingnya kurang empuk, ini pake bumbu apa, jualan makanan haram ya kok murah banget harganya dan berbagai komentar negatif lainnya. Tapi tenang saja, semakin anda bertahan dan tetap melakukan promosi seperti di facebook, komentar negatif tersebut akan tertutup dengan banyaknya orang yang datang ke tempat usaha anda.

Baca juga: Biaya Promosi vs Hasil Penjualan.

Pengalaman dan fakta menunjukkan bahwa facebook bisa membuat usaha baru bisa dikenal dan diminati banyak orang dan tentu saja dengan media sosial, seperti facebook, bisa mengedukasi orang-orang. Di usaha kuliner, facebook membuat usaha tersebut bisa cepat dikenal, apalagi bila anda mengikuti grup kuliner facebook yang ada di kota tersebut, sehingga promosi yang dilakukan bisa terarah dan sesuai pangsa pasar yang tepat dengan usaha anda.

Hal ini menjadi kesempatan karena kebanyakan orang memiliki media sosial hanya digunakan sebagai hiburan saja, dan belum bisa mengoptimalkan facebook sebagai salah satu media sosial yang bisa meberi keuntungan bagi anda.

Tips Cara Mengenalkan Usaha Dengan Internet

Setelah mengetahui media sosial bisa digunakan sebagai alat promosi, maka kita bisa memperkenalkan usaha dengan menggunakan internet, apalagi kalau anda sudah menggunakan website untuk menggunakan usaha yang anda miliki. Banyak keutungan memulai usaha di era saat ini, yang semuanya bisa diketahui dengan cepat, apalagi semua orang telah menggunakan internet sebagai media komnukasi.

Untuk mengenalkan usaha dengan internet secara serius, terdapat tiga hal utama yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Konten marketing.
Anda bisa mengisi website anda dengan konten tentang produk barang yang anda jual, atau bisa juga dengan sedikit memasukkan produk barang anda pada marketplace, dengan mendaftarkan produk usaha anda ke marketplace, usaha anda lebih cepat dikenal.

2. Fokus pada SEO 
Setelah anda mengisi website usaha anda dengan konten yang menarik. Maka langkah selanjutnya adalah mengupayakan agar konten usaha anda bisa berada pada halaman pertama mesin pencari, dengan hal tersebut, minimal pencari produk usaha anda tertarik untuk membuka website anda.

3. Membayar Paid Ads.
Setelah semua telah dilakukan, anda bisa membuat akun sosial media kemudia bisa menemukan banyak audiens di media sosial, dan bosa memasang iklan usaha anda. Keunggulan menggunakan paid ads ini adalah kecepatan pengaruhnya, dimana setelah iklan usaha anda dipasang, anda bisa melihat efeknya dengan cepat, dan tentu saja bisa tepat sasaran.

Itu dia sedikit uraian cara mudah mengenalkan usaha, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengenalkan Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel