Tantangan Astra Financial Service Sebagai Penyedia Jasa Keuangan Di Indonesia

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari aktivitas yang berhubungan dengan jasa finansial. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan jasa yang disediakan oleh penyedia industri keuangan ini. Jasa keuangan adalah suatu jasa yang berhubungan dengan organisasi atau lembaga yang memiliki tugas dalam hal pengelolaan dana. Banyak sekali organisasi atau lembaga yang dikategorikan sebagai lembaga finansial, diantaranya adalah bank, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan keuangan dan juga sekuritas. Salah satu lembaga keuangan tersebut adalah Astra Financial Service, yang mencoba masuk dalam bisnis jasa keuangan di Indonesia. Tantangan Astra Financial Service sebagai penyedia jasa keuangan di Indonesia sangat luar biasa, khususnya dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat, ditambah lagi dengan keadaan masyarakat Indonesia yang masih belum memahami arti pentingnya jasa keuangan.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan akan jasa finansial menyebabkan adanya permintaan pasar, yaitu tentang kebutuhan jasa keuangan. Sebagai sebuah industri yang sangat kompleks, maka lembaga keuangan dalam hal ini, Astra Financial Service berusaha menyediakan fasilitas akan jasa keuangan yang bisa memudahkan para konsumen, dalam hal ini nasabah. Apalagi dengan adanya revolusi digital yang telah merubah sistem kehidupan masyarakat.


Sebagai sebuah lembaga keuangan, industri jasa keuangan menjadi sebuah lembaga yang menyediakan jasa keuangan untuk melayani kebutuhan masyarakat dan keberadaannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan, baik berupa sandang, pangan dan papan, juga kebutuhan akan jaminan di masa yang akan datang atau disebut juga dengan investasi.

Astra Financial Service dan Peluang Dalam Hal Pembiayaan Produktif Bagi Masyarakat

Astra Financial adalah sebuah divisi layanan keuangan dari PT. Astra  Internasional, Tbk yang memiliki tujuh lini bisnis yang bergerak dalam bidang otomotif, layanan keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi dan juga properti. Sedangkan Astra Financial Service sendiri memiliki 11 (sebelas) lembaga jasa keuangan yang bernaung dibawahnya, antara lain: ACC, TAF, Asuransi Astra, Permata Bank, FIF Group, Astra Life, SAN Finance, Komatsu Astra finance, Astra Venture, Dana Pensiun Astra dan juga Maucash.

Tantangan Astra Financial Service Sebagai Penyedia Jasa Keuangan Di Indonesia
Gambar ilustrasi (Sumber gambar: infobanknews.com)

Sebagai sebuah lembaga keuangan, tentunya banyak hal yang akan dilakukan Astra Financial Service untuk mencapai target perusahaan, salah satunya dalam pembiayaan produktif bagi usaha yang dimiliki masyarakat. Meskipun kondisi ekonomi masih belum mencapai harapan, namun dengan banyaknya masyarakat yang mulai membangun usaha sendiri dan ditambah lagi dengan mulai munculnya entrepreneur baru yang membutuhkan dana, baik dalam pengembangan usaha maupun investasi, khususnya dalam hal penambahan investasi aset, hal ini memberikan peluang tersediri bagi Astra Financial dan lembaga yang bernaung dibawahnya untuk masuk dan memberikan kemudahaan pembiayaan bagi masyarakat.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah saat pelaksanaan GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto show) 2019, Astra Financial menjadi sponsor utama, selain itu dengan menjadi sponsor utama, hal ini juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa kehadiran Astra Financial ingin mewujudkan misinya sebagai mitra keuangan masyarakat.

Inovasi Teknologi Keuangan Sarana Astra Financial Service Dalam Memberikan  Kemudahan Pelayanan Bagi Nasabah Dan Masyarakat

Di era digital saat ini, yang menuntut semua serba cepat dan serba mudah menyebabkan semua industri berlomba untuk membuat produk yang bisa diakses dan digunakan oleh semua orang, khususnya para konsumen. Begitu juga dalam industri keuangan, dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa menjangkau semua produk dengan akses yang cepat, yang fokus pada penyediaan jasa, yang sangat sensitif atas perubahan pola informasi.

Dan hal ini mengakibatkan industri keuangan berlomba membuat sebuah layanan digital yang bisa diakses dengan mudah dan cepat, hal ini berpengaruh pada perkembangan perusahaan, dimana perusahaan yang tidak melakukan up-grade teknologi dengan cepat, lambat laun akan ditinggalkan oleh nasabahnya, terdapat beberapa bahkan banyak aplikasi dari lembaga keuangan, yang lemot bahkan sering eror, menyebabkan para nasabah akhirnya beralih ke lembaga keuangan yang bisa memberikan pelayanan dengan cepat.

Menjawab kondisi tersebut, Astra Financial Service sebaga lembaga keuangan dibawah Astra Group membuat sebuah inovasi teknologi digital yang biusa menghubungkan semua lini bisnis dibawahnya. Terdapat tiga hal yang ditekankan dalam inovasi digital teknologi keuangan Astra Financial Service yaitu mengedepankan pada penawaran produk terbaik, kemudahan proses dan juga keceptana layanan. Ketiga hal ini diwujudkan dalam sebuah program khusus pada GIIAS yang diselenggarakan di Jakarta, Surabaya dan Medan, untuk pembiayaan mobil dan motor, perbankan, asuransi umum dan asuransi jiwa.

Tantangan Industri Jasa Keuangan Indonesia dan Solusinya

Banyak sekali hal yang harus dihadapi oleh industri penyedia jasa keuangan di Indonesia, apalagi agar sektor keuangan bisa lebih stabil. Hal ini juga disampaikan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang menyebutkan, terdapat tantangan yang dihadapi lembaga keuangan di Indonesia, antara lain:
  1. Masih belum tersentuhnya masyarakat dalam hal akses keuangan.
  2. Terbatasnya akses keuangan, khususnya kredit pada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.
  3. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya agar masyarakat memiliki akun dan rekening di bank.
  4. Efisiensi dalam  sektor keuangan.

Mengatasi hal tersebut, Astra Financial Service melakukan langkah-langkah konkrit dengan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Melakukan inklusi keungan, hal ini sejalan dengan visi Astra Financial sebagai mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia dan menjadi rekan bagi masyarakat. Fakta menunjukkan bahwa yang menjadi tantangan terbesar bagi pengmbangan industri keuangan adalah rendahnya inklusi keuangan, hal ini bisa dibuktikan dengan masih sedikitnya masyarakat yang bisa berhubungan dengan lembaga keuangan. Disinilah peran Astra Financial untuk memberikan edukasi tentang arti pentingnya layanan keuangan, sehingga masyarakat bisa mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan dengan aman.
  2. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka Astra Financial Service dengan 11 lembaga yang bernaung dibawahnya berusaha memberikan layanan sesuai kebutuhan masyarakat.

Layanan 11 lembaga dibawah Astra Financial Service, antara lain:
  • Dari sisi pembiayaan, masyarakat diarahkan pada Astra Credit Companies, FIF, Toyota Astra finance, SUN (Surya Artha NUsatara) Finance, dan Komatsu Astra Finance.
  • Dari sisi cover asuransi, disediakan Asuransi Astra.
  • Dari sisi perlindungan jiwa, disediakan pilihan Astra Live.
  • Untuk layanan perbankan, terdapat Permata Bank, yang bisa mengcover kebutuhan transaksi dan pembiayaan.
  • Atas kebutuhan masyarakat dalam rangka pembiayaan juga disediakan Astra Ventura.
  • Dan untuk kebutuhan dana pensiun, terdapat Dana Pensiun Astra.
  • Untuk cover atas teknologi keuangan, Astra Financial menyediakan Astra Welab Digital Arta.

Itu tadi sekelumit informasi tentang tantangan industri keuangan, semoga bisa memberikan informasi tentang Astra Financial Service dalam menjawab tantangan di eral digital.


Share

Belum ada Komentar untuk "Tantangan Astra Financial Service Sebagai Penyedia Jasa Keuangan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel