Analisa Fundamental Saham

Masih ingat dengan Warren Buffett, orang kaya dunia yang kaya karena investasi yang dilakukannya?. Beberapa quote bisnis dari Warren Buffett ini telah memberikan inspirasi bagi siapa saja yang tidak ingin ketika sudah tua masih harus bekerja. Salah satu yang dilakukannya adalah membuat uang bekerja untuk dirinya dengan menggunakan berbagai alat investasi yang salah satunya adalah saham. Namun untuk bisa melakukan investasi di saham, termasuk melakukan pembelian dan penjual saham diperlukan pemahaman tentang invetasi saham, yang salah staunya adalah analisa fundamental saham.

Saham sendiri sudah dikenal sebagai instrumen investasi terbaik, yang merupakan tanda penyertaan mudal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak yang melakukan investasi tersebut berhak atas pendapatan perusahaan, juga klaim atas asset perusahaan dan juga berhak hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Analisa Fundamental Saham
Sumber gambar: pixabay.com

Analisa Fundamental

Saat ini sudah mulai banyak pihak yang sadar akan pentingnya invetasi, salah satunya dengan melakukan investasi saham, yang tidak untuk digunakan sebagai trading (investasi jangka pendek), namun lebih difokuskan pada investasi jangka panjang, yang nantinya akan memberikan keuntungan dalam bentuk dividen dan juga capital gain. Salah satu cara untuk menggalakkan investasi saham adalah dengan gerakan “Yuk Nabung Saham”, namun agar hasil nabung saham dapat memperoleh hasil maksimal, minimal harus mengetahui analisa fundamental untuk melakukan investasi saham.

Analisa fundamental adalah sebuah teknik untuk melakukan analisa yang pada umumnya digunakan oleh para investor untuk membantu keputusan dalam melakukan jual beli saham. Teknik analisa yang dilakukan dalam analisa adalah dengan memperhitungkan berbagai faktor, seperti analisa tentang kinerja perusahaan, analisa persaingan usaha, analisa industri, analisa ekonomi dan juga analisa pasar makro - mikro.

Baca juga: Pilih HP atau Saham?

Pada intinya, analisa fundamental ini sangat penting, karena investor yang ingin melakukan investasi bisa mengetahui emiten akan murah atau mahal, bagus atau jelek, dan juga mengetahui harga wajar saham.

Analisa Fundamental Praktis

Terdapat beberapa tips yang bisa digunakan dalam melakukan analisa fundamental sebelum melakukan pembelian saham (www.instagram.com/belajarsahamindonesia), sebagai berikut:
  1. Harus melihat bidang usahanya, apakah bagus atau tidak.
  2. Carilah bisnis yang memiliki laba usaha yang besar.
  3. Perhatikan apakah perusahaan yang akan dibeli sahamnya mengalami pertumbuhan laba atau tidak.
  4. Hindari perusahaan yang jumlah utangnya sangat besar.
  5. Perhatikan jumlah dividen per saham yang dibagikan dan juga rasio dividen.
  6. Pertimbangkan juga faktor manajemen perusahaan.
  7. Perhatikan valuasi saham.

Beberapa point dalam analisa fundamental saham tersebut adalah tips praktis yang bisa dipelajari dan bisa menjadi pedoman sebelum anda melakukan investasi saham, apalagi invetasai saham yang akan dilakukan adalah untuk investasi jangka panjang.

Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion