Biaya Promosi vs Hasil Penjualan

Perilaku konsumen yang terus berubah menyebabkan terjadinya perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kondisi ini mengakibatkan perusahaan harus bisa membuat suatu produk yang bisa mengakomodir kebutuhan konsumen. Yang menjadi permasalahan dalam memenuhi kebutuhan konsumen tersebut adalah banyaknya perusahaan yang membuat produk dengan fungsi yang sama meskipun berbeda merk. Hal ini mengakibatkan timbulnya persaingan antar perusahaan tersebut  untuk memenangkan pangsa pasar yang ada.

Dalam menghadapi persaingan tersebut, perusahaan dituntut untuk bisa mengenalkan produk yang diproduksi dan dijualnya. Salah satunya dengan menawarkan produk tersebut kepada konsumen dan calon konsumen, cara yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan promosi.

Promosi yang dilakukan perusahaan adalah salah satu cara dapat ditempuh perusahaan untuk mendorong konsumen membeli barang yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan permintaan yang sudah ada serta mendorong permintaan baru agar konsumen dan calon konsumen terpengaruh untuk membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Dari uraian singkat diatas yang perlu dicermati bagi kita adalah “Sejauh mana biaya promosi berpengaruh terhadap perubahan hasil penjualan?

Biaya Promosi vs Hasil Penjualan
Gambar ilustrasi

Teori-teori Pemasaran

Terdapat perbedaan antara pemasaran dengan penjualan, penjualan merupakan kegiatan menyampaikan produk kepada konsumen, dan penjualan merupakan bagian dari kegiatan promosi dan promosi merupakan bagian dari pemasaran. Sehingga kalau pemasaran bertujuan untuk melayani keinginan konsumen, maka penjualan melayani keinginan perusahaan.

Promosi
Promosi menurut Basu Swastha, adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Promosi bertujuan untuk memberitahukan atau mengfinformasikan kepada konsumen tentang adanya suatu produk dan dapat mendorong permintaan yang pada akhirnya mempengaruhi konsumen untuk membeli. Kegiatan promosi merupakan salah satu dari kegiatan komunikasi dalam bidang pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan kepada pasar sasaran dengan perantara melalui berbagai media pemasaran, dan misi dari promosi adalah menciptakan dan memelihara komunikasi dengan pangsa pasar.

Baca juga: Perilaku dan Kepuasan Konsumen atas Suatu Produk.

Saat ini kegiatan promosi, keberadaaan fungsi dan peranannya semakin disadari oleh perusahaan mengingat semakin ketatnya persaingan antar perusahaan dalam memnangkan pangsa pasar yang ada.

Promotional Mix
Dalam marketing, unsur-unsur promosi biasanya dijalankan secara bersama-sama. Menurut Sumarni – Soeprihanto, promotional mix adalah kombinasi strategi yang terbaik dari varibel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Terdapat tiga variabel dalam promotional mix, yaitu:
  1. Periklanan
  2. Personal Selling
  3. Promosi penjualan

Periklanan adalah salah satu dari variabel penting yang digunakan oleh perusahaan untuk melancarkan komunikasi persuasif terhadap pembeli dan masyarakat yang ditargetkan. Tujuan periklanan adalah:
  • Untuk menyampaikan informasi.
  • Untuk mengingatkan
  • Untuk membujuk.

Terdapat beberapa metode promosi penjualan yang membantu peningkatan volume penjualan, antara lain:
  • Pemberian contoh barang (sampel)
  • Potongan penjualan
  • Kupon atau Nota
  • Hadiah
  • Kupon berhadiah.
  • Rabat
  • Sales Promotion

Hubungan antara Penjualan dengan Promosi

Suatu perusahaan pada umunya mempunyai tujuan mendapatkan laba tertentu dan mempertahankannya atau berusaha meningkatkan untuk jangka waktu tertentu. Tujuan ini baru dapat direalisasikan apabila penjualan dapat dilaksanakan sesuai rencana oleh perusahaan. Agar terjadi penjualan, yaitu dengan memperkenalkan barang atau jasa kepada konsumen dan akhirnya mau membeli. Proses inilah yang dinamakan promosi.

Perusahaan dapat memilih kegiatan promisi yang tepat bagi produknya agar target penjualan tercapai. Adapun hubungan antara komponen kegiatan promosi dengan penjualan adalah promosi akan memberikan informasi produk yang akan dijual agar para pembeli terpengaruh untuk membeli. Bila kegiatan ini berhasil maka akan berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan.
Share

Belum ada Komentar untuk "Biaya Promosi vs Hasil Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel